Nartizun

Guru sosiologi SMA Negeri 1 Rembang Bukan penulis tapi ingin belajar menulis🌹 Semoga bermanfaat🥰...

Selengkapnya
Navigasi Web

Power Rangers pun Berubah (Tantangan Gurusiana Hari Ke-1)

Masih Ingatkah dengan film kartun jaman dulu kala Power Rangers, satria baja hitam, Sailormoon, atau robocob.Mereka adalah pahlawan pembela kebenaran versi kartun yang banyak disukai anak-anak pada masanya. Mereka awalnya berbentuk seperti orang biasa, kemudian ketika ada kejahatan berubah menjadi pahlawan yang memberantas kejahatan. Masih ingatkah kalimat yang selalu diucapkan, yaitu berubah. Yang masih ingat berarti seumuran dong dengan saya, hehehehehe.

Berubah, satu kata yang syarat dengan makna. Layaknya sesuatu yang berbeda pada kondisi sebelum dan sesudahnya. Misalnya yang kita bahas tadi di atas. Sama seperti kehidupan, hidup itu selalu mengalami perubahan. Kalau kita tarik ke belakang, bagaimana asal-usul manusia mengalami evolusi sesuai teori Charles Darwin pada masa itu. Kemudian ketika kita belajar sejarah, dimulai dari jaman pra sejarah sampai dengan manusia modern semuanya terkait dengan perubahan.

Tidak ada masyarakat yang tidak mengalami perubahan, meskipun statis atau lambat. Kiita dilahirkan dari bentuk bayi kemudian menjadi dewasa sampai detik ini itu juga perubahan. Kehidupan masyarakat yang dinamis selalu mengalami perubahan. Entah itu perubahan kecil, besar, lambat, cepat, direncanakan, tidak direncanakan.

Berawal dari masyarakat primitif, sederhana, sampai dengan modern. Kehidupan manusia selalu bersentuhan dengan perubahan. Secara fisik, perilaku, gaya hidup, teknologi, pola pikir, kebiasaan, adat-istiadat, nilai dan norma sosial, semua mengalami perubahan. Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan pada masyarakat baik internal masyarakat itu sendiri, maupun eksternal yang semuanya berdampak.

Kita ambil contoh lagi pada perubahan cara hidup manusia. Masih ingat, dari berburu dan meramu, bercocok tanam, beternak, bertani, sampai dengan cara hidup modern seperti sekarang dengan berbagai teknologi canggih. Kita tidak sadar bahwa perubahan membawa dampak kecil maupun besar dalam hidup kita.

Masih ingat jugalah dengan surat yang kita tulis pada jaman SD, itu belum muncul alat telekomunikasi seperti sekarang ini yang marak yang berdampak sangat besar bagi kehidupan manusia. Surat cinta kita dulu sebagai bukti perubahan peradaban manusia yang sekarang sudah sarat dengan berbagai macam teknologi. Surat cinta kita tulis dengan tangan, kita titipkan teman sebagai mediator kemudian kita juga dapat balasan, seru sekali bukan pada masa itu hahahahaha. Sekarang lebih seru kali, bisa apapun hanya dengan handphone di tangan.

Dan perubahan besar sudah ada di depan mata kita ketika pandemi ini menyerang seluruh dunia. Inilah perubahan yang selalu akan mengikuti kehidupan manusia, entah direncakan atau tidak direncanakan oleh manusia perubahan akan tetap selalu ada.

“ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra'd:11) “

Rembang, 8 Juli 2020

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Perubahan dalam bentuk nyata untuk perbaikan diri. Salam literasi

09 Jul
Balas

Semangat perubahan buk.trimakasih kunjungannya buk

09 Jul

semua pasti berubah, karena itu adalah hukum alam , tapi setiap perubahan itu semoga membawa dampak positif, aamiin....

09 Jul
Balas

Aamiin buk.salam sukses dan sehat sll

09 Jul

Tulisan yang sangat menginspirasi. Terima kasih sudah berbagi ilmunya. Sukses dan sehat selalu.

09 Jul
Balas

Aamiin.trimakasih sudah berkunjung pak.sukses sll pak

09 Jul

Sebagai guru kita memang harus.melakukan perubahan kearah yang baik...keren bun makasih telah beekunjung semoga skss tetap berlanjut salam literasi

09 Jul
Balas

Trimakasih buk....sudah berkunjung.sukses sll buk

09 Jul

Tulisan yang keren Mbak. Bahasanya mengalir enak dibaca. Isinya juga inspiratif. Salut.

09 Jul
Balas

Trimakasih buk

09 Jul

saya masih edisi si unyil bun

09 Jul
Balas

Trimakasih buk

09 Jul

Semangat perubahan salam literasi

08 Jul
Balas

Salam bu

08 Jul

Berubah menjadi lebih baik....salam literasi

09 Jul
Balas

Aamiin bu...yang kita semua inginkan.selalu.baik...sukses sll

09 Jul



search

New Post