Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'AMALAN 10 HARI PERTAMA RAMADAN' (T1191)
Jangan sia-siakan waktu di bulan suci ini

'AMALAN 10 HARI PERTAMA RAMADAN' (T1191)

Ditulis oleh GBC

Ramadan, bulan penuh berkah dan ampunan, telah tiba lagi menyapa umat Islam yang beriman.

Bila jumlah ari dalam bulan Ramadhan di bagi 3 maka 10 hari Awal Ramadhan adalah Rahmat, 10 hari pertengahannya disebut Maghfirah, dan 10 hari akhir Ramadan disebut 'Itqun Minan Naar (pembebasan dari api neraka)

Sepuluh hari pertama Ramadan adalah masa yang sangat penting bagi umat Islam untuk memulai ibadah dan amalan kebaikan dengan semangat yang tinggi. Jangan sampai 10 hari awal Ramadan hanya digunakan untuk menahan haus dan lapar tanpa membuat amalan yang bisa menambah pahala di bulan suci ini.

Apa saja amalan yang bisa dilakukan?

Berikut 9 amalan yang dapat dilakukan selama sepuluh hari pertama Ramadan untuk mendapatkan manfaat spiritual yang maksimal:

1. Shalat Tarawih:

Mulailah Ramadan dengan shalat tarawih setiap malam setelah shalat Isya. Shalat tarawih adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan dan akan meningkatkan kebersihan hati serta mendekatkan diri kepada Allah.

2. Membaca Al-Qur'an:

Jadikanlah membaca Al-Qur'an sebagai prioritas utama selama sepuluh hari pertama Ramadan. Tetapkan target untuk membaca beberapa juz atau ayat setiap hari agar dapat menyelesaikan Al-Qur'an penuh selama bulan Ramadan.

3. Beramal Kebaikan:

Manfaatkan waktu Ramadan untuk melakukan amal kebaikan seperti memberi sedekah, membantu sesama, dan melakukan perbuatan baik lainnya. Amal kebaikan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya.

4. Menghindari Dosa:

Berusaha keras untuk menghindari segala bentuk dosa selama sepuluh hari pertama Ramadan. Jauhi hal-hal yang dapat merusak ibadah dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak baik.

5. Berdoa dan Bertaubat:

Manfaatkan waktu-waktu terbaik seperti sepertiga malam terakhir untuk berdoa dan bertaubat kepada Allah. Memohon ampunan serta memperbaiki diri adalah kunci untuk mendapatkan keberkahan dalam Ramadan.

6. Menjaga Lidah:

Jagalah lidah dari perkataan yang tidak baik, ghibah, fitnah, dan omong kosong. Gunakan lidah untuk berbicara yang baik-baik dan bermanfaat bagi orang lain.

7. Berpegang pada Sunnah:

Amalkan sunnah Rasulullah SAW dalam segala aspek kehidupan selama sepuluh hari pertama Ramadan. Mulai dari makanan, minuman, ibadah, dan perilaku sehari-hari, berpeganglah pada ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

8. Meningkatkan Kesabaran dan Syukur:

Latihlah diri untuk meningkatkan kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan selama Ramadan. Bersyukurlah atas segala nikmat yang diberikan Allah, baik yang besar maupun yang kecil.

9. Merencanakan Sisa Ramadan:

Gunakan sepuluh hari pertama Ramadan untuk merencanakan bagaimana Anda akan memanfaatkan sisa bulan Ramadan secara maksimal. Tetapkan tujuan spiritual dan amalan yang ingin dicapai hingga akhir bulan.

Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut selama sepuluh hari pertama Ramadan, diharapkan umat Islam dapat memperoleh manfaat spiritual yang besar dan mendapatkan keberkahan serta ampunan Allah SWT. Semoga Ramadan kali ini menjadi Ramadan yang penuh berkah dan mendekatkan kita semua kepada-Nya. Amin.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam Ramadan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post