Mutamimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa

Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa

Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa

Oleh: Mutamimah

Semangat belajar siswa terkadang naik turun. faktor pemicunya seringkali adalah dari pertemanan yang kurang mendukung dan orang tua. Teman memiliki kontribusi besar bagi seorang anak untuk rajin dalam belajar. sebaliknya anak-anak yang rajin terkadang kurang bisa mewarnai temannya untuk menjadi rajin. Kalau sudah demikian peran Guru sangat diperlukan untuk dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. seorang Guru dituntut agar mampu mengubah perilaku malas siswa. Banyak cara yang bisa ditempu untuk memulihkan kondisi siswa yang malas. seperti dengan cara sederhana yaitu melakukan pendekatan persuasif antara guru dan siswa. Pendekatan persuasif ini insyaallah cara sederhana tapi ampuh, karena siswa merasa diperhatikan. Lebih-lebih pada siswa yang kurang diperhatikan orang tuanya di rumah. Masih kita temukan terkadang ada siswa yang orang tuanya tak peduli sama sekali dengan belajar anaknya. Sehingga si anak menjadi acuh tak acuh terhadap akademiknya. Sebenarnya dalam menumbuhkan semangat belajar siswa apabila dilihat dari faktor pendidik maka hendaknya sebagai pendidik perlu melakukan beberapa cara antara lain:

1. Menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan, contoh diselingi dengan ice breaking.

2. Memilih metode yang tepat. Metode atau cara harus tepat artinya, guru harus mampu menyesuaikan kemampuan peserta didik.

3. Menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media yang menarik dapat menumbuhkan suasana pembelajaran menjadi hidup, siswa akan antusias.

4. Guru mampu memahami karakter peserta didik. Ketika guru mampu memahami karakter peserta didik maka guru tidak akan mudah memvonis si A kurang cerdas dan lainsebagainya.

5. guru hendaknya memberikan perlakuan yang sama terhadap peserta didik. jika demikian suasana akan menjadi hidup.

Nah. memang untuk menumbuhkan semangat belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh faktor teman, Guru akan tetapi dibutuhkan sinergi yang baik antara siswa, orang tua dan guru. orang tua harus senantiasa memantau kondisi akademik dan non akademik putra-putrinya. Jika hal itu berjalan seiring maka malas pada diri siswa akan pudar.

Jember, Kampung Rindu_2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post