Nani Yuliani Fahmuji

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk oranglain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulusan STKIP Ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Trik Pencegahan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Trik Pencegahan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Lomba menulis bulan Februari 2023 ( Berani Tegas Habisi Pergaulan Bebas )

"Kiat Pencegahan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja"

Oleh : Nani Yuliani SE, ( Guru IPS MTs N 1 Cilegon )

Sebagai remaja, tentunya akan menemukan berbagai jenis pergaulan. Namun, para remaja tersebut harus menyadari bahwa tidak semua pergaulan itu baik, entah di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Maka dari itu, harus pintar-pintarlah dalam memilih pergaulan. Jika tidak berhati-hati maka bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas adalah bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas norma masyarakat. Seringkali para remaja terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Berbagai faktor seperti kurangnya perhatian orang tua, kondisi lingkungan, hingga penyalahgunaan internet dapat menyebabkan remaja jatuh ke dalam pergaulan bebas.

Dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas juga tidak sembarangan. Mulai dari risiko gangguan kesehatan karena mengonsumsi obat-obatan atau minum-minuman beralkohol hingga pendidikan yang terhambat akibat tidak konsentrasi dalam belajar.

Dari permasalahan di atas kita selaku pendidik perlu melakukan beberapa trik pencegahan agar para remaja, tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Diantaranya seumpama ada salah satu siswa yang melanggar etika atau norma, seperti mempermalukan nama baik sekolah. Dan nantinya akan menggangu kenyamanan siswa di sekolah.

Siswa tersebut wajib kita keluarkan, kalau dibiarkan masih berada di lingkungan sekolah pasti akan menular ke teman-temannya, membawa pengaruh buruk kepada siswa lainnya dan tentunya akan melakukan pelanggaran yang sama.

Untuk masalah narkoba, saat ini BNN sedang menggalakkan program pembuatan video menyanyikan lagu BNN secara bersama sama di lapangan sekolah bersama dewan guru dan staf TU. Seluruh siswa wajib menghafal lagu BNN tersebut.

Program ini bertujuan supaya para siswa dengan sering menyanyikan lagu BNN tersebut harapannya bisa terhindar dari obat obatan narkoba. Selain itu juga sekolah mengundang BNN untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Program ini hampir setiap tahun diadakan oleh sekolah.

Dalam sosialisasi tersebut, BNN menayangkan film pendek tentang bahaya narkoba. Dengan harapan setelah para siswa melihat tayangan video tentang bahaya narkoba, mereka akan menjauhi narkoba.

Selain beberapa langkah di atas, saya sebagai guru IPS pada saat memberikan materi tentang penyimpangan sosial, di saat inilah saya sering memberikan beberapa nasihat kepada murid binaan saya.

Saya sering mengatakan dalam bergaul upayakan selektif dalam memilih teman, karena lingkungan pertemanan cukup berpengaruh dalam membentuk karakter seseorang. Bagi remaja, Hindari menjalin pergaulan dengan teman-teman yang dirasa bisa membawa dampak buruk.

Saya juga sering mengatakan kepada siswa binaan saya, kalian harus berpendirian kokoh, artinya dengan memiliki pendirian yang kokoh membuat kalian tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas. Kalian juga lebih berani mengatakan tidak pada perbuatan perilaku yang menyimpang.

Untuk menghindari pergaulan yang tidak baik maka hal yang penting untuk dilakukan adalah sibukan diri dengan perbuatan yang positif. Misalnya banyak beraktivitas dalam organisasi yang baik dan melakukan hal-hal yang bersifat positif.

Dengan menyibukan diri oleh hal-hal yang positif, tentunya akan dapat membuat diri terhindar dari perbuatan yang tidak baik, seperti pergaulan bebas.

Saya juga sering mengingatkan kepada siswa binaan saya di manapun kalian berada harus selalu Ingat akan orang tua. Karena merekalah yang telah bersusah payah memperjuangkan untuk bersekolah agar menjadi orang yang baik dan juga sukses. Jadi, jangan sampai pergaulan bebas menghancurkan harapan orang tua kalian.

Yang terakhir saya sering mengatakan kepada siswa binaan saya harus lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT. Supaya terhindar dari perbuatan terlarang. Karena jika kalian lebih dekat dengan Allah, dan memiliki rasa takut kepada Allah. Secara langsung kalian pasti akan memiliki iman yang kuat.

Sehingga untuk melakukan suatu hal yang buruk akan selalu ingat Allah dan langsung menyadari bahwa apa yang akan dilakukannya itu sesuatu yang tidak baik dan akan merugikan diri sendiri. Dengan selalu ingat kepada Allah akan membuat kita semua menjauhi perbuatan-perbuatan buruk yang dilarang oleh agama.

Itulah beberapa kiat dari saya untuk mencegah pergaulan bebas dikalangan remaja, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Tetap bergaul secara positif dan hindari pergaulan bebas berani ucapkan "Say No to drugs"

Profil Penulis

Penulis seorang ASN di lingkungan Kementerian Agama, yang bertugas di MTs N 1 Cilegon sebagai guru IPS.

Penulis sudah memiliki 4 buku tunggal dan puluhan buku antologi dari hasil mengikuti lomba menulis, dan dari hasil bergabung bersama beberapa komunitas Penulis se Indonesia.

Untuk ke empat buku tunggal itu diantaranya " Misteri Suara Langkah Kaki, Menyemai Asa di Belantara Kalimantan, CARKA, dan Mahligai Delia yang Terkoyak"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menginspirasi, Bu, jadi ingat harus segera nulis.

09 Feb
Balas

Semoga menang nong

05 Feb
Balas

Itu pasti bund ga ada yg ga lolos soalnya hehe

05 Feb

Mantap bucan ....

04 Feb
Balas

Terima kasih bucanku

04 Feb

Keren...awas kalau tidak dikirim...naskah keren....sukses

04 Feb
Balas

Hehehe siap

04 Feb

Semoga menang bunda Nani. Tabarokallah.

07 Feb
Balas

Jangan lupa dikirim bu... salam sukses selalu

04 Feb
Balas

Siap neng geulis

04 Feb

Mantap ulasannya.

04 Feb
Balas

Terima kasih bunda

04 Feb



search

New Post