Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELUM MERDEKA DI NEGERI MERDEKA (T622, T227)
Merdeka!! Bisa diucapkan, tapi hati mereka sebenarnya belum merdeka

BELUM MERDEKA DI NEGERI MERDEKA (T622, T227)

Hore!! Terlihat anak kecil berlari ke sana kemari di hari kemerdekaan. Warga terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia pelaksana 17 Agustus.

Hari ini adalah puncak acaranya, 77 tahun lalu bangsa yang memiliki penduduk 250 juta jiwa lebih ini, memproklamirkan kemerdekaannya, menyatakan diri merdeka, lepas dari penjajah yang selama ratusan tahun menguasai negeri.

Ratusan bahkan jutaan nyawa melayang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang di bacakan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945, agar bangsa ini rak kembali lagi dikuasai dan dijajah oleh negara lain.

77 tahun Indonesia merdeka, menjadi pertanyaan bagi kita semua, apakah cita-cita kemerdekaan itu telah dirasakan oleh seluruh rakyat indonesia?. Apakah bangsa ini telah merasakan kemerdekaan yang hakiki? Apakah semua rakyat kita sudah sejahtera?

Tentu pertanyaan di atas, kita bisa jawab sendiri dengan melihat kondisi rakyat dan negeri ini. Ternyata kemerdekaan itu belum dirasakan oleh semua warga Indonesia.

Ada beberapa warga negeri yang kaya sumber daya alam ini, yang masih di garis kemiskinan, kekurangan air bersih, listrik yang belum masuk dan menyala ke daerahnya, bahkan jalur transportasi mereka untuk menuju ke daerah lain masih penuh dengan tantangan yang perlu di hadapi karena anggaran Jalan untuk membuka akses ke wilayah terpencil masih minim.

Belum lagi pendidikan mereka yang terpinggirkan, gedung sekolah tak ada di desa, guru-guru sebagai penebar ilmu pun enggan untuk bertugas di tempat tersebut. Termasuk pula banyaknya bantuan warga miskin menjadi bukti cakrawala kehidupan bangsa ini di usia 77 tahun.

Mungkin potret kehidupan kota sering kita lihat, tapi apakah mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan sering terpikirkan. Mereka yang hidup di daerah terluar dan terpinggirkan bahkan belum di jamah oleh pembangunan selama 77 tahun negeri ini merdeka, mau pula merasakan nikmat kemerdekaan.

Semoga tahun-tahun yang akan datang, terjadi perubahan pada saudara kita yang selama ini belum merasakan arti kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mereka Sudah terlihat dan terekam dengan berbagai kemajuan yang dirasakan oleh saudara saudari kita yang juga ber KTP sama dengan kita yaitu warga negara Indonesia.

Salam merdeka, #MNGBC

Rumah mereka masih belum teraliri listrik, karena listrik belum masuk di desa nya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak Mursalim

17 Aug
Balas

Uladan yang informatif sekali sesuai fakta ya Pak. Salam Merdeka....

17 Aug
Balas

Betul Pak. Masih banyak yang harus dimerdekakan di negeri ini. Salam hormat

17 Aug
Balas

Benar Pak. Semoga kedepannya kita Merdeka Di Negeri Merdeka. Aamiin

17 Aug
Balas

Keren ulasannya. Secara ekonomi kita masih belum merdeka. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

17 Aug
Balas



search

New Post