Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
 MANA YANG MENURUTMU PENTING, JUDUL ATAU ISINYA??(T656, T261)
Buatlah judul dan isi tulisan yang menarik untuk dibaca penikmatmu...

MANA YANG MENURUTMU PENTING, JUDUL ATAU ISINYA??(T656, T261)

Pertanyaan ini sengaja saya angkat dalam tulisan kali ini, karena ini ada hubungan dengan tulisan yang saya publish 4 hari lalu. Tulisan itu langsung booming dan sekarang sudah dibaca oleh tujuh puluh ribu lebih pembaca.

Saat pertama artikelnya di publish , judul tulisan sekarang dengan awal publish memang berbeda, hal ini sengaja dirubah karena penulis mendapat teguran via telpon dari Kementerian bersangkutan.

Judul awalnya adalah "KABAR BAIK!! PENGHAPUSAN TENAGA HONORER 2023 (T652, T257) sempat menjadi tranding topic dan mendongkrak posisi penulis menjadi urutan 1 dari 6 penulis populer di gurusiana, padahal sebelumnya tak sekalipun nama saya berada di daftar penulis populer gurusiana bulan ini.

Lebih empat puluh lima ribu pembaca yang membacanya di hari pertama. Akupun bertanya saat itu, "Apa yang membuat artikel ini begitu diminati?

Ternyata usut punya usut, judulnya atau kepala beritanya sangat menarik, apalagi dibuat ditengah isu akan ada penghapusan tenaga honorer di 2023.

Sedangkan isinya adalah berita yang didaur ulang dari copyan berita dari salah satu website berita online nasional.

Dengan tehnik amati, Tiru dan Modifikasi (ATM), berita tersebut saya permak hingga menarik dibaca. Selanjutnya artikelnya langsung saya publish.

Dalam 24 jam pembacanya langsung booming, dan memecahkan rekor pembaca terbanyak dalam sehari penulis-penulis yang ada di gurusiana.

Namun tak disangka di hari kedua, judul asli tulisan itu harus ku ubah dengan judul yang lebih sopan. Seperti yang tertera di beranda akun pribadiku di gurusiana kini, selain judul, isi tulisan harus aku perbaiki lagi, karena tulisan tersebut menurut orang kementerian terlalu berlebihan. Jadi harus di drop atau minimal di edit ulang. Setelah dianggap layak, barulah diposting balik lagi.

Lalu Apa yang terjadi setelah itu??, Saat menggunakannya judul lama dalam 5 detik saja bisa 50 pembaca setelah di ganti judul termasuk memperbaiki sesuai sumber berita dari kementerian bersangkutan, kini tinggal 10 pembaca per 5 menit. Apa artinya, ternyata judul dan isi tulisan yang menarik dan blak-blakan akan menarik minat baca tetapi jangan lupa harus sesuai fakta atau sumber beritanya.

Sekarang yang jadi pertanyaan lagi mengapa kementerian bersangkutan langsung menelpon penulis, akan di ceritakan esok...

Bersambung

Salam perubahan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

22 Sep
Balas

Makasih bunda....

22 Sep

Waduh sampai ditelpon kementerian.. keren berarti tulisannya. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

23 Sep
Balas

Betul bunda.. Langsung deputi kementerian

23 Sep



search

New Post