Neneng Kania Susi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi MIngguan Modul 3.3 (2)

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Halo bapak ibu guru hebat.

Saya Neneng Kania Susi CGP Angkatan 7 Kabupaten Bogor. Saya akan menceritakan tentang hasil refleksi saya mengenai modul 3.3 “Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid” yang sudah saya pelajari. Saya merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F/4P. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerpan saya dari modul 3.3 ini. Berikut hasil refleksi saya yang tertuang pada model refleksi 4F/4P.

1. Facts/Peristiwa

Modul 3.3 ini merupakan modul terakhir yang saya pelajari pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7. Pada Jurnal refleksi ini saya akan merefleksikan kegiatan yang saya lakukan mulai tanggal 2 Mei 2023 sampai 3 Juni 2023. Kegiatan Modul 3.3 pada alur MERDEKA dilanjutkan dengan tahap ruang kolaborasi. Pada tahapan ruang kolaborasi yang kesatu ini saya bersama rekan CGP saya mengikuti kegiatan Gmeet bersama fasilitator Ibu Rina Ningsih, M.Pd. Pada tahap ini, ibu fasilitator menguatkan lagi pengetahuan yang telah saya eksplor pada tahap eksplorasi konse. Setelah itu, saya bersama teman CGP dikelompokkan dan berdikusi kelompok untuk membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Saya bersama tiga orang rekan kelompok saya berdiskusi membuat sebuah program yang disebut Satu Minggu Satu Buku (SaMiSaBu). Kegiatan ini merupakan kegiatan literasi yang diterapkan di sekolah khusus untuk kelas V SD. Program ini dibuat karena melihat kurangnya minat membaca murid serta hasil nilai dari AKM. Setelah berdiskusi kelompok dilanjutkan kembali ke room utama dan melaksanakan refleksi kegiatan ruang kolaborasi. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan pada tanggal 24 Mei 2023 masih di ruang kolaborasi. Ruang kolaborasi yang kedua ini, saya bersama teman-teman CGP mempresentasikan hasil diskusi kami. Selain itu, kami juga saling memberikan umpan balik dan pertanyaan terhadap hasil diskusi setiap kelompok. Setelah itu, dilanjut dengan tahapan demonstrasi kontekstual. Pada kegiatan DK ini, saya membuat video mengenai kerangka BAGJA untuk perencanaan program ko kurikuler yang direncanakan. Saya merancang sebuah program yang berdampak positif dan dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yaitu Program Kebunku Berkahku (BuKa). Kegiatan ini dirancang untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dan profil pelajar pancasila murid yaitu kepedulian, kemandirian, serta jiwa wira usaha murid. Program tersebut merupakan program untuk memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah yaitu kebun sekolah. Kemudian kebun tersebut ditanami bayam dan setelah bayam itu dipanen akan diolah menjadi sistik bayam dan dijual. Hasil penjualan sistik bayam tersebut akan digunakan untuk membantu anak yatim atau murid yang kurang mampu untuk membeli peralatan sekolah. Kegiatan selanjutnya saya memasuki alur elaborasi pemahaman. Pada kegiatan ini, saya membuat pertanyaan terlebih dahulu untuk instruktur di LMS. Kemudian keesokan harinya lanjut kegiatan elaborasi pemahaman bersama instruktur melalui media Gmeet. Pada tahapan ini, saya mendapatkan banyak pemahaman baru mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid. Kegiatan selanjutnya yaitu koneksi antar materi. Saya mengaitkan intisari materi pada modul 3.3 ini dengan modul-modul sebelumnya. Pemahaman saya menjadi lebih bertambah setelah melakukan koneksi antar materi ini. Kegiatan selanjutnya adalah aksi nyata. Saya melakukan aksi nyata dengan mengimplementasikan tahapan BAGJA yaitu B dan A (Buat pertanyaan dan Ambil Pelajaran). Saya melakukan diskusi bersama kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua dalam melaksanakan tahapan buat pertanyaan dan ambil pelajaran. Kegiatan selanjutnya yaitu lokakarya 5. Saya mengikuti kegiatan Lokakarya 5 pada tanggal 3 Juni 2023 di SDN Cipayung Cibinong Kabupaten Bogor. Kegiatan lokakarya ini sangat bermakna dan bermanfaat. Pada kegiatan ini saya mendapatkan banyak pengetahuan baru dan pengalaman dalam implementasi tahapan BAGJA khususnya buat pertanyaan, ambil pelajaran, dan gali mimpi. Kegiatan dilaksanakan sampai pukul 16.00. Kegiatan lokakarya ini saya bersama teman-teman CGP melakukan diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi mengenai implementasi tahapan BAGJA.

2. Feelings/Perasaan

Perasaan saya dalam mempelajari modul 3.3 ini yaitu saya merasa sangat senang dan antusias. Saya merasa senang karena saya mendapatkan ilmu yang baru mengenai pengelolaan sekolah dalam hal ini khusunya program sekolah yang berdampak positif bagi murid. Selain senang, saya juga merasa antusias. Saya merasa antusias untuk segera melaksanakan kegiatan yang berdampak positif bagi murid dan mengimplementasikan tahapan BAGJA.

3. Findings/Pembelajaran

Hal yang bermanfaat yang saya dapatkan pada modul ini adalah saya mendapatkan ilmu mengenai kepemimpinan murid, menumbuhkembangkan kepemimpinan murid (suara, pilihan, dan kepemilikan), kepemimpinan murid dan profil pelajar pancasila, lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, serta peran keterlibatan komunitas dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Dalam modul ini saya mendapatkan pembelajaran bagaimana saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dengan membuat program yang mendukung hal tersebut.

4. Future/Penerapan

Penerapan di masa mendatang, sebagai pemimpin pembelajaran saya akan melaksanakan kegiatan diseminasi mengenai modul ini di sekolah kepada kepala sekolah beserta dewan guru. Kemudian saya akan mencoba membuat program-program berdampak pada murid yang bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat dan menjadi semangat untuk kita semua guru hebat Indonesia.

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak Indonesia Maju

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post