Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'LAMPU MERAH' PERGAULAN REMAJA SUDAH MENYALA (T775, T.20)
Entah ini salah siapa?

'LAMPU MERAH' PERGAULAN REMAJA SUDAH MENYALA (T775, T.20)

Mungkin media elektronik sudah mengabarkan kejadian di kabupaten Ponorogo Jawa Timur, dimana banyak pasangan muda yang menikah karena adanya "accident" Atau kecelakaan.

Rata-rata rata pasangan muda tersebut adalah usia sekolah yang harus dinikahkan oleh keluarganya diusia dini karena kebablasan dalam pergaulan diusia remaja. Ada yang usianya masih duduk di bangku SMA, dan bahkan paling parah ada pasangan yang dinikahkan tersebut masih duduk di bangku SMP.

Memang kejadian awal tahun 2023 ini sangat miris oleh kita yang peduli akan pendidikan, diusia mereka yang masih perlu merasakan indahnya pendidikan, tapi mereka harus berhenti sekolah karena accident tersebut, ya mereka hamil diluar nikah.

Apa yang menyebabkan hal tersebut, mungkin diantara pembaca bisa menerka-nerka apa sebabnya. Berikut penyebab yang bisa penulis simpulkan :

1. Pengawasan orang tua yang longgar

Orang tua adalah pendidik terbaik bagi mereka usai sekolah. Pengawasan lembaga pendidikan hanya bisa mengawasi putra-putri selama jam sekolah. Setelah itu pengawasan pergaulan di rumah dan lingkungan luar adalah orang tua. Orang tua harus mengawasi perkembangan anaknya dan menyediakan waktu untuk itu. Jangan nanti sadar dan menyesali kejadian itu menimpa putra putrinya akibat kurangnya pengawasan.

2. Pendidikan agama yang minim.

Jika disekolah umum, pendidikan agama memang diakui sangat kurang, bahkan hanya 2- 3 jam pelajaran perpekan. Tentunya harapan untuk membentuk generasi yang agamis jauh dari harapan. Olehnya itu orang tua harus pintar mencari sekolah atau madrasah yang punya porsi pendidikan agama yang lebih, misal di Madrasah atau sekalian memasukkan anaknya menjadi santri di Pondok Pesantren.

3. Jiwa muda yang ingin merasakan yang belum pernah mereka rasakan.

Remaja adalah masa pancaroba yang sangat perlu pengawasan dan tuntunan akan hal-hal positif. Bila ini kurang dilakukan yakin saja putra-putri kita akan merasakan hal-hal negatif yang belum mereka rasakan seperti merokok, minum minuman keras, begal, tawuran atau hubungan seks bebas bisa saja mereka akan coba.

4.Maraknya peredaran video dan gambar vulgar.

Ini termasuk penyebab penting banyaknya remaja yang "rusak" karena keseringan menonton video atau melihat gambar vulgar, rasa penasaran akan tayangan itu, kalau pengawasan orang tua kurang maka bisa saja anak kita akan mencoba adegan video itu kapan dan dimana saja.

5. Mudahnya akses internet.

Peran pemerintah harusnya ekstra ketat mengawasan situa-situs online yang sering menampilkan adegan-adegan syur yang seharusnya belum waktu remaja kita menonton film atau video vulgar yang terdapat di situs yang sepertinya tak mendapat pemblokiran dari pihak berwenang

6. Pengaruh Sosial media

Kecepatan akses informasi dan komunikasi apalagi sekarang sudah banyak aplikasi sosial media yang bisa digunakan untuk bertanya kabar atau berbagi informasi kemungkinan menjadi salah satu faktor penyebabnya, peran orang tua dalam pengawasan atau memberikan akses handphone kepada putra putrinya perlu di tingkatkan, apalagi di zaman sekarang generasi Z, julukan generasi sekarang, sangat pintar menyimpan video, informasi atau Chat mesra tanpa diketahui atau bisa di akses oleh orang tua mereka.

7. Kurangnya etika malu pada remaja

Disekitar lingkungan kita mungkin sering melihat kemesraan yang dipertontonkan oleh generasi muda di depan umum, tak malu lagi mereka jalan bergandengan tangan, saling rangkul, berpelukan bahkan ciuman seringkali didapat. Tapi kita cuek saja dengan keadaan itu, mungkin pikiran kita itu bukan anakku, tapi sebagai orang tua, ketika melihat hal-hal vulgar tersebut, tegurlah atau berikan mereka didikan yang berarti agar mereka tak mengulanginya.

Hal-hal di atas inilah yang menurut penulis, pergaulan remaja masa kini sudah menyalakan lampu merah, dan kita harus berani menghentikannya, jangan biarkan mereka berani berbuat, awasi sekitar kita, cegahlah karena dengan begitu pembaca sudah menyelamatkan mereka dari imbas pergaulan remaja yang kini kian meresahkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat

Salam perubahan #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak ustadz

20 Jan
Balas

Makasih pak mustahil... Hanya, sekedar saling mengingatkan kondisi terkini

20 Jan



search

New Post