Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
11 KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH YANG MUNGKIN KITA TAK TAHU(T837,T.83)

11 KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH YANG MUNGKIN KITA TAK TAHU(T837,T.83)

Alhamdulillah tak terasa kita sudah berada di puasa hari kedua Ramadhan. Puasa Ramadhan ini hukumnya wajib bagi umat islam yang sudah memasuki usia akil balik. Begitu hukumnya wajib artinya bila tak dikerjakan akan mendapatkan dosa dan bila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala yang ganda

Selain puasa di siang harinya, berbagai amalan sunnah yang bila dikerjakan, pahalanya akan dilipat gandakan berkali-kali lipat oleh Allah SWT. Tadarus Alqur'an, zikir dan sholat tarawih dan sholat witir. Namun diantara amalan tersebut Salah satu amalan sunnat yang paling sering kita dengar dan kita laksanakan saat Ramadhan tiba adalah sholat tarawih. Sholat ini merupakan salah satu ibadah sunah yang dikerjakan umat Islam di bulan suci Ramadhan. Sholat Tarawih bisa dilakukan secara berjamaah bisa juga sendiri-sendiri. Meskipun sunnah, ternyata sholat tarawih memiliki ganjaran yang besar dan banyak keutamaan bagi yang menjalankan.

Sholat tarawih juga dapat dilakukan untuk meraih keberkahan Allah SWT. Diriwayatkan oleh Aisyah Rabiallahu Anhu dalam sebuah hadist:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري ومسلم)

"Dari 'Aisyah Ummil Mu'minin ra: sesungguhnya Rasulullah SAW pada suatu malam hari sholat di masjid, lalu banyak orang sholat mengikuti beliau, beliau sholat dan pengikut bertambah ramai (banyak) pada hari ke-Tiga dan ke-empat orang-orang banyak berkumpul menunggu beliau Nabi, tetapi Nabi tidak keluar (tidak datang) kemasjid lagi. Ketika pagi-pagi, Nabi bersabda: "sesungguhnya aku lihat apa yang kalian perbuat tadi malam. Tapi aku tidak datang ke masjid karena aku takut sekali kalau sholat ini diwajibkan pada kalian". Siti 'Aisyah berkata: "hal itu terjadi pada bulan Ramadhan". (HR. Bukhori dan Muslim).

Sholat tarawih biasanya dilaksanakan selepas sholat isya. Tetapi sebenarnya sholat tarawih ini dapat dilakukan kapan saja sebelum memasuki waktu sahur.

Jumlah rakaat sholat tarawih juga dapat disesuaikan, tidak harus 23 rakaat atau 11 rakaat. Hal yang terpenting adalah melakukan salat dengan khusyuk. Sehingga pahala yang didapatkan bisa berlipat ganda.

Apa saja Keutamaan Sholat Tarawih??

Meski ibadah ini di kategorikan sunnah, sholat tarawih memiliki banyak keutamaan yang dapat mendatangkan keberkahan.

Berikut beberapa keutamaan dari sholat tarawih:

1. Diampuni Dosa yang Terdahulu

Keutamaan pertama dari melaksanakan sholat tarawih adalah diampuninya dosa-dosa yang terdahulu. Seperti dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan dapat jadi ajang pengampunan dosa-dosa terdahulu. Hal ini juga dikarenakan saat bulan Ramadhan semua pintu pengampunan dibuka.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa melakukan ibadah puasa Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Imam Bukhari dan Muslim).

2. Melapangkan Rezeki

Sholat tarawih di Bulan Ramadhan dapat melapangkan rezeki bagi para pelaksananya. Sholat tarawih biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau mushola. Saat sholat berjamaah akan bertemu dengan sesama umat muslim dan terjalinnya silaturahmi. Silaturahmi yang terjaga dengan baik akan melapangkan rezeki.

"Seorang yang menyambung silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seseorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari)

3. Pahala Berlipat Ganda saat Berjamaah

Saat menjalankan ibadah puasa dan sholat tarawih akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sholat tarawih juga dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau mushola dan pahala yang didapat dapat meningkat hingga 27 derajat.

مَنْ قَامَ مَعَ اْلإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

"Barang siapa qiyamul lail bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya (pahala) qiyam satu malam (penuh)." (HR Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibn Majah, Nasa'i)

4. Memakmurkan Masjid

Sholat tarawih sering dilakukan secara berjamaah di Masjid. Hal ini menjadi salah satu keutamaan sholat tarawih.

Masjid merupakan rumah Allah SWT, jika selalu didatangi akan mendapatkan kemakmuran dan ketenangan hati. Selain itu, dengan melakukan sholat tarawih di bulan Ramadhan akan menjadi alasan untuk mengunjungi masjid.

5. Berpahala Salat Semalam Penuh

Sholat tarawih akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda dan akan mendatangkan pahala bagai sholat semalaman. Seperti salah satu hadits bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda,

مَنْ قَامَ مَعَ اْلإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

"Barang siapa shalat (tarawih) bersama imam sampai selesai. maka ditulis untuknya shalat satu malam (suntuk)."

6. Ajang Silaturahmi

Jika melaksanakan sholat tarawih di masjid dengan berjamaah tidak menutup kemungkinan untuk bertemu dengan saudara sesama muslim ataupun tetangga. Pertemuan tersebut dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kedua belah pihak. Silaturahmi tentu dapat mendatangkan banyak kebermanfaatan, salah satunya melapangkan rezeki.

7. Meraih Keberkahan di Bulan Ramadhan

Mendapatkan berkah-Nya di bulan suci ini tentu menjadi salah satu keutamaan dari sholat tarawih. Sholat tarawih berjamaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadhan.

Keberkahan sholat tarawih ini juga dapat membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

8. Menutupi Kekurangan Ibadah

Sholat tarawih memiliki keutamaan lainnya yang dapat menyempurnakan ibadah yang sudah dilakukan. Sholat tarawih akan menolong seseorang kelak dari kecacatan ibadah wajibnya yang tidak sengaja telah dilalaikan.

Seperti telah diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus maka dia beruntung dan selamat. Namun jika sholatnya buruk maka dia sengsara dan merugi. Jika ada kekurangan dari sholat fardhunya mempunyai pahala sholat sunnah untuk melengkapi kekurangan sholat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu".

9. Sarana Menambah Ilmu

Di sela-sela ibadah terawih di masjid biasanya diselingi dengan ceramah atau tausyiah dari ustadz. Ceramah singkat selama beberapa menit dapat menambah pengetahuan kita dalam beberapa hal tertentu. Karena singkat, ilmu yang diberikan juga akan lebih mudah terserap.

10. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Sholat akan meningkatkan kesehatan tubuh yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini dikarenakan sholat memiliki serangkaian gerakan yang dilakukan sama halnya dengan melakukan olah raga. Jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan tubuh.

11. Meningkatkan Kesehatan Mental

Keutamaan sholat tarawih yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mental. Dengan melakukan ibadah ini, pikiran akan berfokus kepada keberkahan. Pikiran akan menjadi lebih tenang dan kekhawatiran akan hilang dengan sendirinya.

Demikian 11 keutamaan dari salat tarawih. Melaksanakan sholat tarawih dapat mendatangkan berbagai keberkahan dan manfaat bagi jiwa dan raga. Saya mengajak saudaraku seiman, mumpung bulan Ramadhan ini kita dapat, mari kita tingkatkan iman dan taqwa kita pada Allah SWT, dengan menjaga kualitas puasa kuta hingga waktu berbuka tiba dan mengerjakan segala amalan sunnah di bulan Ramadhan.

Semoga kita semua bisa mendapatkan apa yang kita impikan dengan datangnya bulan Ramadhan.

Demikian yang bisa dituliskan, semoga ada manfaatnya.

Salam perubahan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

24 Mar
Balas



search

New Post