Nenny Litania

Guru SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sehari Belajar di Luar Kelas
Biarkan senyuman itu tetap ada di wajah mereka

Sehari Belajar di Luar Kelas

Sebagai salah satu sekolah yang mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak. Maka SD Muhammadiyah 019 Bangkinang, Kamis tanggal 07 November 2019 mengadakan kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas. Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh indonesia, bahkan dunia. Sekaligus untuk memperingati Hari Anak Internasional.

Kagiatan ini dimulai dari pukul 07.00 sampai 10.00 Wib. Diawali dengan menyambut kehadiran peserta didik oleh guru dengan 3S; senyum, salam, dan sapa. Kemudian semua peserta didik, guru, dan karyawan berbaris di lapangan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Semua peserta menyanyikan dengan penuh khidmat dan semangat. Setiap kata pada liriknya semakin menambah kecintaan kepada Tanah Air Indonesia.

Selanjutnya anak diajarkan cara cuci tangan yang benar, dipandu melalui video yang bisa disaksikan seluruh anak pada sebuah layar yang sudah persiapkan. Setelah itu anak langsung mempraktikkannya untuk bersiap-siap menikmati sarapan sehat yang sudah di bawa dari rumah masing-masing. Makan bersama di halaman sekolah, dimulai dengan membaca doa bersama untuk menambah rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Suasana begitu akrab terasa antara guru, peserta didik, dan seluruh karyawan.

Kegiatan belajar sehari dirancang sedikian rupa untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang menyenangkan. Karena dalam kegiatan ini anak dibawa untuk semakin cinta tanah airnya, membangkitkan jiwa patriotisme melalui lagu Maju Tak Gentar, mengenal berbagai permainan tradisional, di antaranya; congklak, tapak gunung, lompat tali. Kecintaaan pada literasi juga dimunculkan dengan memberi waktu mereka membaca buku kesukaannya, dan mengajarkan hidup sehat dengan berolahraga mengikuti senam germas. Ditambah pengenalan evakuasi gempa melalui sebuah lagu. Sehingga lebih mudah untuk mereka pahami.

Tidak hanya sampai di situ, anak-anak juga diajarkan untuk cinta lingkungan, dengan mematikan lampu yang masih menyala, membersihkan halaman sekolah dari sampah, dan mencabut rumput liar yang tumbuh di taman.

Kegiatan ini dilaksanakan minimal tiga jam di luar kelas. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan memberikan kesan kepada peserta didik, bahwa mereka setiap harinya belajar di lingkungan yang ramah dan menyenangkan, sehingga menjadikan sekolah adalah rumah kedua yang selalu mereka rindukan.

Mari sayangi dan bimbing mereka. Karena merekalah ujung tombak kemajuan negeri ini. Indonesia yang kita cintai.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post