Mutamimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca Membuat Hidup Bahagia

Membaca Membuat Hidup Bahagia

Membaca Membuat Hidup Bahagia

Oleh: Mutamimah, S.Pd

Kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita. Terutama buat seseorang yang hoby membaca. Tak pandang bulu apapun profesinya, kegiatan tersebut tak pernah dilewatkan dan buku yang dibacapun beragam jenisnya. Di era yang serba digital sekarang ini, kita telah dimudahkan untuk mengakses buku elektronik, kita juga dapat membaca dimana saja dan kapan saja. Tak salah jika buku dikatakan sebagai jendela dunia, karena kegunaan buku untuk menambah wawasan dan mengetahui banyak hal yang ada di dunia, bahkan terkadang informasi tersebut belum kita ketahui, melalui membaca buku tersebutlah menjadi tahu. Kegunaan buku bagi khalayak umum dapat menjadi sebuah sumber informasi yang dapat membuka wawasan seseorang mengenai berbagai hal misalnya, ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi, budaya, politik dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Berdasarkan pada hal tersebut di atas, nah apa saja sih kegunaan dari membaca buku? Waw, diantaranya mampu mengubah masa depan bahkan dapat menambah kecerdasan akal fikiran manusia, dan tanpa disadari buku mampu memberikan inspirasi bagi pembacanya. Berikut adalah manfaat membaca menjadikan hidup kita bahagia antara lain:

1. Mampu Mengurangi Stres.

Membaca mampu menstimulasi kesehatan otak dan mental. Wajar sih, apabila manusia merasa lelah ketika usai berkegiatan sehari-hari. Tak jarang mereka merasa jenuh bahkan stres dengan beban pekerjaan rutinitasnya. Maka jurus sederhana adalah dengan membaca. Caranya luangkan waktu untuk membaca beberapa menit saja untuk menekan perkembangan hormone stress atau kortisol. Insyaallah dapat membuat pikiran lebih rileks. Selain dapat merelaksasi, dengan membaca pikiran kita akan merasa senang dan damai. Sebuah penelitian yang telah dimuat dalam Journal of College Teaching And Learning telah membuktikan bahwa kebiasaan membaca setidaknya 30 menit dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan frekwensi detak jantung, dan menurunkan perasaan stress.

2. Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa membaca buku dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan, karena di dalamnya terkandung berbagai informasi baru yang belum diketahui oleh pembaca, sehingga wawasan menjadi bertambah luas.

3. Mampu Meningkatkan Kualitas Memori.

Dengan meluangkan waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk membaca, kualitas memori kita akan terbiasa terasah. Hal ini sangat bermanfaat untuk proses mengingat baik isi buku maupun berbagai hal yang terkait denga isi buku tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Biasanya ketika proses membaca secara langsung pembaca akan mengaitkan isi buku tersebut dengan kehidupan yang terjadi di masyarakat. Maka tak heran jika kegiatan membaca buku dapat membuat seseorang suatu hal daripada yang tidak pernah membaca buku.

4. Mampu Menstimulasi Mental.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kegunaan membaca buku bisa merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Nah bekal untuk hari tua kita sangat sederhana bukan? Yaitu hanya dengan membiasakan membaca bisa menjadi bekal masa tua agar tetap sehat.

5. Mampu Mendorong Tujuan Hidup.

Sebenarnya membaca buku tidak hanya semata-mata untuk mengetahui informasi yang tersaji di dalamnya, akan tetapi bisa mendorong seseorang untuk dapat mencapai tujuan hidupnya. Hal tersebut terjadi karena seseorang telah terbiasa mengidentifikasi karakter, masalah, pengalaman, dan peristiwa yang seolah-olah ia hadapi saat membaca buku tersebut. Nah nantinya hal tersebut dapat dijadikan bekal yang kuat untuk mencapai tujuan hidup seseorang dan mengambil Tindakan.

Nah kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari memiliki berbagai manfaat terutama menjadikan hidup kita lebih bahagia. Hal ini merupakan tujuan utama yang diidam-idamkan oleh setiap orang yaitu hidup bahagia di dunia dan akhirat kelak.

3.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post