Murti Wahyu Hendrati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
HARI BELA NEGARA

HARI BELA NEGARA

Coretan malam

HARI BELA NEGARA

Oleh: Murti Wahyu Hendrati

(Guru PKN SMA N 2 Demak- Jateng)

Besok pagi tanggal 19 Desember adalah peringatan Hari Bela Negara. Mengapa peringatan HBN jatuh tanggal 19 Desember? Nah, latar belakangnya adalah merujuk pada peristiwa agresi militer Belanda kedua dan terbentuknya PDRI( Pemerintahan Darurat Republik Indonesia)pada tahun 1948.Hal ini juga untuk merefleksikan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Penetapan tanggal 19 Desember sebagai hari Bela Negara ini oleh Presiden RI ke-6

yaitu Bapak SBY dengan kepres no 28 tahun 2006.Karena Bela Negara adalah wujud dari rasa Nasionalisme yang di dalamnya termasuk nilai patriotisme.Bela Negara juga merupakan hak dan kewajiban konstitusional, seperti yang tercantum dalam pasal 27 dan 30 UUD 1945.

Bela Negara merupakan sebuah konsep yang disusun untuk mengatur tentang nilai - nilai patriotisme seseorang, kelompok atau seluruh komponen masyarakat dalam usaha mempertahankan negara Indonesia.Sehingga setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam pembelaan terhadap negara.

Bela negara di era sekarang tidak lagi sama seperti masa merebut kemerdekaan atau mempertahankan kemerdekaan seperti dulu, harus memikul senjata siap tempur, berkorban apa saja. Namun kita bisa melakukan bela negara sesuai dengan kemampuan, kondisi dan profesi kita masing- masing. Dan yang paling penting adalah ikut serta atau berpartisipasi menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tentram juga terkendali. Tak lupa ikut serta usaha peningkatan sumber daya manusia untuk pelaksanaan pembangunan sesuai cita - cita dan tujuan dari bangsa Indonesia.

Bagaimana cara kita untuk memperingati hari bela negara ke- 74 ini? Merujuk pada permenhankam RI no 8 tahun 2022 adalah:

1.Melaksanakan upacara Hari Bela Negara.

2.Melaksanakan pembinaan kesadaran Bela negara.

3.Mengedukasi diri dan lingkungan sekitar tentang pemahaman Bela negara.

4.Menyebarkan kesadaran akan pentingnya Bela negara.

5. Mengkampanyekan HBN di media sosial

6.Memasang twibbon HBN di media sosial.

Untuk tahun ini, kementrian pertahanan mengusung tema" Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku".

Selamat memperingati HBN 2022 untuk saudaraku sebangsa dan setanah air.

Pojok kamar, 18 Desember 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post