Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'AMALAN MENGISI 10 HARI PERTAMA RAMADAN' (T1188)

'AMALAN MENGISI 10 HARI PERTAMA RAMADAN' (T1188)

Ditulis oleh GBC

Ramadan adalah bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di dalamnya terkandung kesempatan untuk mendapatkan ampunan, membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satu strategi yang disarankan oleh Rasulullah SAW adalah untuk memanfaatkan sepuluh hari pertama Ramadan dengan penuh kekhusyukan dan amalan-amalan yang diberkahi.

Apa saja amalan yang bisa dilakukan di 10 hari pertama Ramadan?

Berikut adalah beberapa amalan yang dapat membantu Anda memenuhi 10 Ramadan pertama dengan penuh keberkahan:

1. Menyambut Ramadan dengan Iman dan Antusiasme

Memulai Ramadan dengan hati yang penuh keimanan dan semangat yang tinggi untuk melakukan amalan-amalan baik.

2. Berpuasa dengan Penuh Kesadaran

Memastikan puasa dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan memperhatikan segala hal yang dapat menguatkan ibadah tersebut, seperti menjauhi makanan dan minuman haram serta menjaga lidah dari perkataan yang tidak baik.

3. Menunaikan Shalat Tarawih

Memperbanyak shalat tarawih di masjid atau di rumah bersama keluarga, memperdengarkan ayat-ayat Al-Qur'an, dan menghayati maknanya.

4. Mengingat dan Mensyukuri Nikmat Ramadan

Bersyukur atas nikmat Ramadan dengan memperbanyak dzikir, tasbih, dan tahmid.

5. Membaca, Memahami, dan Mengamalkan Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an dengan penuh khusyuk, memahami maknanya, dan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

6. Berinfaq dan Bersedekah

Memperbanyak amal kebajikan seperti berinfaq, bersedekah, dan membantu sesama yang membutuhkan.

7. Beristighfar dan Bertaubat

Memperbanyak istighfar, bertaubat atas segala dosa dan kesalahan, serta bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan di masa mendatang.

8. Memperbaiki Hubungan dengan Sesama

Memperbaiki hubungan dengan keluarga, tetangga, dan sesama muslim dengan memaafkan, mengunjungi, dan berbuat baik kepada mereka.

9. Meningkatkan Kualitas Shalat

Memperbaiki kualitas shalat, memperhatikan khushu’ dan khusyu’ dalam setiap rakaat yang dilaksanakan.

10. Mengendalikan Nafsu dan Diri

Mengendalikan hawa nafsu dan dorongan-dorongan yang tidak baik, serta meningkatkan kesabaran dan keteguhan dalam menjalankan ibadah.

Mengisi 10 Ramadan awal dengan amalan-amalan yang baik adalah langkah awal yang penting dalam membangun momentum positif untuk menjalani sisa bulan Ramadan dengan penuh keberkahan dan ketakwaan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan menerima segala amalan kita di bulan Ramadan ini. Amin.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam Ramadan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

14 Mar
Balas

Barakallah Pak Nawawi.

14 Mar
Balas



search

New Post