Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
AMALAN PENGHAPUS DOSA (bagian -2)'(T1229)
Berbuatlah baiklah untuk mengurangi dosa- dosamu

AMALAN PENGHAPUS DOSA (bagian -2)'(T1229)

Ditulis oleh GBC,

Dalam ajaran Islam, konsep pengampunan dan pemurnian dosa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan seorang muslim. Allah SWT, dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, telah memberikan pedoman dan amalan-amalan yang dapat membantu umat-Nya untuk menghapus dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Amalan-amalan penghapus dosa bukan hanya sekadar rutinitas ibadah, tetapi juga merupakan ekspresi dari keimanan, ketaqwaan, dan ketulusan hati seseorang dalam beribadah kepada Allah.

Dalam artikel ini, kita akan melanjutkan tulisan kemarin dan menjelajahi beberapa amalan yang dianjurkan dalam Islam beserta dalil dan hadis yang mendukungnya.

6. Berpuasa

Puasa merupakan amalan yang diwajibkan bagi umat Islam selama bulan Ramadan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 183:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Rasulullah SAW juga bersabda:

"Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan; amalan yang dilipatgandakan pahalanya sebanyak sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku yang akan memberikan balasannya."

7. Mengerjakan Shalat Sunnah

Shalat sunnah adalah amalan yang dikerjakan secara sukarela, tetapi sangat dianjurkan untuk dilakukan. Rasulullah SAW bersabda:

"Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat sunnah di rumah."

8. Menjaga Amanah

Menjaga amanah adalah salah satu sifat yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda:

"Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu: apabila dia berbicara, dia berdusta; apabila dia berjanji, dia ingkar; dan apabila dia diberi amanah, dia khianat."

9. Memperbanyak Zikir

Zikir, yaitu mengingat Allah, merupakan amalan yang memperkuat hubungan antara hamba dengan Tuhannya. Rasulullah SAW bersabda:

"Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berzikir adalah seperti orang yang hidup dan orang yang mati."

10. Berbuat Baik kepada Orang Tua

Berbuat baik kepada orang tua adalah amalan yang sangat ditekankan dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Israa ayat 23:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."

Dari taubat nasuha hingga berbuat baik kepada orang tua, setiap amalan memiliki keutamaan dan manfaatnya sendiri dalam memperoleh pengampunan dan rahmat Allah SWT.

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi pembaca untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan penuh keikhlasan dan kerendahan hati.

Demikian yang dapat dituliskan,

Semoga bermanfaat, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post