Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bila Waktunya Telah Tiba

Bila Waktunya Telah Tiba

# Mengikat Makna#

Akhir - akhir ini saya sering dikejutkan dengan kabar kematian dari kerabat, teman dekat ataupun kenalan. Bahkan ada diantara mereka yang meninggal mendadak tanpa sakit sedikitpun. Pagi ini sengaja kutelusuri ayat - ayat Allah yang mengingatkan kita kepada kematian diantaranya adalah:

1.Surah Al - Ankabut ayat 57

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan.

2. Surah An - Nisa ayat 78

Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh.

3.Surah An - Nahl ayat 61

Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun

4.Surah Al - Waqiah ayat 60

Kami telah menentukan kematian masing - masing kamu dan Kami tidak lemah.

Keempat ayat tersebut cukuplah menjadi peringatan bagi kita bahwa kita tidak akan hidup selamanya, mati itu pasti akan datang kepada kita. Kita tidak bisa bersembunyi di manapun, ketika maut menjemput pasti kita tidak kuasa untuk menolaknya, tidak bisa mencegah apalagi menundanya.

Orang yang paling bodoh di dunia ini, yang tidak sekolah sekalipun atau yang tidak ngaji sekalipun kalau ditanya, " Apakah kamu akan meninggal dunia? " .Pasti jawabanya, " Ya." .Tetapi orang yang paling pandai seduniapun kalau ditanya, " Kapan Anda akan meninggal dunia? " Pasti jawabanya, " Tidak Tahu "

Begitulah semua orang menyakini pasti akan mati dan tidak ada seorangpun yang tahu kapan dirinya akan kembali kepada Allah. Inilah rahasia Allah yang seharusnya menjadi rambu - rambu bagi kita. Tidak ada yang tahu sampai dimana usia kita, hanya Allah saja yang tahu.

Orang yang berangkat kerja segar bugar, tiba- tiba siangnya dikabarkan sudah meninggal. Siapa yang menyapa anak yang cantik, ceria dan terlihat sangat bahagia ketika menyebrang jalan tertabrak mobil dan akhirnya tidak tertolong. Kematian tak pernah mengenal usia, bisa datang kepada siapa saja tanpa pandang kaya miskin, tua muda, dll.

Semoga kita bisa menjadi mukmin yang cerdas. Mukmin yang cerdas itu mempunyai ciri :yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapakan kematian tersebut.

Disebut cerdas sebab seharusnya kita tahu mana yang kekal dan mana yang fana, kehidupan akherat akan menjadi kehidupan kita selamanya dan kehidupan dunia ini hanyalah sementara. Mengingat kematian akan membuat kita hidup dengan hati- hati dan selalu eling lan waspodo.

Ingatlah bahwa mengingat mati akan membuat hati kita menjadi lembut, sebab saat itulah kita benar - benar merasa sebagai makhluk yang tidak berdaya, hanya karena kasih sayang yang Allah berikanlah yang mampu membuat kita masih bernafas sampai detik ini.

Pagi ini saya menasehati diri sendiri untuk terus belajar menyiapkan kematian dengan amal sholih yang harus kita lakukan, tanpa henti tanpa jeda. Hidup hanya sekali dan matipun hanya sekali, pergunakan hidup kita untuk mencari bekal untuk kematian kita, semoga Allah mengampuni dosa - dosa kita.

# Indahnya ngaji#cinta tak pernah salah# cintaterbaikku#7Mgl, 1 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post