Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'KEUTAMAAN MENGERJAKAN SHOLAT TARAWIH DI BULAN RAMADAN' (T1187)
Kerjakanlah sholat ini, selama masih bisa diberi kesempatan memasuki bulan Ramadan

'KEUTAMAAN MENGERJAKAN SHOLAT TARAWIH DI BULAN RAMADAN' (T1187)

Ditulis oleh GBC

Langit malam bagaikan kanvas raksasa yang dilukis dengan cahaya rembulan. Di bawah naungan sinarnya yang temaram, gema takbir menggema, menandakan tibanya bulan suci Ramadan. Di antara aroma takjil yang menggoda dan gemerlap lampu hias, melodi tarawih mulai mengalun, membangkitkan rasa damai dan ketenangan di hati.

Lebih dari sekadar kumpulan rakaat, tarawih adalah simfoni spiritual yang menjembatani jiwa dengan Sang Pencipta. Di tengah hiruk pikuk dunia, irama sholat malam ini bagaikan oasis yang menyejukkan jiwa, mengantarkan kita pada kedamaian dan ketenangan sejati.

Alhamdulillah Bulan suci Ramadan tiba, menyelimuti umat Islam dengan suasana khusyuk dan penuh berkah. Di antara amalan yang dianjurkan untuk memeriahkan bulan ini adalah sholat tarawih. Lebih dari sekadar sholat malam biasa, tarawih menyimpan segudang keutamaan yang begitu menyejukkan jiwa.

Apa saja keutamaan melaksanakan sholat tarawih?

Mari kita simak bersama keutamaan-keutamaan mendirikan sholat tarawih di bulan Ramadan:

1. Diampuni Dosa-Dosa yang Telah Lalu

Hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan dapat menjadi ajang pengampunan dosa-dosa terdahulu. Sholat tarawih yang dikerjakan dengan niat yang ikhlas dan penuh harap ridho Allah, diyakini menjadi salah satu pintu menuju ampunan tersebut.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Sholat malam pada umumnya, termasuk tarawih, adalah kesempatan istimewa untuk bermunajat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di tengah ketenangan malam, kekhusyuan sholat tarawih diharapkan mampu membawa kita lebih dekat dengan Sang Pencipta, memperkuat iman, dan menumbuhkan ketaqwaan.

3. Menjaga Kebiasaan Sholat Malam

Bagi sebagian orang, sholat malam mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan secara rutin. Sholat tarawih di bulan Ramadan dapat menjadi momentum yang baik untuk membiasakan diri melaksanakan sholat malam. Kebiasaan baik ini diharapkan dapat dilanjutkan bahkan setelah Ramadan berakhir.

4. Mempererat Jalinan Silaturahmi

Sholat tarawih umumnya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau musholla. Hal ini menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan mempererat hubungan antar sesama muslim. Momen kebersamaan ini tentu akan semakin memperkuat ukhuwah Islamiyah.

5. Menambah Pahala dan Keberkahan

Setiap amalan kebaikan yang dikerjakan di bulan Ramadan dilipatgandakan pahalanya. Demikian pula dengan sholat tarawih. Setiap rakaatnya bernilai pahala yang besar, terlebih jika dikerjakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

6. Melampaui Keutamaan: Menyuci Jiwa dan Meraih Lailatul Qadr

Keutamaan sholat tarawih tak hanya sebatas poin-poin di atas. Sholat tarawih juga menjadi sarana untuk mensucikan jiwa dari segala hal negatif yang mungkin selama ini melekat. Melalui kekhusyuan sholat, kita diajak untuk merenungi kesalahan, memohon ampunan, dan memperkuat tekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, sholat tarawih di bulan Ramadan membuka peluang untuk meraih malam Lailatul Qadr, malam yang diyakini lebih mulia dari seribu bulan. Malam penuh berkah ini menjadi kesempatan untuk berdoa dan memohon ampunan dengan lebih khusus.

7. Menyambut Ramadan dengan Sholat Tarawih

Mari jadikan sholat tarawih sebagai awal yang baik untuk memasuki bulan suci Ramadan. Dengan niat yang tulus dan semangat untuk memperbaiki diri, semoga kita dapat meraih segala keutamaan yang ditawarkan oleh amalan istimewa ini.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan sholat tarawih. Semoga Ramadan kali ini membawa berkah, ampunan, dan ketaqwaan bagi kita semua.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam Ramadhan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

13 Mar
Balas

Barakallah Pak Nawawi.

13 Mar
Balas



search

New Post