Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
UNIKNYA BERMAIN SAMBIL BELAJAR, DI USIA YANG TAK MUDA LAGI(T720-T326)
Ceria, dan penuh tawa menghiasi proses belajar

UNIKNYA BERMAIN SAMBIL BELAJAR, DI USIA YANG TAK MUDA LAGI(T720-T326)

Mungkin kegiatan ini bagi pendidik, ada yang sudah menerapkannya, ada pula yang belum menggunakannya, tapi model pembelajaran yang mengasyikkan saat ini untuk menanamkan pengetahuan adalah dengan cara bermain seperti ini.

Aneka bentuk permainan bisa kita terapkan, dan pasti akan memancing psikomotorik siswa sambil memaknai arti dari permainan dan membawanya untuk mengetahui arti pembelajaran hari itu.

Untuk memancing minat belajar siswa dan murid, salah satu cara yang bisa diambil adalah memainkan peran murid dalam Permainan. Kolaborasi dan kerjasama untuk menjadi yang terbaik dari kelompok adalah sugesti yang muncul agar bisa memberikan yang terbaik dari kelompok sekelas.

Rasa Bahagia, seru, ceria, menghibur akan nampak dan dirasakan pada peserta didik dalam melakoni Permainan yang dimunculkan oleh pendidik dalam. Proses memgajarnya.

Hal ini pun terasa dalam Lokakarya 1 Guru Penggerak Angkatan 7 di Kabupaten Enrekang yang dilaksanakan hari ini. Pembelajaran dimulai dengan bermain bola warna. Setelah di bagi dalam kelompok dan bermain bola berwarna, nampak peran pemimpin dalam kelompok sangat penting untuk menyukseskan suatu tujuan.

Pemimpinlah yang mengarahkan dan memberi petunjuk pada anggota kelompoknya, sehingga akhir dari permainan tersebut akan terlihat pemimpin mana yang ideal dan ia mampu memanfaatkan potensi dan peran dari anggota kelompok.

Walau peserta bukan murid dan siswa, tapi mereka mampu bermain dengan semangat tinggi dan penuh antusias. Tak terkecuali keceriaan dan tawa mengiringi jalannya permainan. Ini berarti awal pembelajaran saat itu menyenangkan bagi peserta lokarkarya.

Setelah bermain sebagai pembangkit semangat memulai pembelajaran, dilanjutkan dengan pembelajaran model berkelompok, dengan diskusi kelompok, presentase, menanggapi pertanyaan dari kelompok lain hingga menghasilkan kesimpulan jitu.

Selama satu hari full, 45 peserta CGP kabupaten Enrekang akan belajar bersama dan ditemani guru Pengajar Praktek perkelas untuk menyelesaikan agenda lokakarya pertama untuk menajamkan materi online yang dipelajari oleh CGP, baik yang dibawakan oleh Instruktur guru penggerak atau dengan fasilitator Guru Penggerak.

Semoga tulisan ini bermanfaat

Salam Guru prnggerak

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

26 Nov
Balas

Keren Pak.Mursalim

26 Nov
Balas

Mantap. Keren sangat menginspirasi.luar biasa . Tepuk mantap....

26 Nov
Balas

Mantap. Keren sangat menginspirasi.luar biasa . Tepuk mantap....

26 Nov
Balas

Mantap sangat keren. Barakallah..

26 Nov
Balas



search

New Post