Nefrizal

Menjadi pembelajar sejati.... Tuliskan apa yang kamu baca, baca apa yang kamu lihat. Lihat apa yang terlihat dan tersurat dengan mata kepala dan mata hati. Nis...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANFAAT BAWANG PUTIH SEBAGAI PESTISIDA ALAMI
Penyemprotan pestisida bawang putih.

MANFAAT BAWANG PUTIH SEBAGAI PESTISIDA ALAMI

Oleh : Nefrizal, S.Pd

Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih, apa lagi bagi emak-emak yang sering ke dapur menyiapkan makanan untuk keluarga. Bawang putih atau nama latinnya Allium Sativum banyak khasiatnya bagi kesehatan. Antara lain kandungan allicin pada bawang putih dapat mengurangi penyakit hipertensi dan menurunkan berat badan. Bagi bapak atau ibu yang mau diet, bawang putih ternyata bisa digunakan. Nah lho.

Selain manfaat diatas ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami yang bisa mengendalikan hama tanaman berupa serangga. Kandungan bawang putih memiliki sifat fungisida alami untuk mengendalikan jamur pada tanaman. Begitu banyak manfaat bawang putih ini sehingga penulis ingin berbagi dengan pembaca yang budiman dalam tulisan ini.

Cara meramu bawang putih menjadi pestisida alami sangat mudah sekali. Ambillah lima siung bawang putih ukuran sedang. Lepaskan kulit arinya sehingga bersih. Bawang putih ini ditumbuk halus atau diblender. Setelah ditumbuk halus campurkan dengan dua liter air bersih. Bisa juga dicampurkan dengan tumbukan daun pepaya, daun sirih atau daun sirsak. Kalau kelebihan campuran ini tidak masalah karena bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi jangan terlalu banyak ya. Setelah dicampurkan dengan air maka rendaman air ini kita diamkan selama lebih kurang 24 jam atau sehari semalam. Ini akan menyebabkan terjadinya fermentasi bawang putih.

Air rendaman tadi kita saring terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke alat penyemprotan. Larutan ini sudah dapat kita jadikan pestisida pengendali hama tanaman.Semprotakan cairan ini kepada tanaman yang diserang serangga atau ulat atau tanaman yang belum diserang hama. Air rendaman ini juga bisa digunakan oleh emak-emak untuk tanaman hiasnya agar tanaman hias terawat dengan baik. Selamat mencoba.

Bukittinggi, 26 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak. Siipp infonya.

27 Oct
Balas

Mantap tipsnya...

27 Oct
Balas

Terima kasih ulasannya sangat bermafaat

27 Oct
Balas

Ulasan informatif tentang manfaat bawang putih yang luar biasa pak. Terus berbagi dan menginspirasi. Sukses selalu

26 Oct
Balas

Terima kasih pak. Salam sukses untuk kita semua.

27 Oct



search

New Post