Neneng Kania Susi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Refleksi Dwi MIngguan Modul 1.3

Neneng Kania Susi, S.Pd

Guru di SD Negeri Sukamaju 08 Kabupaten Bogor

CGP Angkatan 7 Kabupaten Bogor

Halo bapak ibu guru se-Indonesia. Salam kenal saya Neneng Kania Susi, S.Pd. Di sini saya akan menguraikan Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.3 tentang guru penggereak. Refleksi Dwi Mingguan ini dibuat dengan menggunakan model 4F. Refleksi ini menceritakan pengalaman saya selama mempelajai modul 1.3.

1. Peristiwa (Facts)

Setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 kami mempelajari modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Rangkaian kegiatan dilaksanakan sesuai dengan tahapan MERDEKA. Diawali dengan Mulai dari diri pada tanggal 22 November 2022 yaitu dengan merefleksi mandiri mengenai imaji kita terhadap murid, melengkapi kalimat rumpang menjadi sebuah paragraf utuh tentang visi, dan terakhir merinci visi. Setelah itu tanggal 23 dan 24 November 2022 dilanjutkan dengan eksplorasi konsep mengenai visi, inkuiri apresiatif (IA), prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA. Visi adalah representasi positif mengenai gambaran masa depan. Visi merupakan representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan dimasa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya. Visi dapat dirancang dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Pendekatan Inkuri apresiatif merupakan suatu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Dalam implementasinya IA ini diawali dengan menggali hal-hal positif yang dimiliki setiap warga sekolah. Setelah itu visi dirancang. Visi yang sudah dibuat kemudian dijabarkan dalam pernyataan prakarsa perubahan. Untuk menerapkan pendekatan inkuiri apresiatif maka kita harus menerapkan tahapan kemudian tahapan BAGJA supaya visi yang telah dirancang dapat dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah.

Tahapan kegiatan selanjutnya yaitu ruang kolaborasi tanggal 25 November. Dalam ruang kolaborasi kami diberikan pemahaman materi oleh fasilitator dan melakukan diskusi kelompok bersama rekan CGP mengenai visi guru penggerak.

Hari minggu tanggal 27 November 2022 saya mengikuti kegiatan Lokakarya 1 di SDN Pajeleran Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti pembukaan yang dibuka langsung oleh ketua BBGP Provinsi Jawa Barat. Kemudian setelah melakukan kegiatan pembukaan langsung kegiatan inti lokakarya. Kegiatan lokakarya dikemas dengan beberapa permainan dan diskusi kelompok sehingga kita mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang materi menggerakkan komunitas praktisi. Banyak sharing ilmu dan pengalaman dari bapak ibu CGP lain serta para pengajar praktik.

Kegiatan dilanjutkan dengan ruang kolaborasi yang kedua yaitu tanggal 28 November 2022. Pada kegiatan ini kita melakukan presentasi hasil diskusi bersama kelompok mengenai Visi Guru Penggerak, Pernyataan Prakarsa Perubahan dan Tahapan BAGJA yang dibuat bersama kelompok. Selain itu juga kami melakukan tanya jawab dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain. Tanggal 29 sampai 30 November 2022 saya mleaksanakan kegiatan demonstrasi kontekstual dimana saya membuat sebuah rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA yang saya tuangkan dalam sebuah video. Kegiatan selanjutnya adalah elaborasi pemahaman dilaksanakan tanggal 1 Desember 2022 dimana saya mebuat 1 pertanyaan di LMS tentang visi guru penggerak. Tanggal 2 Desember 2022 kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti kegiatan tatap maya lewat Vicon GMeet dengan Instruktur Bapak Nana Suryana. Dalam kegiatan ini syaa mendapatkan banyak ilmu serta pemahaman tentang materi pada modul 1.3. Setelah melakukan elaborasi pemahaman dilanjutkan kegiatan koneksi antar materi. Saya membuat sebuah video tentang koneksi antar materi pada modul 1.2, 1.2, dan 1.3. Kegiatan yang terakhir yaitu aksi nyata yang dilaksanakan pada hari senin, 5 Desember 2022.Dalam kegiatan ini saya menjalankan rencana manajemen perubahan yang sudah dibuat.

2. Perasaan (Feelings)

Perasaan saya ketika mempelajari modul 1.3 dan mengikuti kegiatan dalam tahapan MERDEKA di LMS yaitu saya merasa senang, lebih bersemangat, dan tertantang. Saya merasa senang dan bersemangat karena mendapat ilmu serta pengalaman baru tentang menyusun visi. Saya merasa tertantang juga karena saya harus mencoba menyusun visi dengan mencari terlebih dahulu hal-hal positif yang dimiliki oleh sekolah dan siswa di sekolah. Selain itu saya juga harus menyusun kegiatan-kegiatan di sekolah untuk mencapai visi tersebut.

3. Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang saya dapatkan dalam mempelajari modul 1.3 ini yaitu syaa jadi memahami proses penyusunan visi yang dilakukan dngan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif. Dimana dalam penyusunan visi kita harus mengidentifikasi hal-hal positif yang dimiliki sekolah dan siswa termasuk. Pelajaran lain yang saya dapatkan yaitu tentang membuat pernyataan prakarsa perubahan serta Tahapan BAGJA untuk penyusunan dan pelaksanaan Visi.

4. Perubahan (Future)

Visi sekolah biasanya dibuat dengan turun temurun dari tahun-tahun sbeelumnya. Sepengaaman saya visi seklah hanya dibuat oleh kepala sekolah dan salah satu guru yang menyusun kurikulum. Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya akan mencoba membuat perubahan dalam penyusunan visi. Perubahan yang akan saya lakukan terlebih dahulu adalah mengidentifikasi hal-hal positif yang ada di dalam diri siswa sehingga menjadi aset yang baik untuk sekolah, berkolaborasi dengan rekan guru, kepala sekolah, komite, dan warga sekolah lainnya untuk penyusunan visi dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Saya juga akan menggunakan hal positif yang ada dalam diri siswa untuk melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada siswa dan melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

Demikian Jurnal Dwi Mingguan yang telah saya tulis ini. Semoga dapat bermanfaat bagi diri saya pribadi serta bagi pembaca. Saya meminta kritik dan sarannya kepada paa pembaca untuk perbaikan tulisan saya ke depannya. Terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menginspirasi, Bu Neneng. Sukses selalu.Salam literasi

12 Dec
Balas



search

New Post