NANIK RIYANTI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sagusabu Pelalawan

Pelatihan Menulis Buku “Sagusabu” Pelalawan Angkatan II

Ikuuut!. Itu kata pertama yang terucap dari kedua bibir ini, manakala membaca sebuah Brosur Sagusabu Pelalawan Angkatan II. Sebuah keinginan mengikuti kegiatan untuk menjaga semangat dalam menulis buku yang merupakan kelanjutan dari acara Sagusabu Siak yang dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Juli 2018.

Kegiatan ini ditaja oleh para alumni media guru yang telah menerbitkan beberapa buku seperti bu Jurniati, S.Pd yang menerbitkan buku ke 12, bu Yosilia, S.Pd yang menerbitkan beberapa jumlah buku.

Saya tertarik untuk mengikuti kegiatan ini dan memiliki keinginan mengajak teman-teman guru yang senasib dan seperjuangan dari berbagai tingkatan lembaga pendidikan baik tingkat sekolah dasar maupun tingkat menengah dimanapun berada.

Kegiatan promosi diawali dengan mengirimkan brosur ke akun facebook dan akun whatsapps dari beberapa grup pertemanan yang terhubung di android. Alhamdulilah dari SMPN 1 Lubuk dalam ada 1 orang guru termasuk kepala sekolahnya yang tertarik untuk mengikutinya. Sedangkan teman sesama alumni yang berasal dari SMA Negeri 1 Koto Gasib juga mengikutinya.

Terdapat beberapa teman baru yang tertarik ingin belajar menulis buku yaitu dari rombongan SMK Negeri 1 Tualang yang terdiri dari beberapa orang, dan dari rombongan guru-guru sekolah dasar di kecamatan Koto Gasib mengikutinya.

Pada pukul 07.00 Wib rombongan dari kecamatan Koto gasib berangkat dengan kendaraan masing-masing, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, numpang teman yang membawa mobil sampai dengan naik angkutan umum.

Melihat antusiasme yang sangat besar ini, ada perasaan bahagia yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Yess! Akhirnya banyak guru yang mau belajar menulis.

Perjalanan mmengalami beberapa kendala diantaranya perasaan takut dan cemas dikarenakan kondisi jalan yang licin, ramai dengan kendaraan mobil besar-besar yang memuat barang-barang atau perlengkapan milik perusahaan.

Pada pukul 08.25 Wib, rombongan sampai di lokasi yaitu Aula Kantor Bupati Pelalawan. Setelah registrasi, saya memilih duduk di barisan 6 yang masih belum terisi, hal ini dikarenakan peserta terdekat telah masuk ke ruangan dan menempati kursi dan meja yang telah disediakan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Pelalawan H.M Harris, pemateri yaitu bapak Eko Prasetyo Pemred Media guru dan bapak Muhammad Ihsan Pimpinan Umum Mediaguru dan beberapa pejabat pemerintahan kabupaten Pelalawan serta 80 orang peserta yang berasal dari kabupaten Pelalawan, Siak, Pekanbaru, Indragiri Hulu dan Bengkalis.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dibawa oleh MC yang sangat membawa suasana ceria yaitu bu Jurniati, S.Pd. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan beberapa sambutan dari anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dan dibuka langsung oleh Bapak H.M. Harris selaku Bupati Kabupaten Pelalawan. Kegiatan terakhir yaitu pembacaan do’a.

Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi oleh Bapak Eko selaku pemred Mediaguru sampai jam istirahat pukul 12.00 wib. Kegiatan dilanjutkan pada setelah istrirahat yaitu pada pukul 13.00 wib.

Kegiatan berlanjut pada pembelajaran menulis beberapa jenis buku, mendaftar akun gurusiana dan sinopsis. Kegiatan sagusabu pelalawan hari pertama berakhir pada pukul 15.15 wib. Dan semua peserta pulang menuju penginapan atau rumah masing-masing dengan membawa kepala yang sangat pusing dikarenakan adanya PR Sinopsis yang harus dikirimkan pada malam hari sebelumpukul 20.00 wib.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post