Muslih .S.Pd.M.Pd

MUSLIH. S.Pd. M.Pd. PENGAWAS MADRASAH PADA KEMENAG KOTA CILEGON. PERNAH MENJADI GURU FISIKA DI MAN 2 KOTA CILEGON. SMA N 1 KOTA CILEGON. BERASAL DARI LAMP...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIDAK ADA KATA BEKAS UNTUKMU GURU

TIDAK ADA KATA BEKAS UNTUKMU GURU

LOMBA MENULIS BULAN DESEMBER

TIDAK ADA KATA BEKAS UNTUKMU GURU

OLEH : MUSLIH .S.Pd. M.Pd

Guru (digugu dan di tiru) adalah seorang pengajar,pendidik,pembimbing,mengarahkan,melatih,menilai bahkan mengarahkan dan mengevaluasi.Baik itu guru formal atau pun guru non formal,artinya bukan saja yang disebut guru adalah orang orang yang berpakaian seragam dan mengajar di sekolah,tetapi bahkan ada yang cuma memakai sarung pun dia adalah guru.Artinya guru itu banyak macamnya,ada guru yang mengajarkan ilmu ilmu tentang dunia dan ada juga yang mengajarkan ilmu ilmu tentang akhirat.Bagi saya pribadi,siapapun orangnya yang memiliki suatu/disiplim ilmu yang dimilikinya dan dia memberikannya kepada orang lain itulah guru.Jadi jangan mentang mentang seseorang yang hanya memakai sarung lantas disebut bukan guru.

Pengalaman adalah guru,dari mulai mengenal huruf sampai dengan membuat kapal terbangdari tidak bisa sholat sekarang menjadi kiyai,dari biasa menjadi luar biasa,dari rakyat menjadi presiden,semua itu adalah pengalaman yang didapatkan dari seorang guru.Guru sebagai sumber inspiratif bagi kami untuk sebagai bekal di masa kini hingga masa depan,kaulah sebagai orang tua kedua yang kasih sayangmu pun tak sebatas galah,tapi kasih sayangmu sepanjang masa.

Kalau melihat dari apa yang kita dapatkan baik itu yang dari pondok pesantren sekolah formal(negeri dan swasta)banyak sekali ragamnya guru

Macam macam guru.

Secara formal, guru adalah seorang guru di sebuah sekolah swasta atau publik yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang minimal Status gelar pendidikan formal, dan sudah memiliki ketentuan hukum yang berlaku sebagai guru di bawah hukum yang berlaku guru dan dosen di Indonesia.

Guru tetap

Guru yang telah memiliki status yang minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan untuk sekolah tertentu sebagai lembaga induknya. Sebagai seorang guru di sebuah sekolah swasta, guru dinyatakan guru tetap jika Anda sudah memiliki wewenang untuk mengajar atas dasar tertentu tetap khusus diakreditasi oleh otoritas pemerintah di Indonesia.

Guru honorer

Guru sementara memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan pelajaran per jam dibayar. Seringkali mereka dibayar secara sukarela, dan bahkan di bawah upah minimum telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering tampak jauh berbeda dari guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil sebagai guru penuh waktu.

Ini sebenarnya sangat menyalahi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan, setengah pengangguran status mereka. Secara umum, mereka secara sukarela bagi calon Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh honorarium, atau sebagai wali kesempatan untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil l

Di Indonesia, sering terjadi kehormatan siluman. Mereka dianggap tak terlihat karena bernama calon Pegawai Negeri Sipil dengan prosedur hukum. Hal ini disebabkan masa kerja rekayasa sebagai suatu kehormatan, dan bidang kerja mereka sebagai suatu kehormatan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki. Bahkan, ada keputusan bergantung pada orang-orang yang tidak memiliki otoritas yang benar dan tepat di bawah undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Dari tidak tau apa apa jadi tau,dari tidak mengerti apa apa jadi mengerti,dari tidak tau cara sopan santun kemudian jadi sopan dan banyak lagi yang saya dapatkan semuai ini berkat jasa guru,baik itu dari sekolah formal maupun dari non formal(misalnya saja guru ngaji) .Dari sejak saya sekolah Dasar sampai dengan saya keperguruan tinggi dan bahkan sekang saya searang sudah menjadi seorang pengawa pun itu semua berkat jasa guru.Sampai kapan di dalam sanubariku guru adalah guru tidak ada istilah bekas guru..

Dalam pengalaman saya sebagai guru,bertemu dengan guruku pada saat saya masih di SMP,kemudian bertemu beliau yang sama sama sudah menjadi pengawas,bukan berarti saya harus sombong membusungkan dada,tapi saya saat bertemu beliau pun saya langsung sujud di hadapan beliau untuk meminta maaf bahwa saya saya sudah sama sama di pengawas,tapi apa balasan dari beliau,dia menangis sekenceng kencangnya dan sambil memeluku dan beliau sambil berkata"Alhamdulillah murid saya sudah berhasil,justru beliau bangga punya murid yang berhasil,bukan nya beliau sirik tersaingi sebagai pengawas.

Itu adalah salah satu contoh kasih sayang seorang guru sepanjang masa dan akan di kenang selama lamanya.Oleh sabab itu jangan merasa diri sombong karena jasa merekalah kita bisa seperti ini sekarang.Semoga aja bagi guru guruku yang telah mendahului kita dilapangkan kuburnya,diampuni dosa dosa dan di tempatkan di surganya Allah,dan yang masih hidup untuk semoga diberikan kesehatan

Bagi saya siapapun dia dimana pun dia selama saya belajar dan memberikan ilmunya bagi saya,baik secara formal ataupun secara nonformal,dia adalah Guru yang memang jasa jasa mereka itu yang membuat saya seperti ini sekarang.Tidak ada sebutan bekas untuk mu para patriot pahlawan bangsa yang namamu selalu ada dalam sanubariku,engkau sebagai embun penyejuk dakala kami sedang kehausan,kau sebagai penerang jalan kami dikala kami sedang kegelapan,kau lah guruku yang menjadikan inspirasiku sehingga aku jadi seperti ini sekarang,semua itu berkat jasamu Guru.Terima kasih guru ku.

Cilegon ; 07 Desember 2020

Profil penulis;

Nama ; Muslih.S.Pd.M.Pd

Tangal lahir ; Lamsel; 04 /10/1964

Instani : Kementrian Agama Kota Cilegon

Jabatan ; Pengawas Sekolah (pada Madrasah)

Alamat email ; [email protected]

No Hp ; 087784352301

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat setuju, Pak. Tidak pernah ada bekas guru dan siapapun yang telah mengajarkan pada kita baik ilmu, ketrampilan, dan lain-lain adalah guru yang akan selalu terukir disanubari. Sukses, Pak.

07 Dec
Balas

Terima kasih Ibu ku

07 Dec

Keren jempol mas Muslih. Semoga sukses ya

07 Dec
Balas

Aamiin Bpk trima ksh Doanya

12 Dec

Aamiin Bpk trima ksh Doanya

12 Dec

Aamiin Bpk trima ksh Doanya

12 Dec

Aamiin Bpk trima ksh Doanya

12 Dec

Betul pak. Semoga jebol ya ...

08 Dec
Balas

Aamiin Ibu trima kasih doanya

12 Dec

Mantab pisan...semoga sukses Bapak

07 Dec
Balas

Aamiin

07 Dec

Keren salam LiterasiGuru adalah pelita dalam kegelapan. Mantap

07 Dec
Balas

Terima kasih Ibu Salam literasi

07 Dec

Terima kasih Ibu Salam literasi

07 Dec

Guru sejati mengantarkan muridnya meraih prestasi, bukan hanya penerima tropi tapi mencari ridho Ilahi

08 Dec
Balas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Waw keren pak. Luar biasa. Semoga bapak sehat selalu banyak rezeki dan makin sukses dalam berkarya serta berkah aamiin

07 Dec
Balas

Ulasan yg bagus pak guru, swmog menang

07 Dec
Balas

sukses pak

07 Dec
Balas

Aamiin Ibu doanya

07 Dec

Mantap...tidak ada bekas Guru...salam Literasi...sukses selalu.

07 Dec
Balas

Keren nyaaaaa...

07 Dec
Balas

Aamiin Bun suport nya

07 Dec

Keren pak luar biasa

07 Dec
Balas

Luar biasa.

07 Dec
Balas

Aamiin Bu.

07 Dec

Aamiin Bu.

07 Dec

keren, semoga berhasil sukses pak...

07 Dec
Balas

Mantap pak Artikelnya

08 Dec
Balas

Semoga sukses Pak

07 Dec
Balas

Aamiin Bpk

07 Dec

Aamiin Bpk

07 Dec

Keren pak. Salam sehat dan sukses selalu

07 Dec
Balas

Aamiin Ibu

07 Dec

Aamiin Ibu

07 Dec

Setuju sekali pak, kata bekas sangat tidak pantas. Semoga berhasil dalam lombanya pak, aamiin

08 Dec
Balas

Aamiin Ibu terima kasih doanya Ibu

12 Dec



search

New Post