Nanda Yudhika S

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kuliah Umum Daya Guna Menulis di Fakultas Psikologi USU

Kuliah Umum Daya Guna Menulis di Fakultas Psikologi USU

Pada hari ini , Jumat , 26 April 2019 Pukul 07.30 WIB . Kami Mahasiswa dari Mata Kuliah Bimbingan Menulis angkatan 2018 dan beberapa orang Mahasiswa angkatan 2017,2016 dan 2015 mengikuti kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan Oleh Departemen Psikologi Umum dan Eksperimen . Kegiatan ini diselenggarakan di ruang Serbaguna Fakultas Psikologi USU . Kegaiatan ini terlaksana dengan baik dan tentram . Adapun judul yang dibawakan tentang “ Daya Guna Menulis ” Sosialisasi Program Gerakan Literasi Nasional Satu Mahasiswa Satu Buku ( SAMASABU ) pada Mata Kuliah Bimbingan Menulis.

Kegiatan pagi ini dimoderatori oleh Kak Dina Nazriani yang kita ketahui sebagai Dosen Pengampu pada Mata Kuliah Bimbingan Menulis . Pembicara dalam kuliah umum hari ini dibawakan oleh Bapak Mohammad Ihsan, selaku Founder dan CEO dari Mediaguru.

Sebelum kegiatan ini dimulai, ada baiknya kita membacakan doa terlebih dahulu . Dibawakan lah doa oleh salah satu Mahasiswa dan terlaksana dengan baik dan hikmat .

Setelah doa, acara selanjutnya adalah Pemberian Kata Sambutan Oleh Pak Ferry Novliadi selaku perwakilan Dekan . Dan juga memberikan cinderamata untuk Bapak Mohammad Ihsan .

Acara Selanjutnya adalah Acara Inti , Acara yang kita tunggu-tunggu yaitu Pembawaan Materi oleh pembicara kita yaitu Bapak Mohammad Ihsan , pembawaan ini diawali dengan pengenalan Biografi dari Bapak tersebut . Menariknya kegiatan ini, Bapak menampilkan video yang berisi Bagaiman kelancaran acara Hari Guru Nasional yang diadakan di Perpustakaan Nasional Indonesia .

Program SAMASABU diawali dengan Gerakan Satu Guru Satu Buku ( SAGUSABU ) , yang bermaksud agar guru guru dapat menulis sebuah buku.

Adapun manfaat yang kita dapatkan dari menulis yang disampaikan oleh Bapak Mohammad Ihsan , yaitu :

1. 1. MENAMBAH ILMU/WAWASAN

Penulis yang hebat, pastilah seorang pembaca yang baik. Dengan banyak membaca, ilmu/wawasan meningkat.

2. 2. SEBAGAI MEDIA TERAPI

Seseorang yang mau menulis dengan jujur tanpa menahan ide yang keluar, bisa merasakan pikiran yang lebih ringan dan jernih dari sebelumnya .

3. 3. URUSAN SKRIPSI JADI LEBIH GAMPANG

Kebiasaan berburu literatur , mencari referensi , memudahkan mahasiswa menuntaskan kewajiban menulis skripsi

4. 4. MEMPUNYAI SKILL DI LUAR BIDANG KULIAH

Mahasiswa penulis mempunyai kemampuan lebih dibandingkan mahasiswa kebanyakan yang mengandalkan perkuliahan saja

5. 5. POTENSI MENDATANGKAN INCOME

Mahasiswa penulis berpeluang mendapatkan income dari penjualan buku atau narasumber pelatihan .

6. 6. MENJADI FOKUS PERHATIAN

Memiliki keunggulan yang tidak dimiliki sejawat lainnya , menjadikan mahasiswa penulis pribadi istimewa.

7. 7. BEKAL DI DUNIA KERJA

Bisnis dan pekerjaan tidak terlepas dari dunia menulis. Kemampuan menulis yang dimiliki sejak kuliah merupakan bekal berharga di dunia kerja .

8. 8. MENAMBAH PORTOFOLIO

Memiliki banyak karya dalam daftar CV akan menempatkan seseorang berada di level lebih tinggi .

9. 9. LATIHAN MEMECAHKAN MASALAH

Terbiasa membuat ending cerita menjadikan seorang penulis terbiasa memecahkan masalah yang dihadapi .

10. 10. MENULIS MELATIH KESABARAN DAN KETENANGAN

Menulis menjadikan seseorang lebih sabar hadapi kepahitan hidup . Contohnya Buya Hamka . Emosi atas ketidakadilan Soekarno yang memenjarakannya 2tahun 4bulan teredam, karena kesibukan beliau menulis Tafsir Al-Azhar 30 Juz .

11. 11. MENINGKATKAN DAYA INGAT

Dengan keluarnya ide, berarti ide tersebut bisa membuat kita menjadi mengingat apapun yang kita tulis dari ide tersebut .

12. 12. TULISAN SEBAGAI SARANA PERJUANGAN

Tulisan mampu membentuk persepsi. Media sosial bisa memikirkannya, dan itu efektif membangun opini publik .

Setelah Bapak Mohammad Ihsan menjelaskan tentang manfaat dari menulis , lalu Beliau menceritakan bagaimana cerita anak perempuannya yang sedang berusaha membuat sebuah buku dari tulisan tulisannya dan ia merasa kesulitan pada mengakhiri tulisannya di penutup. Lalu Bapak memberi semangat dan motivasi kepada anaknya . Kemudian anaknya berhasil mengakhiri ceritanya dengan baik.

Setelah itu, Bapak menampilkan video video motivasi agar kami termotivasi untuk membuat tulisan tulisan yang akan di buku kan .

Dengan kata motivasi “ Satu Mahasiswa Satu Buku “ . Penutupan kegiatan kuliah umum ini di akhiri dengan sesi tanya jawab oleh Mahasiswa yang berjumlah 6 Orang Mahasiswa. Kemudian dijawab langsung oleh Bapak M.Ihsan . Keenam Penanya diberi souvenir berupa buku yang penulisnya dari Psikologi USU juga . Setelah sesi tanya jawab, diakhri dengan foto bersama Bapak Mohammad Ihsan dengan mahasiswa.

Kata penutup di tuturkan oleh Kak Dina sebagai Moderator. Peserta Kuliah Umum juga diperbolehkan bubar dengan rapi dan mengabsen dirinya masing-masing .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post