Mutahara Imran

Guru Bahasa Inggris pada MTsN 1 Bulukumba Sulawesi Selatan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Daring,Luring dan Guling di Masa Pandemi Covid 19

Pembelajaran Daring,Luring dan Guling di Masa Pandemi Covid 19

            Menjadi guru di masa Pandemi Covid -19 adalah masa yang begitu berat , menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah tetap harus dijalani,dalam kondisi seperti ini segala cara pun kami jalani, pembelajaran melalui Daring ( dalam Jaringan), Luring ( Luar Jaringan) ataupun Guling (Guru keliling.

            Pada awalnya pembelajaran daring dianggap paling efektif untuk melaksanakan proses belajar mengajar di masa Pandemi Covid-19 ini, tapi ternyata bagi guru yang ada dipelosok seperti kami,ternyata sulit dijalankan. Aplikasi zoom, Google Classroom,webex meet, dan aplikasi lainnya kami coba ternyata itu tidak efektif untuk meratakan pemenuhan hak anak dalam belajar, zoom,webex meet, Google Classroom dan aplikasi lainnya hanya bisa dilakukan oleh  beberapa orang siswa saja dan beberapa orang yang lainnya tidak mendapatkan pembelajaran sama sekali dengan alasan  tidak punya  handphone ,tidak punya pulsa data,ataupun jaringan yang sulit mereka dapatkan.

            Dengan melihat kondisi dalam pembelajaran Daring, kamipun melakukan pembelajaran Luring, yaitu pembelajaran dengan menggunakan media Televisi  dan Modul  yangi telah dibuat oleh guru kemudian dibagikan kepada siswa yang tidak memeiliki handphone,ataupun yang kesulitan dengan  jaringan. Pada hari yang  telah ditetapkan mereka bisa datang untuk belajar ataupun mengambil  Lembar kerja  yang telah disiapkan dengan tetap mematuhi protokoler Covid – 19.

           Pembelajaran  luring ini ternyata masih tidak efektif juga kami lakukan, karena masih ada juga siswa  yang tidak bisa datang ke sekolah karena tidak adanya informasi yang mereka dapatkan.Akhirnya kamipun melakukan  Guling ( guru keliling }  turun ke lapangan,keliling mengunjungi  siswa ,memberikan materi  dan modul  untuk mereka pelajari.

          Segala cara telah kami lakukan untuk  memenuhi  tanggung jawab kami sebagai  pendidik yang ingin mencerdaskan anak –anak bangsa. Kami tidak ingin Covid memebuat anak-anak bangsa menjadi  anak –anak yang bodoh dan tertinggal,meski covid melanda namun anak-anak bangsa kita harus tetap belajar agar kelak menjadi anak yang cerdas dan terampil.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MasyaAllah berbagai cara perjuangan seorang pendidik demi mencerdaskan anak bangsa. Mantul. Semoga sehat selalu bunda.salam literasi.

25 Jul
Balas

Aamiin...terima kasih Bu,salam literasi

25 Jul

Kereen bu semangatnyaa.Barakallah fiikum, guru guruku

25 Jul
Balas

Terima kasih Ibu

30 Aug

Apa saja metode dipakai asal nyampai bahan ajarnya semangat bu..

25 Jul
Balas

Betul Bu, terima kasih supportnya.Salam literasi

25 Jul

Subhanallah usaha yang luar biasa,saluut sama ibu guru cantiiik engkau memang pelita dalam kegelapan covid, saalm kereeen, salam literasi

25 Jul
Balas

Terima kasih Ibu ,salam literasi.

25 Jul



search

New Post