DWI

NUR DWI YANTI, kelahiran Bandung seorang guru SD Negeri di Kota Tangerang Selatan Banten Mohon masukan dan saran positif pada kolom komentar untuk pengembangan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK BENDA MENGUNAKAN ALAT PERAGA KOTAK GAYA MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS VI SDN MUNCUL 03 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kotak Gaya

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK BENDA MENGUNAKAN ALAT PERAGA KOTAK GAYA MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS VI SDN MUNCUL 03 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CTL merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung lebih alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis selama satu semester ini, siswa kelas VI SD Negeri Muncul 03 2018/2019 memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa kelas VI sebelumnya. Mereka aktif namun kurang fokus dalam mengikuti pelajaran, selain itu apabila diberi tugas beberapa lebih suka berkeliling di dalam kelas untuk mencari tahu jawaban dari teman atau sekedar ngobrol dan bersendau gurau.

Dari latar belakang di atas agar tujuan pembelajaran cepat tercapai, siswa menjadi lebih mengerti dan membuat suasana menyenangkan dalam pembelajaran yang biasanya dianggap membosankan oleh siswa maka pembelajaran menggunakan alat peraga dengan pendekatan CTL cocok untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar siswa di kelas. Sehingga kebutuhan mereka bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman bisa terpenuhi.

Pada kesempatan ini, penulis telah mencoba menerapkan penggunaan alat peraga kotak gaya yang dibuat dari bahan-bahan bekas pada mata pelajaran IPA, kompetensi dasar “Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda”. Pada kompetensi dasar ini, materi sangat luas. Dengan menggunakan alat peraga kotak gaya diharapkan materi yang luas dapat dilaksanakan secara aktif, kreatif, efektif namun tetap menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post