Nefrizal

Menjadi pembelajar sejati.... Tuliskan apa yang kamu baca, baca apa yang kamu lihat. Lihat apa yang terlihat dan tersurat dengan mata kepala dan mata hati. Nis...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA MENCINTAI RASULULLAH SAW
Cara mencintai Nabi. Sumber : hidayatuna.com

CARA MENCINTAI RASULULLAH SAW

Oleh : Nefrizal, S.Pd

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya”. (Q.S. 33 Al Ahzab : 56)

Pernah pada suatu ketika ketika ruh Nabi Muhamad SAW akan dicabut oleh malaikat maut. Baginda rasul pun bertanya bagaimana umatnya “ ummati, ummati, ummati". Kalau baginda rasul telah tiada bagaimana nasib umatnya. Setelah diberi khabar gembira oleh malaikat bahwa tidak akan masuk surga seluruh umat sebelum umat Rasulullah SAW masuk surga seluruhnya. Begitu cintanya Rasul kepada kita umatnya. Lantas bagaimana cara kita mencintai rasulullah SAW?

Cara pertama kita mencintai rasulullah adalah bershalawat kepada beliau. Ayat 56 Surat Al Ahzab dalam Al-Quran inilah yang menyuruh kita untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Perintah untuk bershawalat ini sangat istimewa karena Allah SWT dan para malaikat pun ikut bershalawat kepada Nabi SAW. Perintah perintah dalam ajaran Islam disuruh untuk manusia sementara Allah SWT tidak melaksanakannya, tetapi untuk bershalawat Allah SWT dan para malaikat pun ikut mengerjakannya.

Rasulullah SAW sangat istimewa kedudukannya disisi Allah SWT karena itu Nabi Muhammad SAW diberi gelar oleh Allah sebagai habibullah “ kekasih Allah”. Dikarenakan itu pula Nabi SAW adalah pribadi yang bersih dari dosa setiap ada kesalahan yang dilakukan Rasulullah selalu dibimbing oleh Allah SWT, sehingga beliau SAW bersih dari kesalahan dan dosa. Walaupun begitu Rasulullah SAW selalu minta ampun dan bertobat lebih dari tujuh puluh kali sehari semalam. Disamping itu ibadah malam beliau selalu kerjakan sampai bengkak kakinya. Sehingga pernah Aisyah RA bertanya kepada baginda Nabi mengapa dia yang sudah dijamin masuk surga dan terbebas dari dosa tetapi ibadahnya luar biasa hebatnya. Rasulpun menjawab bahwa yang beliau lakukan sebagai rasa syukur beliau kepada Allah SWT.

Cara kedua adalah dengan mengikuti sunnahnya baik akhlak beliau kepada Allah SWT maupun akhlak beliau kepada sesama manusia. Ketinggian akhlak rasul ini pun dipuji oleh Allah SWT. Firman Allah SWT dalam QS al-Qalam ayat 4, “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berakhlak yang agung.”dan “ Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab : 21). Cara mengikuti akhlak Rasulullah SAW yaitu dengan membaca Al-Quran dan hadis Nabi karena dalam dua pedoman itulah terdapat banyak akhlak yang tercermin dari akhlak Rasulullah SAW. Pernah suatu ketika sahabat bertanya kepada Aisyah tentang akhlak Nabi maka Aisyah pun menjawab akhlak nabi adalah Al-Quran. Beliau diibaratkan Al-Quran yang berjalan.

Mengikuti sunah rasulpun adalah cara mencintai Nabi Muhammad SAW seperti mensyiarkan sunnah-sunnah beliau seperti memelihara jenggot bagi lelaki. Bersiwak, cara makan dan minum sampai hal-hal kecil seperti urusan masuk kamar mandi pun dicontohkan oleh rasul. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali telah rasul contohkan bagaimana sikap kita sebagai muslim. Tinggal kita membaca hadisnya tentu hadis sahih yang sudah banyak dibukukan sekarang. Artinya perbanyak literasi Al-Quran dan literasi hadis.

Bukittinggi, 30 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita bisa mengamalkan sunnah Sunnah Nabi dan termasuk yang mendapat kan syafaatnya, Aamiiiiin

30 Oct
Balas

Semoga bu.

31 Oct



search

New Post