Nefrizal

Menjadi pembelajar sejati.... Tuliskan apa yang kamu baca, baca apa yang kamu lihat. Lihat apa yang terlihat dan tersurat dengan mata kepala dan mata hati. Nis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Training of Trainer MGMP SMK Sumatera Barat
Konsultasi setelah pelaksanaan TOT MGMP SMK ke Kacabdin Wilayah I

Training of Trainer MGMP SMK Sumatera Barat

TOT MGMP SMK Sumatera Barat

Awal Bulan September 2021 kemaren penulis diundang untuk mengikuti Training of Trainer (TOT) MGMP SMK Sumatera Barat. Walaupun masa kepengurusan MGMP Teknik Elektronika Kab. Agam yang penulis pimpin sudah berakhir tetapi penulis ditunjuk oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I untuk mengikutinya.

Kegiatannya berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 5 September 2021 di Hotel Rocky Padang. Sebelumnya penulis mengikuti tes swab terlebih dahulu di sebuah klinik di Bukittinggi. Alhamdulillah hasilnýa negatif. Penulis melanjutkan perjalanan ke Padang menuju tempat acara. Setelah sampai di hotel penulis langsung melaksanakan regustrasi secara online. Pelatihan untuk pengurus MGMP SMK merupakan rangkaian dari acara TOT MGMP SMA, SMK dan SLB se Sumatera Barat.

Pelatihan ini bertujuan bagaimana MGMP dikelola secara digitalisasi. Walaupun dalam kondisi pandemi hendaknya kegiatan MGMP tetap dapat berlanjut secara daring atau online salah satu caranya dengan membuat dan mengelola website MGMP.

Panitia acara mengemas pelatihan ini secara digitalisasi. Mulai dari registrasi, absensi dan tugas-tugas dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Google Workspace for Education (GWE) seperti membuat absen dengan google form, mengelola kelas dengan google classroom, membuat RPP hyperdocs, membuat sites, membuat slide dan menggabungkan dalam sebuah sites semua tugas-tugas tersebut.

Kegiatan berlangsung sampai jam 10 malam mengingat padatnya kegiatan dan materi yang dibutuhkan. Walaupun begitu semua peserta sangat menyukainya. Apalagi ada doorprize bagi peserta terbaik dari panitia. Acara dibuka dan ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid. GTK Bapak Suindra, S.Pd, MM.

Setelah selesai acara peserta tidak otomatis mendapatkan sertifikat tetapi harus membuat laporan diseminasi atau pengimbasan serta Rencana Tindak Lanjut (RTL). Waktu penyelesaian tugas ini diberikan selama 2 pekan. Salah satu dari RTL yaitu konsultasi dan laporan ke Kacabdin wilayah masing-masing. Termasuk penulis dan kawan-kawan pengurus MGMP masing-masing meminta arahan dan bimbingan dari Bapak Mardison, M.Pd selaku Kacabdin Wilayah I Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat. Setelah menyelesaikan laporan RTL akhirnya penulis mendapatkan sebuah sertifikat pelatihan.

Semoga dengan adanya pelatihan ini MGMP SMK dapat diberdayakan kembali dengan digitalisasi dan pengelolaan websites MGMP. Semoga.

Bukittinggi, 22 Oktober 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kegiatan yang keren sangat bermanfaat. Sukses dan berkah selalu, Pak. Semoga harapannya terwujud, aamiin.

09 Nov
Balas



search

New Post