Nanang sudiana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Episode Warungkondang bagian ke-6

Upacara Bendera dilaksanakan di lapang olahraga yang terletak di tengah-tengah komplek sekolah. Masing-masing jenjang satu kelas. Upacara berlangsung dengan khidmat. Walaupun di kampung, ternyata anak-anak yang ditunjuk sebagai petugas upacara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Yang bertugas sebagai petugas upacara adalah siswa kelas 3. SMPN 2 Warungkondang saat itu baru mempunyai 3 rombongan belajar, masing-masing jenjang satu kelas. Sambil mengikuti upacara kulirik rekan-rekan guru yang berdiri berjajar disamping kiriku. Kebetulan aku berdiri diujung paling kanan. Tadi belum sempat ngobrol dengan mereka, hanya saling melempar senyum saja. Di akhir sambutannya Bapak Kepala Sekolah memperkenalkan kami. Waktu pertama ke sekolah minggu kemarin saya tidak bertemu beliau, karena kebetulan sedang ada keperluan ke kandep di kabupaten.

Kepala Sekolah kami saat itu adalah Bapak Agus S. Melani, beliau juga baru dipromosikan sebagai Kepala Sekolah. Tugas pertama sebagai Kepala Sekolah di SMPN 2 Warungkondang ini. Ternyata yang seangkatan denganku ada 3 orang. Aku, Pak Edi Supanji yang berasal dari tasik, Bu Dewi Saripah yang berasal dari bandung juga, hanya dia bertempat tinggal di Lembang, Kab. Bandung waktu itu, sekarang masuk wilayah Kab. Bandung Barat. Kami semua masih single. Rekan yang lain yang lebig dulu ditempatkan di sekolah, hanya berbeda bulan saja. Mereka di angkat bulan Maret sedangkan angkatanku Bulan Desember. Ada juga orang Bandung, Pak Irwan dan Bu hj Saripah. Alhamdulillah ada teman dari Bandung. Sehingga kami bisa janjian untuk pergi bersama, atau pulang bersama. Kami semua tidak tinggal di Cianjur, istilahnya didugdag pergi pulang. Ada juga yang asli orang Cianjur. Ada dua orang TU, Bu Tina Dan Bu Ai, seorang Penjaga yaitu Mang Hanafi.

Pada saat brifing setelah upacara kami diberitahu tentang uraian tugas yang harus dilaksanakan. Kewajiban guru waktu itu hanya 18 jam tatap muka perminggu. Sehingga jam mengajar bisa dipadatkan 3 hari. Aku di beri tugas mengajar Matematika sesuai dengan Latar Belakang Pendidikanku, 12 Jam. Ditambah Fisika 6 Jam. Karena kebetulan belum ada guru Fisika. Setelah brifing kami dipersilakan untuk masuk Kelas. Jam pertamaku di kelas 3.

Kelas 3 ruangannya terletak di sebelah kiri ruang guru. Begitu masuk kelas kuucapkan salam. Mereka menjawab dengan serempak. Sedikit gaduh, terdengar suara-suara yang tidak jelas. Seprtinya mereka membicarakanku, entahlah. Aku ketuk meja guru dengan penghapus, seketika mereka diam. Pertama kami saling berkenalan. Saya absen satu persatu, saya tanya tempat tinggalnya dan lain sebagainya. Tidak lupa aku perkenalankan diriku. Setelah itu saya kemukakan aturan main ketika kegiatan belajar berlangsung. Hal ini penting agar KBM bisa berlangsung dengan lancar. Aturannya misalnya kalau KBM sedang berlangsunganak boleh bertanya tetapi dengan mengangkat terlebih dahulu dan lain sebagainya. Kemudian saya gali pengetahuan awal siswa untuk menentukan titik awal KBM.

Bersambung…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren tulisannya. Serasa ada di sekolah bapak. Salam kenal dan sukses selalu

25 Mar
Balas



search

New Post