Nanik Megawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurus Jitu Menangani Siswa Bermasalah

Jurus Jitu Menangani Siswa Bermasalah

Kelas satu merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak dimana masih sering kali seorang anak memiliki ego yang tinggi. Terkadang mereka merasa kalau dirinya selalu benar walaupun pada kenyataannya salah. Hal ini yang menjadi faktor pemicu di kelas 1 sering terjadi perselisihan, pertengkaran, bahkan perkelahian. Jika hal itu terjadi maka kita sebagai pendidik harus peka dan harus segera mentuntaskan sikap egois yang sering dimiliki oleh siswa kelas bawah. Berikut tips cara memahamkan siswa agar bisa menyadari bahwa dia benar atau salah.

1. Ajak siswa yang mempunyai masalah untuk duduk bersama

2. Suruh siswa untuk menceritakan kejadian dari awal secara bergantian

3. Kita reka ulang kejadian dengan menggabungkan cerita dari masing-masing siswa

4. Berdasarkan cerita kita, ajaklah siswa berfikir kritis untuk menganalisa siapa yang salah dan siapa yang benar

5. Pancing siswa untuk mengakui kesalahan melalui cerita tadi

6. Setelah ditemukan siapa yang salah, ingatkan siswa apa yang harus dilakukan jika melakukan kesalahan baik di sengaja maupun tidak sengaja

7. InsyaAllah siswa akan sadar dengan sendirinya tanpa kita ngotot menyuruhnya minta maaf

Demikian jurus jitu menangani siswa yang berselisih, bertengkar, maupun berkelahi tanpa marah. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Mohon maaf apabila ada kekurangan karena saya hanya manusia biasa. Kesempurnaan hanya milik Allah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post