Neneng Noeraeni A, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Asyik, Tulisanku terpajang di Mading!

Asyik, Tulisanku terpajang di Mading!

Menuangkan ide kedalam tulisan tidaklah gampang. Hal ini lah yang dirasakan oleh kebanyakan siswa di sekolah. Ditambah lagi tidak adanya dorongan untuk membuat menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bagaimana caranya agar siswa mau menulis?. saya yakin pasti banyak guru yang menggunakan media gambar untuk memudahkan siswa menyusun ide untuk tulisannya. Tapi bagaimana kalau siswa merasa sulit untuk memulai menulis?, arahkan mereka untuk menulis kata - kata yang ada dipikiran mereka. Bebaskanlah mereka untuk mengeksplore idenya sendiri. Setelah itu, coba ajak siswa untuk mengkaitkan kata – kata yang ditulisnya menjadi sebuah kalimat yang utuh. Jika itu masih dirasa sulit, berilah siswa beberapa pertanyaan, arahkan mereka untuk menjawabnya. Susunlah jawaban dari pertanyaan tersebut menjadi sebuah paragraf yang utuh.

Lalu, dikemanakan tulisan mereka?, ada baiknya jika seorang guru menyediakan mading di dalam kelasnya, gunanya untuk memamerkan hasil tulisan siswa. Media itu kita gunakan sebagai wujud apresiasi kita terhadap tulisan mereka. Siswa yang tulisannya terpajang akan merasa sangat termotivasi untuk menulis lebih baik lagi. Hal itu dirasakan oleh siswa kelas delapan di SMP PGRI 246 Curug. Mading kelas menciptakan suasana yang berbeda di ruang kelas mereka. Mereka merasa lebih antusias untuk memberikan tulisan terbaik agar tulisan mereka dapat dimuat di mading kelas. Selain itu, mading kelas mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada diri siswa untuk menyusun ide mereka ke dalam tulisan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul...bu guru. Menginspirasi. Lanjutkan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bu guru.

08 Aug
Balas

Salam sehat Dan sukses selalu buat ibu Raihana Rasyid

08 Aug

Semoga terbaca oleh guru-guru yang lain...

08 Aug
Balas



search

New Post