Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
REFLEKSI HARI GURU. 'MENGAPA GURU PERLU DIBERI PENGHARGAAN TINGGI OLEH NEGARA?'(T719T325)
Guru adalah Pelita dalam kegelapan

REFLEKSI HARI GURU. 'MENGAPA GURU PERLU DIBERI PENGHARGAAN TINGGI OLEH NEGARA?'(T719T325)

Guru adalah profesi mulia. Mungkin kalimat ini sering kota dengarkan. pekerjaan ini adalah kerja ikhlas dan terukur untuk mencerdaskan putra putri pelanjut pembangunan bangsa ini. Tak tahu lah nasib putra-putri kita di masa depan andai pekerjaan ini tak ada.

Hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2022. Komunitas guru di seluruh nusantara memperingati dengan berbagai acara baik itu upacara hari guru ataupun kegiatan lain untuk menyemarakkan hati istimewa bagi kaum Oemar Bakri.

Menelisik kehidupan guru Indonesia, saat ini di kelompokkan dalam dua kelompok besar yakni guru yang terangkat dalam jalur CPNS atau CP3K dan yang kedua adalah guru honorer yang Non PNS umumnya terdiri dari guru Yayasan yang bekerja disekolah swasta dan guru honorer yang bekerja di sekolah negeri.

Kelompok pertama mungkin tak terlalu mempermasalahkan lagi tentang kesejahteraan, selain gaji dari pemerintah, mereka pun yang sudah memiliki sertifikat pendidik, berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi yang setara dengan 1 x gaji pokok.

Yang menjadi permasalahan kini adalah nasib para guru honorer yang sepertinya hidup mereka jauh dari kata layak, gaji dari sekolah dan yayasan tempat mereka bekerja masih jauh dari kata layak. Mereka harus bertahan hidup dengan gaji yang kecil di tengah himpitan ekonomi yang selalu mengalami fluktuasi.

Pemerintah pun tak habis pikir, tuntutan guru-guru honorer untuk diangkat menjadi ASN bergaung hingga ke gedung DPR. Pemerintah pun akhirnya membuka jalur penerimaan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) lewat seleksi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak) agar hidup guru honorer bisa sejahtera dibalik tunjangan-tunjangan Non PNS yang diterima dari pemerintah selama ini.

Guru honorer ini sudah membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, mereka ikhlas menularkan ilmu untuk murid-muridnya. Mereka sangat dibutuhkan keberadaannya ditempat kerjanya, kalau mereka tak ada bisa dibayangkan bagaimana pincangnya dunia pendidikan.

Olehnya itu nasib dan kesejahteraan mereka sangat perlu diperhatikan, mengangkat derajat kehidupan dirasa sangat perlu, apalagi kesejahteraan mereka pun perlu ditingkatkan, pemerintah harus perlahan melakukannya seleksi ketat namu dipermudah agar pengabdian mereka yang puluhan tahun meningkatkan Pendidikan akan sebanding dengan kesetiaan mereka meningkatkan mutu pendidikan.

Kalaupun perlu masalah penggajian guru, jika dibandingkan dengan negara yang sudah maju pendidikan, perlahan tapi pasti sangat perlu di tingkatkan, karena saya sangat yakin dengan naiknya gaji guru tersebut, akan sejalan dengan peningkatan kinerja dan profesionalitas guru bersangkutan.

Semoga tulisan ini bermanfaat

Salam untuk guru Indonesia,

Selamat hari guru #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam sukses

25 Nov
Balas



search

New Post