Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA '(T1244)
Dari proses pembelajaran, penanaman karakter siswa mulai dilakukan

'PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA '(T1244)

Ditulis oleh GBC,

Guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa di luar sekadar mentransfer pengetahuan akademis.

Guru adalah agen perubahan yang dapat memberikan pengaruh positif dalam kehidupan siswa, membantu mereka tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati, dan berintegritas.

Apa saja Peran guru dalam pembentukan karakter siswa?

Berikut adalah peran penting guru dalam pembentukan karakter siswa:

1. Memberikan Teladan yang Baik:

Guru harus menjadi teladan bagi siswa mereka. Guru harus memperlihatkan perilaku yang baik dan bermoral dalam kehidupan sehari-hari, menjadi contoh yang dapat diikuti oleh siswa.

2. Menginspirasi dan Mendorong:

Guru memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan mendorong siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka, baik secara akademis maupun pribadi.

Guru harus membimbing siswa dalam menetapkan tujuan, mendorong mereka untuk bermimpi besar, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan dalam perjalanan mereka.

3. Mengajarkan Nilai-nilai Moral:

Selain mengajar materi pelajaran, guru juga bertanggung jawab untuk mengajarkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, empati, dan toleransi.

Guru harus memperlihatkan pentingnya nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari dan memfasilitasi diskusi yang memperdalam pemahaman siswa tentang moralitas.

4. Membangun Keterampilan Sosial dan Emosional:

Guru harus membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

Guru harus menciptakan lingkungan yang aman di kelas di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi ide, mengekspresikan emosi, dan belajar berinteraksi dengan baik dengan orang lain.

5. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif:

Guru harus memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa tentang perilaku dan kinerja mereka. Umpan balik ini harus bersifat mendukung, memberikan dorongan untuk perbaikan, dan membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang konsekuensi dari tindakan mereka.

6. Membantu Mengatasi Tantangan:

Guru harus siap membantu siswa mengatasi tantangan dan rintangan yang mereka hadapi, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Guru harus menjadi pendukung yang kuat bagi siswa dalam menghadapi masalah dan membimbing mereka untuk menemukan solusi yang tepat.

7. Memfasilitasi Refleksi dan Introspeksi:

Guru harus memfasilitasi proses refleksi dan introspeksi di antara siswa, membantu mereka memahami nilai-nilai, keyakinan, dan motivasi pribadi mereka.

Ini membantu siswa mengembangkan kesadaran diri yang lebih baik dan memahami bagaimana tindakan mereka mempengaruhi orang lain.

8. Membangun Hubungan yang Positif:

Guru harus berusaha membangun hubungan yang positif dengan siswa mereka berdasarkan saling penghormatan, kepercayaan, dan dukungan.

Hubungan yang kuat antara guru dan siswa menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan memungkinkan pembentukan karakter yang lebih efektif.

Dengan memahami dan menjalankan peran mereka dengan baik, guru memiliki potensi besar untuk membentuk karakter siswa dan membantu mereka menjadi individu yang tangguh, bertanggung jawab, dan bermoral.

Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengambil peran ini dengan serius dan secara terus-menerus berupaya menjadi agen perubahan yang positif dalam kehidupan siswa mereka.

Demikian yang dapat dituliskan,

Semoga bermanfaat, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post