Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Energi yang Mubazir

Energi yang Mubazir

# Mengikat Makna #

Sholat Magrib sudah selesai kujalankan,sambil menunggu kedatangan anak-anak ngaji, kugunakan waktu menungguku untuk baca Alquran. Aku membaca Surat Al Kahfi, sampai pada ayat ke 103 - 104 aku terhenyak, di situ Allah berfirman yang Artinya " katakanlah ( Muhammad), " Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang - orang yang sia -sia perbuatanya dalam kehidupan dunia , sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya."

Membaca firman Allah tersebut sungguh hati merasa tertampar, karena masih sering terjebak pada aktivitas yang sia -sia: Boros energi sekaligus membuang -buang waktu. Akibatnya kita menjadi mudah lelah,letih, dan Capek tapi tidak menghasilkan apapun, bukankah perbuatan kita pas banget dengan firman Allah di atas?

Nah, coba kita merenung bersama apakah kita termasuk orang yang menghabiskan energi dan waktu kita dengan sia -sia? Apakah kita masih sering melakukan hal-hal ini?

1.Kita masih suka menguras energi dan membuang - buang waktu dengan berdebat dengan orang lain yang tidak ada ujung dan pangkalnya, parahnya lagi hal ini dilakukan tidak hanya di dunia nyata tapi juga di dunia Maya ( online). Agar tidak menghabiskan energi, seharusnya kita tidak berdebat tapi berlatih untuk diskusi. Kalau berdebat ujungnya pasti ngotot dan marah, tapi kalau diskusi berarti kita sharing Ilmu, tukar pendapat dan mencari solidi bahkan bisa mendapatkan ilmu baru.

2.Energi kita akan terbuang sia - sia kalau kita sering melakukan kesalahan yang sama, melakukan kebodohan yang sama bahkan yang lebih parah kita melakukan dosa yang sama. Akibatnya kita akan terus terjebak pada situasi yang sama tanpa solisi akibatnya kita akan merasa sangat lelah namun tidak menghasilkan apapun. Mari kita belajar untuk koreksi diri, lebih berhati - hati pada ucapan dan perbuatan yang kita lakukan.Janganlah mengulang kesalahan yang sama.

3.Energi kita akan terbuang sia - sia kalau kita hanya disibukan dengan urusan dunia dan melupakan ridho Allah. Kita lupa bahwa pencapaian kita adalah anugrah dari Allah, tapi kita sering merasa bahwa keberhasilan kita karena usaha keras kita.

4 Energi kita akan terbuang sia-sia karena kita memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak kita pikirkan. Bahkan kita sering memikirkan sesuatu yang diluar kapasitas dan jangkauan kita.Ini akan membuat kits semakin lelah, apalagi kalau kita memikirkanya dalam jangka waktu yang panjang maka dapat dipastikan fisik dan psikis kita akan terganggu.

Berhati -hatilah dengan sikap yang bisa menghabiskan energi kita, berhati - hati dengan perbuatan yang mampu mencuri energi kita.Ingatlah perbuatan buruk itu seperti kasur yang empuk, mudah untuk membaringkan badan Mimin berat untuk meninggalkan. Jangan sampai hidup kita sia -sia. Semoga bermanfaat.

# Muhasabah diri #cinta terbaik#cinta tak pernah salah, Mgl, 23 April 2018#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post