Nelly Octovia Hefrita, S. Pd

Guru bidang studi IPA di SMPN 21 Sijunjung. Lahir di Balai Tangah sebuah nagari di Tanah Datar, Sumatera Barat pada tanggal 22 Oktober 1983. Puteri pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
IKHLAS

IKHLAS

#TantanganGurusiana hari ke-57

#Kolom

Oleh : Nelly Octovia Hefrita, S.Pd

Ikhlas, kata yang sangat mudah diucapkan tetapi sangat sulit untuk dijalani. Ikhlas menurut KBBI Daring adalah bersih hati/tulus hati, sementara menurut bahasa Arabnya ikhlas berarti pemurnian niat. Misalnya kalimat “menerima dengan ikhlas” berarti menerima dengan tulus tanpa adanya umpatan.

Tidak semua orang bisa untuk ikhlas dalam melakukan segala sesuatunya. Tidak semua orang bisa untuk ikhlas menerima apa yang telah terjadi atau telah ditetapkan. Padahal Allah SWT telah merencanakan yang terbaik untuknya. ketidak ikhlasan bisa menyebabkan hati tidak tenang, pikiran jadi kacau, makanpun terasa tidak enak, dan jiwa seperti dirasuki oleh setan. Tetapi sebaliknya, jika kita ikhlas dalam menjalan dan menerima suatu ketetapan, hidup akan terasa damai dan tenang.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 216 yang artinya : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Dari ayat di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwasanya kita harus ikhlas dan ridho dengan ketetapan Allah SWT, karena insyaAllah itulah yang terbaik untuk kita. Pada awalnya ikhlas memang terasa susah, tapi jangan berhenti, terus jalankan dan percayalah akhirnya akan terasa mudah.

Sungai Tambang, 16072020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang mencerahkan.

17 Jul
Balas

Tulisan Temanku gurusianer makin berkualitas, semoga berkah dan bertambah sukses

16 Jul
Balas

M syaa Allah tulisaannya mantul Bu. Barokallah...semoga keikhlasan mewarnai segala aktifitas kita ya Bu.

17 Jul
Balas

Keren. Smoga sy jg bisa mnulis sperti ibu

17 Jul
Balas



search

New Post