Nasta'in

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menggapai Keberkahan Alquran di Ruang Kerja Guru

     Tugas seorang guru adalah mengajar sesuai dengan jam pelajaran di kelasnya  masing-masing. Tidak sepanjang waktu seorang guru berada di dalam kelas,  ada waktu jeda antara jam di satu kelas  dan di kelas lainnya. Jeda itu bisa satu jam, dua jam dan seterusnya.

    Jeda ini dimaksudkan untuk persiapan mengajar pada jam berikutnya,  mengoreksi pekerjaan siswa ataupun juga berkarya yang lain. Dan juga bisa  untuk pengembangan dirinya. Pengembangan diri guru sangat bervariasi, bisa terbentuk keilmuan, berkarya inovatif untuk memperbaiki cara mengajarnya ataupun penguatan ruhiyah dan karakter, karena guru bukanlah sosok yang hanya mentransfer ilmu kepada siswanya tetapi juga mentransfer akhlak dan ruhiyah.  Diantara pengembangan ruhiyah guru yang mudah dan sederhana dapat dilakukan guru di ruang kerja adalah dengan membaca Alquran.

       Walaupun membaca Alquran itu tidak membutuhkan waktu yang lama dan bisa dilakukan dimana saja seringkali menjadi terasa berat karena kurang terbiasa ataupun faktor lainnya. Sehingga  motivasi untuk membiasakan diri membaca Alquran adalah sesuatu yang  penting untuk mendorong pembiasaan.

       Banyak teknik yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri membaca alqur'an, diantaranya adalah dengan membuat grup khotmil Quran di jam kerja. Satu grup terdiri 30 orang atau separo dari itu. Dan kemudian  diberikan target khotam dalam waktu yang telah ditentukan.

       Cukup maksimal 5 menit seorang guru membaca Alquran di sekolah. Bisa dilakukan di waktu-waktu jeda  mengajar  sambil menunggu jam berikutnya, bisa sebagai refresh diri saat letih mengoreksi pekerjaan siswa ataupun sela-sela membuka media sosialnya. Kecanggihan teknologi sangat membantu program ini. Dengan memasang aplikasi al-quran di masing-masing gadget  guru, guru dapat membaca Alquran sewaktu-waktu pada waktu yang dikehendakinya.

        Insya Allah pembudayaan 5 menit baca Alquran di ruang kerja ini akan berpengaruh positif pada nuansa sekolah, hati guru, hati siswa  dan keberkahan ilmu para siswa saat ini dan setelah lulus nantiز

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم نوروا بيوتكم بالصلاه وقراءة القران

"Terangilah rumah-rumahmu dengan membaca Al qur'an". (Hadits riwayat Baehaqi)

       Hadits ini ini memberikan motivasi pada kita untuk menerangi rumah-rumah kita dengan  bacaan Alquran. Sekolah adalah rumah kedua bagi guru,  maka sudah selayaknya diterangi dengan Alquran. Insya Allah kan membawa ketentraman dan keberkahan bagi guru dan  murid-muridnya.

Semoga manfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Amien

26 Jan
Balas

Amien

26 Jan
Balas

Allahumarhamna bil Qur'an....

26 Jan
Balas



search

New Post