Neni Triani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Promosikan Produkmu!

Promosikan Produkmu!

 

MODUL

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

   “PROMOSIKAN PRODUKMU!”

KELAS XI

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

PENYUSUN

Neni Triani, S.Pd

NIP.198005072005012005

 

 

 

 

 

MAN KOTA CIMAHI

2023 

LEMBAR PENGESAHAN

 

Modul Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI Promosikan Usahamu!

 

 

Oleh :

Neni Triani, S.Pd

NIP. 198005072005012005

 

 

Modul ini disusun sebagai pendamping buku teks pelajaran pada mata pelajaran PKWU Kelas XI

 

 

 

 

 

 

Dinyatakan dapat Digunakan

 

 

 

Disahkan pada tanggal 12 Mei 2023

 

 

Mengetahui,

Kepala MAN Kota Cimahi                             Kepala Perpustakaan         

 

 

 

 

Drs. H. Rudaya, M.M.Pd                                    Diah Ernawati, S.P

              NIP.196309121991031001                                 NIP.197103121999032002

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

PENYUSUN..............................................................................................................................................ii

DAFTAR ISI .............................................................................................................................................iii

GLOSARIUM...........................................................................................................................................iiv

PETA KONSEP...........................................................................................................................................v

PENDAHULUAN ..................................................................................................................................... 1

A. Identitas Modul................................................................................................................................. 1

B. Kompetensi Dasar.............................................................................................................................. 1

C. Deskripsi Singkat Materi ................................................................................................................... 1

D. Petunjuk Penggunaan Modul............................................................................................................ 2

E. Materi Pembelajaran.......................................................................................................................... 2

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 ................................................................................................................. 3

A. Tujuan Pembelajaran......................................................................................................................... 3

B. Uraian Materi.................................................................................................................................... 3

C. Rangkuman........................................................................................................................................ 8

D. Penugasan Mandiri ........................................................................................................................... 8

E. Latihan Soal ....................................................................................................................................... 8

F. Penilaian Diri .....................................................................................................................................10

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 ...............................................................................................................11

A. Tujuan Pembelajaran........................................................................................................................11

B. Uraian Materi....................................................................................................................................11

C. Rangkuman.......................................................................................................................................12

D. Latihan Soal .....................................................................................................................................13

E. Penilaian Diri ....................................................................................................................................14

EVALUASI...............................................................................................................................................27KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN EVALUASI ……………....................................................................31

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................................................. vi

 

 

 

GLOSARIUM

 

Promosi : Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut

 

Periklanan (Advertising) : Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

 

Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) : Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

 

Publisitas (Publisity) : Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).

 

Promosi Penjualan (Sales promotion) : Suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

 

Pemasaran Langsung (Direct marketing) : Suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.

 

ATL (Above The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.

 

BTL (Below The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.

 

 

 

 

 

 

 

PETA KONSEP

 

 

 

Pengertian, Manfaat Strategi Promosi

Penjualan Produk Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang.

   

 

 

 

 

 

 

 

Menganalisis Strategi Promosi Produk Usaha

Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

 

 

 

 

Mengatur Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

A. Identitas Modul

Mata Pelajaran            : Prakarya dan Kewirausahaan

Kelas                               : XI (sebelas)

Alokasi Waktu              : 4 JP (2 pertemuan)

Judul Modul                 : Promosikan Produkmu!

 

B. Kompetensi Dasar

3. 9 Menganalisis strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

4. 9  Melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

 

C. Deskripsi Singkat Materi

                Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran atau buku sekolah elektronik  sebagai media pendukung dalam memahami materi tentang strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

                Materi strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang adalah materi yang sangat penting dan harus dikuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

D. Petunjuk Penggunaan Modul

1.    Pelajari modul strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang ini secara berurutan.

2.    Baca peta konsep materi dan pahami isinya

3.    Kerjakan soal latihan dan tugas yang ada

4.    Lakukan penilaian diri

5.    Kerjakan soal evaluasi di akhir materi pembelajaran

6.    Gunakan alat, bahan dan media sesuai yang tercantum pada setiap penugasan.

7.    Gunakan juga berbagai sumber literasi yang mendukung atau terkait dengan materi pembelajaran.

8.    Mintalah bimbingan guru mata pelajaran jika menemukan kesulitan dalam memahami materi modul.

9.    Apabila Anda mampu menyelesaian 80% dari semua materi dan penugasan maka Anda dapat dikatakan tuntas belajar modul ini.

10.Waktu yang diperlukan dalam menggunakan modul adalah 4 jam, dengan rincian:

Kegiatan Belajar I memerlukan waktu:    2 jam.

Kegiatan Belajar II memerlukan waktu:   2 jam.

 

E. Materi Pembelajaran

Modul  ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran :

Pembelajaran 1 :  Mempelajari pengertian dan manfaat promosi penjualan produk usaha kerajinan berbentuk bangun ruang.

Pembelajaran 2 : Mempelajari strategi promosi usaha

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pembelajaran 1

 

Pengertian, Manfaat Strategi Promosi

Penjualan Produk Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang.

 

 

A. Tujuan Pembelajaran

                Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran 1 diharapkan dapat memahami pengertian promosi untuk menyusun strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

 

B. Uraian Materi

Pengertian Promosi

                Kata promosi pasti sudah sering sekali kita lihat dan dengar setiap hari, mulai dari obrolan teman atau keluarga, media cetak, papan reklame, billboard di jalan, radio, televisi, internet, dan masih banyak lagi. Tetapi mungkin masih banyak orang yang belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi, jenis-jenisnya, manfaat, dan contoh-contoh kongkret mengenai promosi ini.

                Promosi dalam pengertian usaha menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti sebuah usaha perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya), atau dapat diartikan suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

                Dari pengertian tersebut dapat dilihat bahwa kata utama yang menjadi inti dari promosi adalah "kenal" yang jika diimbuhi kata kerja menjadi "memperkenalkan”, cobalah untuk membayangkan bagaimana ketika kita ingin mengenal sesuatu? apa yang diinginkan untuk mengenal sesuatu? Bagaimana kita mengenal sesuatu?.

                Pada intinya promosi menurut (Trada Lardiatama, 2020) adalah promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.

                Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga (Simamora, 2003:285).

                Adapun tujuan dari pada perusahaan melakukan promosi menurut Tjiptono (2001:221) adalah menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding) pelanggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

                Menurut Sistaningrum (2020:98) tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi/membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

 

Manfaat Promosi

                Berikut ini alasan promosi harus dilakukan :

1. Memperkenalkan Diri

                Memperkenalkan produk usaha kalian di masyarakat secara luas, hal ini sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha karena dengan dikenalnya sebuah produk maka memungkinkan kalian akan menarik minat lebih banyak calon konsumen. Cobalah melihat salah satu bentuk promosi yang dilakukan salah satu produk ber-merek “Mastin”, bagaimana mereka berusaha memperkenalkan produk mereka dengan lagu yang liriknya begitu tertanam di benak kita “kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya..” begitulah kira-kira bunyi lirik iklan mereka. Terdengar sederhana namun cukup efektif memperkenalkan kita pada produk tersebut.

2. Mempengaruhi dan Membujuk

                Promosi bukan hanya berperan sebagai informasi produk usaha namun juga sebagai alat pembujuk calon konsumen untuk tertarik membeli produk kita. Oleh karena itu promosi harus dapat dibangun sedemikian rupa agar dapat membujuk calon kondumen kalian. Dalam sebuah acara promosi di televisi kita dapat menyaksikan proses pembujukan ini secara gambling dan adapula yang tersirat/terselubung. Seperti contoh iklan sebuah perumahan yang memberikan batas waktu “Senin harga naik”, atau memberitahukan promo atau diskon yang masa berlakuknya terbatas adalah salah satu metode membujuk konsumen untuk dapat segera membeli produk usaha tersebut.

3. Mengingatkan

                Efek dari seringnya sebuah produk dipromosikan dengan berbagai cara yang menarik bahkan ada kalanya membuat kosakata yang asing, konsumen terkadang sering diingatkan pada produk tersebut.  Dengan mendengar kata tersebut konsumen seolah diingatkan kembali akan keunggulan produk tersebut dengan harapan untuk terus mengkonsumsi produk tersebut.

                Ada lima jenis kegiatan promosi (Kotler, 2001:98-100), antara lain:

1.     Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

2.     Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

3.     Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).

4.     Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

5.     Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.

 

                Rossiter dan Percy (dalam Tjiptono, 2002:222) mengklasifikasikan tujuan promosi sebagai efek dari komunikasi sebagai berikut :

1.    Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).

2.    Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness).

3.    Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude).

4.    Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention).

5.    Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation).

6.    Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).

 

Mengenal  ATL dan BTL

                ATL merupakan singkatan dari dari above the line yang merupakan aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan. Sementara BTL adalah singkatan dari below the line yang merupakan aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk, contohnya program diskon dan uji coba gratis.

                ATL biasanya digunakan untuk membangun merek atau brand sementara BTL digunakan dalam program penjualan. Mengapa ATL dan BTL penting?, karena dengan brand dalam usaha pelanggan dapat mengetahui produk kita dan berpotensi untuk membelinya.

                Setelah membaca penjelasan di atas, kini kalian dapat memahami bagaimana pentingnya kegiatan promosi dalam berbisnis. Lalu, bagaimana cara memilih strategi promosi yang efektif dan efisien? Akan di bahas pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

 

C. Rangkuman

                Promosi adalah sebuah usaha perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya) KBBI.

                Tujuan promosi menurut Tjiptono ada tiga, menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding).

                Tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah untuk memperkenalkan diri, membujuk,

modifikasi/membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan

perusahaan yang bersangkutan.

                5 Kegiatan promosi menurut Kotler:

1. Periklanan (Advertising)

2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

3. Publisitas (Publisity)

4. Promosi Penjualan (Sales promotion)

5. Pemasaran Langsung (Direct marketing)

                Klasifikasi menurut Rossiter dan Percy tentang tujuan promosi sebagai efek dari komunikasi:

1. category need

2. brand awareness

3. brand attitude

4. brand purchase intention

5. purchase facilitation

6. positioning

                ATL (Above The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.

                BTL (Below The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.

 

D. Latihan Soal

1. Milhan mencoba menawarkan produknya secara tatap muka langsung disebuah pasar dekat rumahnya, metode promosi ini masuk kedalam kategori...

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity d. Sales promotion

e. Direct marketing

2. Yang bukan merupakan tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah ...

a. memperkenalkan diri

b. membujuk

c. mamaksa

d. modifikasi dan membentuk tingkah laku

e. mengingatkan.

3. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk merupakan pengertian dari ...

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase

intention

e. purchase facilitation

4. Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) adalah pengertian dari ...

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity d. Sales promotion

e. Direct marketing

5. Leni membangun promosinya melalui iklan di berbagai media, metode yang digunakan oleh leni disebut dengan...

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

d. Sales promotion

e. Direct marketing

Kunci Jawaban :

1. B

2. C

3. D

4. C

5. A

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

Membuat Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang

 

A. Tujuan Pembelajaran

                Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan dapat membuat sebuah strategi promosi untuk produk usaha kerajinan berbentuk bangun ruang.

B. Uraian Materi

                Seperti halnya permainan sepak bola dimana terdapat sebuah strategi yang dipakai tim dalam membangun serangan guna memenangkan sebuah pertandingan, strategi dalam usaha juga diperlukan untuk memenangkan persaingan dagang antar produsen. Strategi pemasaran akan membantu kalian membuat keputusan yang tepat tentang upaya kalian dalam memfokuskan elemen pemasaran yang paling relevan untuk usaha kalian. Hal ini merupakan langkah pertama yang penting untuk memahami bagaimana pasar yang terus berkembang terkait dengan usaha kalian dan bagaimana pengaruh hubungan antara bisnis atau merek kalian dengan pelanggan dan calon pelanggan kalian. Lalu apa itu strategi?

                Strategi menurut definisi KBBI adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; maka sudah jelas bahwa strategi disusun untuk sebuah tujuan dan sasaran yang khusus secara spesifik. Bagaimana caranya Menyusun strategi promosi? Awalilah membangun strategi dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, Bagaimana cara merumuskan strategi promosi? Bagaimana cara meyakinkan pengambil keputusan bahwa sekaranglah waktu yang tepat untuk berinvestasi pada produk kalian? Apakah pelanggan saya siap untuk strategi pemasaran saya?

                Keputusan dalam menerapkan strategi promosi penjualan seringkali dirasa begitu rumit, kompleks dan terlalu luas, tetapi pada dasarnya semua itu berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Objective Setting (Pengaturan Tujuan)

Apa tujuan spesifik dan terukur dari strategi promosi?

Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya)

Berapa banyak dana yang dialokasikan untuk kegiatan promosi penjualan danpemasaran?

Options (Pilihan)

Bentuk promosi mana yang paling sesuai untuk usaha kalian dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan?

Promotional mix (Promosi Campuran)

Bagaimana beragam pilihan promosi dapat digabungkan sehingga menghasilkan perpaduan yang baik dan sinergis?

Campaign Design (Desain Kampanye)

Bagaimana kampanye promosi usaha kalian diberi tema, dipasarkan, dan dioperasikan?

Timing, duration, scheduling, and frequency (Waktu, durasi, penjadwalan, dan frekuensi)

Jadwal kegiatan promosi kalian meliputi Kapan, dimana dan mengapa? Bagaimana promosi dikelola dan dikoordinasikan antar divisi dari waktu ke waktu agar dapat menyeimbangkan penawaran dan menghindari pelanggan kebingungan dan kelelahan akan promosi yang membosankan.

Agency involvement (Keterlibatan Agensi)

Apakah promosi penjualan dirancang dan dikelola secara mandiri, atau menggunakan agen spesialis?

Stakeholder involvement (Keterlibatan pemangku kepentingan)

Tingkat feedback (umpan balik) dan keterlibatan apa yang dicari dari pemangku kepentingan terkait dengan penawaran promosi, misal: departemen, kantor, manajer toko, atau pewaralaba?

Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok)

Apakah pemasok terlibat dalam keputusan pembuatan kampanye promosi usaha kalian, dan bagaimana berbagai promosi yang dilakukan pemasok dapat dinilai dan terkoordinasi?

Implementation (Implementasi)

Siapa yang bertanggung jawab atas aktivasi kampanye promosi dan pengelolaannya?

Evaluation (Evaluasi)

Tindakan apa yang digunakan untuk menilai dampak promosi terhadap tujuan dan bagaimana kalian dapat menjadikan pembelajaran bagi kegiatan promosi di masa depan?

                Tidak peduli bisnis apa yang digeluti maka pertaruhan yang cukup aman adalah bahwa semakin banyaknya target pasar, maka kalian dapat mengandalkan teknologi digital yang telah berkembang saat ini untuk setiap hari meneliti, mengevaluasi dan membeli produk dan layanan yang pelanggan konsumsi. Tanpa strategi keterlibatan dan retensi yang terhubung secara langsung melalui saluran digital, bisnis kalian akan kehilangan peluang emas dan yang terburuk dan dapat tertinggal dari pesaing kalian.

                Pemasaran melalui platform digital untuk ssaat ini dapat memperluas cakupan pemasaran kalian dalam mencapai dan mempersempit fokus calon pelanggan pada saat bersamaan. Dengan menggunakan saluran digital kalian dapat mengatasi kendala tradisional seperti masalah secara geografi(lokasi) dan zona waktu untuk terhubung dengan calon pelanggan yang lebih luas. Pada saat yang sama, digital teknologi memungkinkan kalian untuk mengasah pemasaran kalian secara tepat untuk menargetkan segmen yang sangat spesifik dalam pasar yang lebih luas.

                Promosi dengan menggunakan media digital jika diterapkan secara efektif Bersama dengan promosi secara tradisional dapat menjadi kombinasi yang sangat kuat. Walaupun seringkali dikatakan bahwa internet membuat konsumen memegang kendali lebih dari pola sebelumnya, namun penting juga untuk diingat bahwa internet juga menghasilkan seperangkat alat, teknik, dan taktik yang memungkinkan wirausaha untuk menjangkau dan terlibat dengan konsumen.

                Kalian juga dapat menggunakan strategi promosi yang mulai digunakan di era saat ini, selain karena memiliki dampak yang luas strategi ini juga minim buget. Ini akan sangat cocok untuk kalian yang baru memulai usaha di usia dini, strategi tersebut antara lain:

Membuat Website atau Toko Online

                Membuat website sepertinya menjadi sebuah keharusan untuk mempromosikan usaha di era digital seperti sekarang. Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Jika kalian tidak memiliki kemampuan dalam membuat wesite ataupun tidak dapat membeli domain website berbayar, kalian dapat memanfaatkan "Blog" gratis sebagai langkah alternatif yang sangat cocok dilakukan oleh bisnis yang memiliki budget ketat.

                 Kalian bisa memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan pada situs Internet sebagai cara promosi produk jasa, atau membeli domain dengan harga yang relative murah untuk memiliki akses yang lebih besar dari pihak yang menyediakan jasa tersebut dan mulai mengelolanya.

Menggunakan Social Media

                Dengan menggunakan social media cara promosi bisa lebih mudah, cepat, dan efisien. Kalian dapat menggunakan media social seperti Instagram, line, twitter, facebook, tiktok yang kini sudah menyediakan room untuk jual beli (market place).

Membuat Channel Youtube

                Platform yang satu ini begitu populer dikalangan masyarakat semenjak biaya internet untuk kuota data semakin terjangkau, bahkan ditempat-tempat khusus mulai sering disediakan jaringan internet gratis. Hal ini membuat youtube menjadi media yang sangat mungkin untuk dijadikan bahan promosi, hal ini pula yang menginspirasi strategi promosi masa kini menggunakan gambar bergerak berupa animasi, motion grpahic hingga vlog. Membuat tampilan promosi dengan menggunakan media video dirasa sangat efekti dan memiliki dampak yang signifikan dan tentunya dalam platform youtube ini kalian tidak memerlukan biaya dalam membuat akun. Melalui video usaha dapat lebih detail ditampilkan, mulai dari keterangan produk yang biasa disampaikan melalui brosur maupun bentuk dan review produk tersebut.

Menggunakan sarana iklan gratis

                Media internet yang begitu luas dan tanpa batas menawarkan berbagai kemudahan bagi kalian dalam menemukan sarana beriklan gratis. Sudah banyak situs-sius yang menawarkan iklan gratis tentunya dengan timbal balik yang jelas dan pantas.

                Biasanya anggota situs tersebut diminta untuk mendaftarkan produknya dan menulis penawaran produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Memanfaatkan Ojek Online

                Dengan berkembangnya teknologi transportasi di Indonesia seperti ojek online yang kian menjamur, pilihan promosi menggunakan ojek online ini juga dapat dijadikan pilihan dalam memasarkan produk kalian. Bagaimana caranya? kalian dapat menggunakan Ojek Online Advertising (berikalan melalui driver ojek), tentunya kalian sering melihat stiker pada mobil driver ojek online ataupun pengendara ojek motor yang menggunakan papan iklan dibelakang kendaraannya. Kenapa media ini dianggap efektif? media ini dianggap efektif khususnya dikota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi, dengan kemacetan yang terjadi maka iklan kalian akan sangat mungkin tersampaikan oleh calon pelanggan.

                Salah satu layanan advertising jenis ini yang bisa kalian gunakan adalah “Ubiklan”, startup Car Advertising yang meluncurkan layanannya sejak tahun 2016. Ubiklan sendiri memiliki berbagai pilihan pemasangan iklan mobil, mulai dari bodi mobil bagian belakang (partial), pintu kanan-kiri (side), kap mobil depan (front), dan kaca mobil belakang (back).

                Itulah beberapa strategi promosi yang dapat kalian pilih dan gunakan sebagai media promosi produk usaha kalian, seperti yang sudah dijelaskan diatas, promosi membawa dampak yang sangat besar untuk sebuah produk agar bisa dikenal secara luas oleh masyarakat.

Langkah menyusun strategi promosi  sebagai berikut :

1. Menentukan  Target

                “Success is the progressive realization of a worthy goal or ideal.” -Earl Nightingale. Quote tersebut menyampaikan bahwa "Sukses adalah realisasi progresif dari tujuan atau cita-cita yang layak." Tanpa sebuah tujuan sebuah usaha ibarat sebuah taksi yang berjalan dengan menggunakan argo tanpa arah, selain tidak akan sampai, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin mahal. Target merupakan hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam menentukan target pasar yang potensial dan memastikan bahwa produk kalian dapat memenuhi kebutuhan target yang sudah ditentukan.

2. Melakukan Riset Terhadap Karakter Target Konsumen

                Kegiatan ini berguna untuk memberikan starategi promosi yang tidak biasa sehingga dapat diterima dan menarik perhatian pelanggan. Sebagai contoh, jika produk kalian adalah kerajinan dan taget pelanggan kalian termasuk ke dalam kategori Anak kecil, maka pada saat kegiatan promosi berlangsung sebaiknya menggunakan gaya Bahasa dan gambar yang mencerminkan anak kecil dengan menggunakan desain yang memvisualkan dunia mereka.

3. Merancang Konsep Promosi

                Konsep secara definisi merupakan gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain. Dengan membuat sebuah konsep promosi yang menarik maka calon pelanggan yang sudah ditargetkan dan ditentukan sebelumnya dapat dicapai.

4. Sertakan Unique Selling Proposition

                Seperti sudah dijelaskan pada modul sebelumnya bahwa USP (Unique Selling Proposition) merupakan hal utama yang harus kalian temukan pada produk usaha kalian.Dengan menentukan kelibihan produk kalian maka dengan mudah kalian dapat menjadikannya senjata dalam mempromosikan produk kalian bersaing dengan produk lainnya. Bagaimana caranya? yaitu dengan memaparkan keunggulan produk yang kalian memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh produk lain, misalnya seperti memiliki bahan yang lebih baik, desain yang lebih baik, dan lain sebagainya.

5. Program Promosi yang Menarik

                Kalian dapat membuat sebuah program promosi yang menarik tentunya dengan memanfaatkan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya. Contoh program promosi yang menarik dapat kalian lihat pada promosi permen karet legendaris asal Indonesia dengan merek “YOSAN”. Produsen ini membuat sebuah sayembara pada bungkus produknya dengan mencantumkan huruf penyusun merek tersebut, bagi pelanggan yang berhasil mengumpulkan bungkus menjadi rangkaian kata YOSAN akan mendapatkan hadiah. Program promosi ini pada intinya harus tetap mengacu kepada hal-hal yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Promosi Online

                Kalian dapat memulai mempromosikan produk kalian secara online dan digital seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

7. Promosi Offline

                Meskipun kalian sudah melakukan promosi usaha secara online, namun kalian juga dapat memungkiri bahwa pengaruh promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan media cetak, atau jika punya modal lebih Anda juga bisa beriklan di papan reklame.

8. Free Sample (sampel gratis)

                Apakah sampel gratis termasuk ke dalam kategori promosi? Tentu saja, kebanyakan pembeli akan tertarik untuk membeli setelah mencoba sebuah produk, maka tidak ada salahnya jika kalian memberikan sampel untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau produk yang sifatnya tidak dimakan juga bisa diaplikasikan. Seperti contohnya, aplikasi game yang menyediakan percobaan gratis selama 30 hari gratis.

9. Ikut Pameran

                Pameran menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dapat mempromosikan sebuah produk, kenapa pameran menjadi sangat tepat? karena di dalam pameran calon pelanggan berkumpul dan kalian dapat dengan mudah mengumpulkan data calon pelanggan produk kalian.

10. Gunakan data konsumen untuk promosi

                Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar kalian dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari produk kalian langsung ke pelanggan dengan menggunakan platform email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan, maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar kemungkinan terjadinya pembelian.

 

C. Rangkuman

 

                Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

Strategi promosi adalah rencana yang cermat untuk memperkenalkan produk usaha demi meningkatkan penjualan produk usaha.

Jenis pertanyaan untuk membangun strategi promosi sebagai berikut :

1. Objective Setting (Pengaturan Tujuan)

2. Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya)

3. Options (Pilihan)

4. Promotional mix (Promosi Campuran)

5. Campaign Design (Desain Kampanye)

6. Timing, duration, scheduling, and frequency (Waktu, durasi, penjadwalan, dan frekuensi)

7. Agency involvement (Keterlibatan Agensi)

8. Stakeholder involvement (Keterlibatan pemangku kepentingan)

9. Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok)

10. Implementation (Implementasi)

11. Evaluation (Evaluasi)

                Strategi promosi yang dapat menjadi pilihan pada saat ini :

1. Membuat Website atau Toko Online

2. Menggunakan Social Media

3. Membuat Channel Youtube

4. Menggunakan sarana iklan gratis

5. Memanfaatkan Ojek Online

                Langkah menyusun strategi promosi :

1. Tentukan Target yang Ingin Dituju

2. Riset Target Konsumen Kalian

3. Membuat Konsep Promosi

4. Sertakan Unique Selling Proposition

5. Program Promosi yang Menarik

6. Promosi Online

7. Promosi Offline

8. Free Sample (sampel gratis)

9. Ikut Pameran

10. Gunakan data konsumen untuk promosi

 

D. Penugasan Mandiri

 

Cobalah untuk menganalisa strategi promosi apa yang cocok kalian gunakan untuk usaha kalian!

 

E. Latihan Soal

1.  Rencana yang cermat mengenai sebuah kegiatan untuk mencapai sasaran khusus merupakan pengertian ...

a. Promosi

b. Strategi

c. Pemasaran

d. Langkah

e. Tujuan

2. Yang bukan merupakan jenis pertanyaan untuk membangun strategi promosi adalah...

a. Objective Setting (Pengaturan Tujuan)

b. Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya)

c. Options (Pilihan)

d. Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok)

e. Selling Price (Harga jual produk)

3. Promosi iklan menggunakan media ojek online disebut ...

a. Ojek Online Advertising

b. Media Social Advertising

c. Free Site Advertising

d. Product Advertising

e. Offline Advertising

4.  Seorang pengusaha mencoba mempromosikan produknya melalui promosi offline, bentuk promosi offline salah satunya adalah...

a. Membuat Channel Youtube

b. Melalui Sosial Media

c. Menggunakan Poster

d. Menggunakan Website

e. Melalui Email

5. Contoh produk yang dibagikan secara Cuma-cuma disebut ...

a. Free Margin

b. Free Sale

c. Free promosi

d. Free Ads

e. Free Sample

Kunci Jawaban

1. B

2. E

3. A

4. C

5. E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (x) pada jawaban yang benar!

1. Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut adalah pengertian dari ...

a. Strategi

b. Promosi

c. Penjualan

d. Penawaran

e. Titik Beban

2. Yang bukan merupakan tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah...

a. untuk memperkenalkan diri

b. membujuk

c. melayani

d. modifikasi/membentuk tingkah laku

e. mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

3. Bentuk promosi dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.disebut...

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

d. Sales promotion

e. Direct marketing

4. Suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

e. Sales promotion

f. Direct marketing

5. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan...

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase intention

e. purchase facilitation

6. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen disebut...

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase intention

e. purchase facilitation

7. Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan...

a. PTL (Promotion The Line)

b. MTL (Marketing The Line)

c. TTL(Through the Line)

d. ATL (Above The Line)

e. BTL (Below The Line)

8. Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk...

a. PTL (Promotion The Line)

b. MTL (Marketing The Line)

c. TTL(Through the Line)

d. ATL (Above The Line)

e. BTL (Below The Line)

9. Rendi dan Sarah membangun usaha kerajinan dan ingin orang-orang kenal dengan produk yang mereka hasilkan, selain itu mereka berdua ingin memiliki hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan dan calon pelangan. Sebaiknya Rendi dan Sarah mulai membangun promosi ...

a. Membuat Website atau Toko Online

b. Menggunakan Social Media

c. Membuat Channel Youtube

d. Menggunakan sarana iklan gratis

e. Memanfaatkan Ojek Online

10. Pak Slamet ingin sekali menjajakan mainan yoyo produksinya namun beliau tidak memiliki uang untuk mempromosikan produknya, Pak Slamet gemar mendokumetasikan permainan yoyo melalui rekaman video di handphonenya.

         Dibawah ini cara yang paling tepat yang dapat digunakan oleh Pak Slamet adalah...

a. Membuat Website atau Toko Online

b. Menggunakan Social Media

c. Membuat Channel Youtube

d. Menggunakan sarana iklan gratis

e. Memanfaatkan Ojek Online

 

Kunci Jawaban dan Pembahasan Evaluasi

1. B. Promosi

Promosi dalam pengertian usaha menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti sebuah usaha perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya).

2. C. Melayani

Menurut Sistaningrum (2020:98) tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi/membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

3. B. Personal Selling

Personal Selling merupakan bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

4. D. Sales Promotion

Sales promotion merupakan suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

5. A. Category need

Kegiatan untuk menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan disebut dengan category need.

6. B. Brand awareness.

Kegiatan dalam memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen disebut dengan brand awareness.

7. D. ATL (Above The Line)

ATL (Above The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.

8. E. BTL (Below The Line)

BTL (Below The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.

9. B. menggunakan sosial Media

Sosial mediaselain berfungsi untuk media promosi juga dapat digunakan sebagai media komunikasi dalam berhubungan dengan pelanggan.

10. C. membuat channel Youtube

Youtube akan sangat cocok bagi kalian yang senang dengan videio dan gambar bergerak dalam mempromosikan produk melalui vlog dan review.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Trada Lardiatama, S. (2020). Mengapa Butuh Promosi? Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post