Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'MAPPENRE BOTTING'  TRADISI BUGIS YANG UNIK (712, T318)
Seserahan uang panaik keluarga mempelai pria ke keluarga mempelai wanita

'MAPPENRE BOTTING' TRADISI BUGIS YANG UNIK (712, T318)

Jumat hari ini, adalah hari berbahagia bagi kemenakan penulis, namanya Putra Muhlisin Nur, karena bertepatan dengan janjinya untuk mengucap ijab kabul di rumah mempelai wanita.

Dengan diiringi rombongan pengantar pengantin, walau hujan rintik mereka harus datang untuk menepati janjinya datang menikah hari ini. Hujan tak menjadi penghalang untuk menyatukan 2 hati insan untuk membina dan membentuk rumah tangga baru melalui mahligai pernikahan.

Dalam adat Bugis, mengantar mempelai pria ke rumah mempelai wanita dinamakan Mappenre Botting, dimana prosesi ini dianggap unik karena pihak keluarga mempelai pria nanti berangkat bisa sudah mendapatkan undangan dari keluarga mempelai wanita.

Setelah itu Keluarga mempelai pria akan berangkat bersama pengantin pria menuju rumah mempelai wanita sambil membawa seserahan termasuk uang panaik.

Dirumah mempelai wanita nantinya, akan dilakukan prosesi ijab kabul dan penyerahan seserahan ke pihak keluarga mempelai wanita. Pemasangan sarung 7 macam, Mappasikarawa, pemasangan cincin.

Setelah itu barulah kedua mempelai akan di persandingkan di pelaminan menjadi raja dan ratu sehari yang disaksikan oleh tetamu yang hadir. Selamat berbahagia nak Putra dan Dewi. Langgeng rumah tangganya dan bahagia selalu.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Pak Mursalim

18 Nov
Balas

Ulasan yang informatif. Terima kasih, Pak.Jadi tambsh pengetahuan . Salam.literasi.

19 Nov
Balas

makasih bunda...berbagi informasi adat istiadat....sukses selalu bunda

21 Nov



search

New Post