Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEREKA YANG UNTUNG DI HARI MERDEKA - bagian.2 (T621, T226)
Untungnya sih tak seberapa, tapi Agustus ini berkah bagi kami

MEREKA YANG UNTUNG DI HARI MERDEKA - bagian.2 (T621, T226)

Datangnya bulan Agustus menjadi berkah bagi mas Slamet dan beberapa pedagang asongan dan pedagang kaki lima di sekitar area pertandingan atau perlombaan atau pusat berkumpulnya warga untuk melihat acara yang diselenggarakan oleh panitia 17 Agustus.

"Bak semut mengerumuni gula", mas Slamet yang berprofesi penjual somay bersama teman sesama penjual akan mendatangi lokasi berlangsungnya acara. Ada yang menggunakan sepeda motor, gerobak dorong, atau gerobak yang sudah dimodifikasi menyatu dengan motornya.

Jaringan informasi dimana acara akan dilangsungkan bagi mereka sepertinya sangat cepat, bagi mas Slamet dan temannya menggunakan sosial media untuk menginfokan kegiatan ini akan berlangsung di tempat ini melalui group sesama penjual, bahkan ada yang paling unik mereka bisa mendapatkan foto schedule acara dari panitia Agustusan.

Mereka akan datang membawa barang dagangan, ada yang jualan es krim, es campur, es teler, cilok, somay, manisan buah, balon gas, jagung rebus, pop corn, jagung bakar, air mineral dan soft drink, mie siram serta aneka jajanan lainnya. Dagangan mereka sudah dipersiapkan sejam sebelum acara di mulai untuk di jajakan.

Memang dari segi keuntungan tak sebanding dengan pemilik usaha besar, namun acara seperti ini membuat jajanan yang mereka tawarkan cepat habis, sehingga untung itu bisa mereka dapatkan.

Bahkan ada beberapa penjual jajanan pulang cepat karena stok yang dibawa habis, dan akan mengambil stok yang ada di rumah untuk kembali ke lokasi menjajakan dagangannya kepada penonton ataupun peserta Agustusan.

"Syukur alhamdulillah, rangkaian acara 17 Agustusan ini menjadi berkah tersendiri bagi kami pedagang asongan dan pedagang kaki lima. Jualan kami laris manis, keuntungannya pun berlipat dibanding hari lain", ucap mas Slamet yang sempat penulis wawancarai di samping jualan somay goreng yang sudah digeluti 2 tahun lebih.

Ternyata kemerdekaan bagi warga Indonesia membawa keberuntungan bagi seluruh warga Indonesia, terutama yang mampu melihat usaha dan peluang menggaet pundi rupiah di hari merdeka.

Salam merdeka, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase sederhana namun sangat-sangat mengena, menambah cakrawala pengetahuan. Terima kasih Pak Chaling, insya Allah ini saya jadikan referensi bagi anak-anak dalam pembelajaran IPS di sekolah kqmi, semoga berkah. Salam sehat dan sukses selalu.

16 Aug
Balas

Reportase yang keren Pak Mursalim

16 Aug
Balas

Kebahagiaan yang dirasakan oleh rakyat kecil saat hari kemerdekaan. Keren reportasenya. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

17 Aug
Balas



search

New Post