Naufal rakha fahrezi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Faktor - faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi pada perusahaan bank

Faktor - faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi pada perusahaan bank

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN BANK

NAUFAL RAKHA FAHREZI

MAHASISWA AKUNTANSI FE UNISSULA

SRI DEWI WAHYUNDARU

[email protected]

mengenai factor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi pada bank. Sampel yang digunakan adalah karyawan bank umum yang menggunakan sistem informasi dengan teknik conviniance sampling. Kuisoner yang kembali dan diolah sebanyak 40 kuisoner.

Dalam uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan dalam kuisoner untuk variabel independen dan dependen adalah valid dan reliabel. Adapun uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji asumsi klasik yang lain menunjukkan bahwa untuk seluruh variabel terbebas dari multikolinieritas dan heterokedastisitas. Model regresi yang dihasilkan baik dan tidak bias.

Pengertian Bank

Menurut undang-undang no.10 tanggal 10 November 1998 definisi bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kedapa masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Pengertian Sistem

Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama. Sistem harus mengarah ke satu atau beberapa tujuan. Apakah dapat memberikan ukuran waktu, daya listrik, atau informasi, sistem tersebut tetap harus mengarah ke suatu tujuan .

Sistem Informasi

Menurut Lucas (1982) dalam Jogiyanto sistem informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang di organisasikan, apabila diolah lebih lanjut akan menghasilkan suatu informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan dan

pengendalian didalam organisasi.

Kinerja Sistem Informasi

MenurutSoegiharto (2001), kinerja sistem berarti penilaian terhadap pelaksanaan sistemtersebut, Apakah sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan atau belum.

Penilaian terhadap kinerja sistem merupakan kepuasan kerja yang Di dapat pemakai sistem dalam pengoperasian sistem, manfaat yang dirasakan oleh pemakai kaitannya dengan sistem yang digunakan serta frekuensi tingkat pemakai dalam penggunaan sistem.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi

Keterlibatan Pengguna dalam Proses Pengembangan Sistem Menurut Olson & Ives dalam Choe dalam Acep Komara (2005). Keterlibatan pengguna merupakan keterlibatan dalam proses Pengembangan sistem oleh anggota organisasi atau anggota dari kelompok pengguna target. Kemampuan Teknik Personal Kapabilitas personal SI dibedakan kedalam kemampuan spesialis dan kemampuan generalis. Kapabilitas personil sistem informasi diukur dengan menggunakan rata-rata tingkat pendidikan personil SI (Jogiyanto. 2002: 428).

Program Pelatihan dan Pendidikan Pengguna Perubahan adalah suatu proses pembelajaran. Ada empat tingkatan proses pembelajaran, yang meliputi : mengetahui, memahami, menerima, dan kemampuan untuk menerapakan dan mengaplikasikan. Pendidikan

pengguna juga bermanfaat untuk keberhasilan suatu keberlangsungan sistem informasi.

Dukungan Manajemen Puncak Top manajemen bertanggung jawab atas penyediaan pedoman

umum bagi kegiatan sistem informasi. Tingkat dukungan yang diberikan oleh top manajemen bagi sistem informasi organisasi dapat menjadi suatu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan semua kegiatan yang berkaitan dengan sistem informasi (Krismiaji, 2002).

Menurut saya, Keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi. Karena karyawan dilibatkan dalam proses pengembangan sistem informasi sehingga sistem yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan dari pemakaian sistem. Keterlibatan pengguna mengakibatkan tingginya rasa memiliki dan menggunakan dengan baik sistem yang sudah ada.

Kemampuan teknik personaltidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi. Kemempuan yang mereka miliki tidak berpengaruh karena kebanyakan sistem yang ada di lembaga keuangan atau perbankan bersifat tetap dan sudah berlangsung

lama sehingga kemampuan yang mereka miiki belum bisa menjamin mereka dalam menggunakan sistem informasi yang sudah ada.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post