Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
DEPPA TE'TEKAN KINI KE MANCANEGARA (T617, T222)
Sekali mencoba pasti ketagihan..kue ini nikmat dan enak Khas Enrekang

DEPPA TE'TEKAN KINI KE MANCANEGARA (T617, T222)

Saat berkunjung atau berwisata ke satu daerah, rasanya hambar bila saat pulang tak membeli oleh-oleh atau memakai souvenir daerah yang baru kita kunjungi.

Sama halnya saat berkunjung ke kabupaten Enrekang atau melintas menuju kota Makassar atau mau berwisata ke Tana Toraja yang terkenal dengan obyek wisata yang banyak di datangi oleh wisatawan mancanegara atau wisatawan lokal. Saat kendaraan memasuki kabupaten Enrekang di pagi hati, siang atau sore hari, mata pelintas akan di manjakan pemandangan dan keindahan pegunungan enrekang.

Selain gunung yang cantik, kuliner Enrekang pun menjadi incaran wisatawan tersebut, yang lapar bisa mencicipi nasu cemba khas kota Massenrempulu ini, setelah itu bisa mencoba atau membeli cemilan atau makanan ringan seperti Baruwasa, Bagea, Kripik Bawang, Kripik Pisang Tanduk, Permen So'ri, Deppa Tetekan, Kerupuk Dangke atau Roti Kannari.

Pada tulisan kali ini, penulis akan membahas jajanan khas Deppa te'tekan yang sekali makan kue ini pasti pengen nambah terus. Kue khas ini, terbuat dari tepung beras putih, gula merah wijen dan minyak.

Cara buatnya pun terbilang ringan mulai dari mencampur adonan tepung beras putih dengan gula merah, hingga merata, setelah itu di ratakan menggunakan alat sederhana lalu di taburi biji wijen, selanjutnya di cetak menggunakan tehnik tersendiri lalu me jadi bahan yang siap digoreng.

Deppa te'tekan selanjutnya digoreng di atas minyak kelapa panas, saat menggoreng akan keluar aroma khasnya. Kue khas ini cocok sekali disantap bersama kopi panas apalagi kalo kopinya khas Enrekang, pasti rasanya nikmatnya tak terkira.

Disepanjang jalan melewati kabupaten Enrekang, wisatawan bisa mendapatkannya di warung- warung atau penjual oleh-oleh khas enrekang yang ada disepanjang jalan, terutama di kecamatan Anggeraja dan kota Enrekang.

Harganya pun tak menguras kantong wisatawan. Jajanan ini dijual dengan harga antara Rp. 10.000- Rp 25.000 permika. Kini penjualan jajanan khas Enrekang ini bukan saja dijual di Enrekang, tapi mulai dipasarkan di luar pulau Sulawesi bahkan dilirik oleh wisatawan mancanegara untuk di jual di negaranya.

Deppa te'tekan ini menjadi jajanan favorit di antara puluhan cemilan khas kabupaten yang dikenal dengan jargon bumi Massenrempulu ini, sehingga banyak penjual merasa beruntung bisa menjualnya.

Tentunya jajanan seperti ini perlu di pertahankan kualitas dan rasanya, sehingga orang yang pernah merasakan jajanan ini akan ingat dan mencari kembali deppa te'tekan yang mulai dikenal dunia.

Mengakhiri tulisan ini, penulis berikan satu pantun

Jalan jalan ke Toraja lewat Enrekang

Disana sini terlihat gunung nan elok

Kalau kamu melintas di kabupaten Enrekang

Singgahlah cicipi kopi Enrekang dan Deppa te'tekan yang nikmat dan sungguh enak.

Salam wisata, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Deppa te'tekan yang nikmat dan sungguh enak. Pingin juga ni .... Pak Mursalim. Kue basah apa kering? Salam sehat dan sukses selalu.

12 Aug
Balas

Enak sekali bunda, kue kering tapi tak kering sekali,..

13 Aug

Enak sekali bunda, kue kering tapi tak kering sekali,..

13 Aug



search

New Post