Neneng Detti Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA

LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA

Menyusun Laporan Alat Peraga

alat Peraga adalah alat yang di pergunakan untuk memperjelas kosep/teori /cara kerja tertentu yang di gunakan dalam proses pembelajaran.

alat peraga yang dilaporkan adalah sejenis alat pembelajaran sederhana yang berupa alat permainan pada pembelajaran. adapun sistematika laporannya adalah sebagai berikut :

1. Halaman Judul

LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA

PUZZEL

UNDANG-UNDANG DASAR NRGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

Di Buat Oleh :

Neneng Detti Mulyani,S.Pd

NIP. 197502192007102002

2. Halaman Pengesahan

LEMBAR PENGESAHAN

Telah mengesahkan

Disahkan di Cimahi

Pada Tanggal : 26 September 2022

Dra. Hj. Yeti Kurniati

3. Halaman Pernyataan

Surat Pernyataan

Nama Lengkap : Neneng Detti Mulyani,S.Pd

Saya dengan identitas yang tertulis di atas menyatakan bahwa karya saya yang berjudul puzzel Undang-Undang dasar Republik Indonesia Tahun 1945 adalah karya asli, tidak menjiplak/ mencontek karya orang lain. Dan karya tersebut tidak sedang diikutsertakan dalam perlombaan sejenis.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari saya terbukti telah melanggar ketentuan tersebut, maka saya bersedia di beri sanksi .

Cimahi, September 2022

Neneng Detti Mulyani,S.Pd

4. Kata Pengantar

Kata Pengantar

Alhamdulillah, Puji Syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan pembuatan alat peraga pembelajaran Sekolah dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Selama pembuatan alat peraga pembelajaran ini,saya banyak mendapatkan bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini, izinkanlah kami untuk menghaturkan terima kasih kepada :

1. Ibu Kepala MTs Fatahillah yang telah membimbing dalam pembuatan alat peraga inin

2. Rekan-rekan guru yang telah memberikan bantuan atas terselesaikannya media ini.

Akhir kata kami bermohon kehadirat Allah SWT, semoga segala bantuan yang diberikan merupakan amal saleh dan diberikan balasan oleh Allah SWT amin.

Saya yakin sepenuhnya, media pembelajaran ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Karena itu, saya mengharapkan kritik dan sarannya demi kesempurnaan media pembelajaran ini .

Penyusun

5. Daftar Isi

Daftar Isi

Halaman Pengesahan …………………………..............

i

Halaman Pernyataan ……................................................

ii

Kata Pengantar ……………………………....

iii

Daftar isi ……………………………

1

Daftar Gambar ……………………………………

2

BAB I

TUJUAN DAN MANFAAT PEMBUATAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN

3

BAB II

RANCANGAN /PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN

7

BAB III

BAB IV

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN DI MADRASAH

DANPAK PENGGUNAAN ALAT PERAGA

8

9

6. Daftar Gambar Fhoto

DAFTAR GAMBAR

1. Gambar I.1 Alat pembuatan alat Peraga

2. Gambar I.2 Bahan alat Peraga

3. Gambar II.3 Gambar II.3 kardus di potong sesuai pola

4. Gambar II.4 kardus di potong sesuai pola

5. Gambar II.5 kertas kado di lem ke kardus

6. Gambar II.6 Pemasangan bingkai pada papan

7. Gambar II.7 Papan Puzzel selesai di buat

8. Gambar II.8 Teks Print out di tempel ke kardus

9. Gambar III.9 Penyusunan puzzel

10. Gambar III.10 Penyusunan puzzel

11. Gambar III.11 Penyusunan puzzel

12. Gambar III.12 Penyusunan puzzel

13. Gambar III. 13 puzzel selesai di susun

14. Gambar III. 14 puzzel selesai di susun

15. Gambar III. 15 puzzel selesai di susun

16. Gambar III. 16 puzzel selesai di susun

7.

7. Tujuan A. Latar Belakang

Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respons yang diharapkan siswa ternasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.

B.Tujuan

Tujuan pembuatan alat peraga ini adalah memotivasi peserta didik supaya lebih semangat dalam belajar dan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran, terutama kompetensi dasar yang ada di bawah ini:

Memahami Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

8. MANFAAT

Diharapkan alat peraga ini bermanfaat untuk siswa

1. Dalam Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

2. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa

3. Meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari dan memahami UUD tahun 1945

3. Anak lebih kreatif dan aktif dalam kegiatan Belajar mengajar

9. Rancangan Dan Desain Alat Peraga

Alat dan Bahan:

a. Alat : gunting , lem , penggaris, pulpen, pinsil, penghapus

b. Bahan : kertas Kado , kertas HVS (print out teks UUD tahun 1945), Kardus Bekas

10. Prosedur Pembuatan Alat Peraga

Langkah-langkah Pembuatan :

1. Siapkan semua bahan di atas.

2. Siapkan pola untuk membuat papan dasar dan pinngiran puzzel, gunting kertas kado dan kardus bekas sesuai pola, terdiri papan dasar dan bingkai pinggiran.

3. Setelah itu tempelkan bingkai-bingkai dus dengan papan dasarnya setelah tertempel lapisi atau tempelkan kertas kado biar papan puzzel terlihat lebih menarik.

4. Siapkan kertas HVS atau print out teks UUD tahun 1945, agar menyesuaikan dengan papan Puzzel teks tersebut tempel di Dus yang di sesuaikan ukurannya.

5. Setelah tertempel gunting teks tersebut sesuai selera yang di inginkan

6. Pasangkan puzeel dengan papan pazzelnya. Puzzel siap dipergunakan

11. Penggunaan Alat dan Bahan

Alat peraga ini di pakai ketika menyampaikan materi macam-macam Pokok Pikiran Pembukaan UUD tahun 1945 adapun cara penggunaannya adalah sebagai beikut :

1. Guru menjelaskan dulu tujuan pembelajaran yang akan di capai dilanjutkan menjelaskan carapai alat peraga tersebut.

2. Siswa di bagi dalam 4 kelompokkelompok

3. . Perwakilan kelompok di persilahkan memilih/ mengambil puzzel yang sudah di buat

4. Ketua kelompok memimpin kelompoknya untuk menyusun puzzel tersebut

5. . Setelas puzzel tersusun dan bisa di baca, kelompok di beri tugas untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sudah di tugaskan, pertanyaan tersebut antara lain

a. Teks yang kelompok kalian dapat itu adalah potingan teksn alinea .....

b. Kemudian tuliskan makna dan pokok pikirannya, jelaskan

5. Setelah selesai kelompok di beri tugas membagi 2 kelompoknya untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya dengan metode window Solping/ bertamu, jadi ada yang berperan untuk keliling mempresentasikan pekerjaanya, sementara yang kelompok satunya bertugas diam di kelompoknya untuk menerima tamu/ kelompok lain yang datang, di lakukan secara bergantian/keliling sampai seluruh kelompok terkunjungi.

6. Setelah selesai berkeliling, anggota kelompok yang menerima tamu menyampaikan jawaban dari kelompok yang datang ke kelompoknya, kepada temannya yang baru datang berkeliling

7. kompirmasi

8. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dari hasil kegiatan pada waktu itu

9. Jawaban kelompok di kumpulkan.

12. Dampak Peningkatan prosews Pembelajaran

Setelah pelaksanaan game puzzel siswa-siswi MTs Pada kelas 9, ada perubahan minat belajar pada siswa, yang awalnya tidak menarik akhirnya siswa sangat antusiah dalam pembelajaran PPKn.Siswa mudah memahami tentang makna Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD tahun 1945.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post