Mustakimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BEST PRACTICE KONSEP MOL
Proses pembelajaran Best Practice

BEST PRACTICE KONSEP MOL

BEST PRACTICE

Lokasi

SMKN 1 Tambun Utara

Tujuan yang ingin dicapai

Memotivasi belajar peserta didik dalam Pembelajaran kimia Pada materi Konsep Mol untuk menghitung Massa Molekul Relative suatu massa dan menentukan mol jika diketahui massanya dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMKN 1 Tambun Utara, Bekasi

Penulis

Mustakimah

Tanggal

4 September 2023

Situasi

Mendeskripsikan: (1) hal-hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran( misalnya tentang keaktifan siswa dalam belajar, capaian kompetensi oleh siswa, kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil.

Situasi pada saat pembelajaran:

1.Selama proses pembelajaran siswa cukup semangat mengikuti dan antusias.tujuan pembelajaran untuk menghitung Massa Molekul Relative suatu massa dan menentukan mol jika diketahui massanya

dapat dipahami.

2.Dalam proses pembelajaran sudah mengikuti modul ajar yang telah dibuat sebelumnya

3.Dari pembelajaran tersebut kesimpulannya ada hal yang berhasil yaitu dapat memotivasi siswa dalam belajar dan yang belum berhasil adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan yang dihadapi guru dalam situasi yang telah dianalisis.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, tantangan dalam belajar tentang konsep mol,untuk menghitung Massa Molekul Relative suatu massa dan menentukan mol jika diketahui massanya adalah:

1. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran.

2. Rendahnya kepercayaan diri peserta didik dalam menyampaikan pendapat

3. Kurang fokusnya peserta didik dalam belajar.

Berdasarkan tantangan-tantangan di atas dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru dari sisi kompetensi pedagogik maupun profesional yang harus dimiliki guru, sementara dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar dan kepercayaan diri yang perlu di kembangkan secara maksimal.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah bagaimana caranya unatuk memotivasi yang bisa memunculkan keaktifan peserta didik dalam menganalisis sebuah permasalahan. Dalam pembelajaran ini, guru menggunakan model PBL.

Diawal pembelajaran, peserta didik menyaksikan video tentang motivasi agar termotivasi dalam pembelajaran sehingga memudahkan guru menyampaikan materi.Guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan pada saat kegiatan pembelajaran dengan adanya game berupa tanya jawab yang menantang. Proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan akan menjadikan peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Dalam praktik pembelajaran ini beberapa fihak yang terlibat diantaranya:

1. Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab sekolah

2. Kepala Program sebagai penanggung jawab jurusan

3. Pendidik sebagai motivator dan fasilitator

4. Peserta didik sebagai sentral pelaksanaan proses pembelajaran

5. Rekan sejawat yang membantu proses persiapan dan pelaksanaan proses pembelajaran

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif//tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan

Dampak dari aksi adalah pembelajaran yang dirasakan menyenangkan dan mudah diikuti,sesuai Langkah -langkah yang terdapat pada modul ajar.

Apakah hasilnya efektif?

Ya. Melihat dari hasil pembelajaran yang dilakukan, dimana peserta didik menjadi lebih nyaman,lebih bersemangat dan lebih termotivasi dalam memperoleh hasil pemecahan masalah yang dihadapi dengan cara berdiskusi, guru merasa bahwa metode ini efektif.

Guru mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan adanya penerapan model PBL dalam pembelajaran ini.

Strategi yang saya lakukan adalah menyelami jiwa peserta didik ,mengetahui latar belakang keluarganya,sehingga mudah untuk mengondisikan suasana kelas dan diskusi dengan rekan sejawat tentang pembelajaran dan penilaian

Refleksi hasil praktek pembelajaran yaitu adanya perbedaan mencolok tingkat pemahaman beberapa peserta didik dibanding yang lain.{ Daya tangkap peserta didik yang berbeda)

Pembelajaran yang bisa diambil dari keseluruhan proses tersebut adalah susasana belajar mengajar di kelas menjadi lebih menyenangkan .

Daftar Pustaka

https://komnasdikkediri.or.id/menyusun-cerita-praktik-baik-best-practice-menggunakan-metode-star-situasi-tantangan-aksi-refleksi-hasil-dan-dampak-terkait-pengalaman-mengatasi-permasalahan-peserta-didik-dalam-pembelajaran/

Lampiran

1. Penyampaian tujuan pembelajaran dan materi

2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi!

26 Feb
Balas

Strategi dan model pembelajaran menarik dengan menyesuaikan materi

09 Mar
Balas



search

New Post