Khairunnas, M. Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KEUNGGULAN PROGRAM  KEAGAMAAN MAN 2 PADANG PANJANG

KEUNGGULAN PROGRAM KEAGAMAAN MAN 2 PADANG PANJANG

Berbicara sebuah keunggulan memiliki parameter tersendiri dari setiap aspek yang diuraikan atau diulas maupun dibicarakan. Pernyataan keunggulan bagian dari korelasi antara visi, misi, tujuan, dan kenyataan di lapangan. Bila keempat aspek ini belum memiliki hubungan yang signifikan, maka tidak perlu membicarakan sebuah keunggulan. Keunggulan suatu lembaga ataupun organisasi tidak terlepas pada bersinerginya seluruh civitas yang terlibat di dalamnya tidak terkecuali MAN 2 Kota Padang Panjnag. Oleh karena itu, berbicara keunggulan program keagamaan MAN 2 Padang Panjang terletak pada beberapa aspek. Tinjauan beberapa aspek yang menjadikan program keagamaan terdepan yang selama ini diapresiasi oleh masyarakat luas antara lain.

1. Peserta Didik (imput).

Pendaftaran peserta didik pada program unggul keagamaan harus memenuhi kriteria yang ditetapkan madrasah seperti; kuat aqidah, baik akhlak, intens ibadah, dan bersahaja. Persyaratan administrasi dalam penerimaan peserta didik baru sangat ketat dan menantang. Kriteria peserta didik baru pada program unggul keagamaan bidang akademik harus memiliki nilai rata-rata bidang studi agama 8, yang meliputi, aqidah akhlak, fiqih, quran hadits, dan bahasa arab ditambah keterampilan hafalan Al qur’an minimal 1 juz..

2. Lulusan (oupu)t

Lulusan program unggul keagamaan diterima di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Di antaranya melalaui jalur seleksi nilai perguruan tinggi negeri (SNPTN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan tentu saja lulusan program keagamaan diterima di Perguruan Tinggi di Mesir. Secara umum lulusan program keagamaan tersebar hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

3. Guru, Kepala Madrasah, Karyawan

Guru-guru yang mengajar pada program unggul kegamaan merupakan guru yang memiliki komitmen terhadap keunggulan program keagamaan. Guru-guru khusus mata pelajaran agama pada umumnya menguasai bahasa arab, al quran, fiqih, hadits, tafsir, ilmu kalam, terampil membaca kitab standar, dan terampil dalam bidang kaligrafi. Dalam hal menghadapi masalah guru program keagamaan melakukan kajian ilmiah termasuk penelitian.

Sementara itu, kepala madrasah berperan penting dalam memberikan bimbingan, arahkan, mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi guru secara komunikatif, menjadi pengayom bagi civitas akademika, aktif, rekreatif, fleksibel, dan menyenangkan, serta harus memiliki kriteria fisioner, berkemajuan, dan mengambil kebijakan semata untuk kemajuan madrasah dan lulusannya.

Demikian pula dengan karyawan yang saling membahu-bahu untuk melakukan pelayanan administrasi, imput data, inventaris madrasah, dan kepentingan madrasah lainnya untuk mensinergikan program keagamaan.

4. Proses Pembelajaran

Pembalajaran pada program unggul keagamaan dilaksanakan dengan menggunakan metode bervariasi atau berbagai metode pembelajaran. pendekatan pembelajaran dilakukan melalui saintifik, komunikatif, kopnstekstual, dan kooperatif. Pembelajaran pembelajaran dilaksanakan sistematis, berkesinambungan, dan evaluatif. Ada delapan filosofi pembelajaran terus dikembangkan antara lain; (a) beriman dan bertaqwa kepada Allah, (b) memahami dan menghayati nilai-nilai Islam, (c) berperilaku secara efektif, (d) berkomunikasi dengan orang lain sesuai agama Islam, (e) memiliki jati diri melalui proses pembelajaran, (f) berkompetensi secara santun, jujur, dan berakhlak, (g) berperilaku terpuji dari tindakan, (h) menciptakan lingkungan yang religius

5. Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan pada program unggul keagamaan MAN 2 Kota Padang Panjang merupakan ramuan kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, dan muatan lokal. Kurikulum muatan lokal seperti, ; tahfizd, kitab kuning/kitab standar, program bahasa Arab, Inggris, dan kaligrafi.

6. Sarana dan Prasarana.

Sarana dan prasarana MAN 2 Kota Padang Panjang menyediakan sarana dan prasarana khususnya program unggul keagamaan seperti ruangan belajar representatif, perpustakaan, kantin ilmu, lobor bahasa, dan labor komputer. Sarana asrama yang sejuk dan nyaman, masjid, ruangan keterampilan kaligrafi, lapangan bola volly, takraw, tenis meja, dan bola basket.,

7. Akhlak

Pembinaan akhlak seluruh citas akademik terus diintensifkan, agar menjadi insan yang baik. Program ini selalu diupayakan agar siswa dan lulusan program unggul keagamaan menjadi pribadi teladan untuk siswa dan orang lain.

8. Tahfizd.

Program unggul keagamaan MAN 2 Kota Padang Panjang merupakan hafidz (hafal) Al qur’an sampai 30 juz. Hal ini tak dapat dipungkiri jika peserta MTQ tingkat kabupaten/kota dan propinsi Sumatera Barat dipakai jasanya oleh pemerintah kabupaten dan kota seperti; Musabaqoh Hifzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Fahmil Qurr’an (MFQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), khutbah jumat, kitab standar, kaligrafi, dan Musabaqh Tilawatil Qur’anh (MTQ).

9. Manajemen dan Pelayanan Pustaka

Manjemen pengelolaan perpustakaan dikelola seperti di negara-negara barat. Perpustakaan program unggul keagamaan selain menyediakan buku-buku, juga menyediakan komputer untuk mengakses informasi melalui internet. Selain itu menyediakan pula TV agar siswa dapat mengakses informasi secara cepat. Demikian juga halnya dengan surat kabar, majalah, artikel, dan majalah ilmiah hasil penelitian guru. Ada empat dismensi dalam manajemen pustaka yaitu: (a) akses informasi (acces to information) berkaitan kelengkapan buku, majalah, jurnal, dan surat kabar, (b) pelayanan (affect of service), berkaitan sikap petugas yang ramah, sopan, bersahaja, dan komunikatif, (c) personal pengawasan (control), pengawasan terhadap pengguna selalu dilakukan dengan baik, dan (d) perpustakaan sebagai rekreasi (library as place).

10. Ikatan Alumni

Ikatan alumni program unggul keagamaan MAN 2Kota Padang Panjang memiliki ikatan yang kuat dan terorganisasi dengan baik. Sampai tahun 2020 terdapat lebih kurang 2.760 lulusan program unggul keagamaan MAN 2 Kota Padang Panjang. Alumni program unggul keagamaan MAN 2 Kota Padang Panjang terikat dalam satu organisasi yaitu Ikatan Alumni Madrasah Aliyah Program Khusus (IKA MAPOKUS).

11. Penulis

Lulusan program unggul keagamaan MAN 2 Kota Padang Panjang selain menjadi ulama juga menjadi penulis buku. Alumni yang menulis buku terdiri dari jenis buku fiksi dan non fiksi. Buku fiksi misalnya Anak-Anak Langit (novel), Sirajul Fuad dengan buku autobiografi, Hakimah dengan buku ilmu agama, Mardiah Novita dengasn bukunya Merah Putih, Aldul Manaf Antologi puisi dll. (tulisan ke 2 dari 4 tulisan tentang Melek MAN 2 Kota Padang Panjang). (ke 2 dari 4 tulisan tentang MAN 2 Kota Padang Panjang)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul MAN 2 PDG PANJANG

15 Apr
Balas



search

New Post