Nenri Gusni

Guru di SMAN Unggul Dharmasraya Sumatera Barat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kertas Merah THR
#Tantangan Menulis Hari ke-2

Kertas Merah THR

Sudah hari ke tiga lebaran, pak Gio belum mengunjungi tetangga depan rumahnya untuk bersilaturahmi. Tetangga sebelah kanan kiri sudah dikunjungi langsung setelah salat Ied. Karena sebelah kanan adalah rumah orang tuanya dan sebelah kiri rumah kakak orang tuanya. Tidak mungkin tidak sungkeman di hari raya walau di tengah pandemi. Istri pak Gio berulang kali mengajak. "Ayo pa, ga enak sama tetangga depan rumah. Beliau baik Sama kita. Setiap panen selalu memberi kita sekarung beras. Panen duku, cabe, sampai panen jengkol kita pasti dikasih. Kita ma, ga pernah ngasih apa-apa. Cuma sedikit ikan asin ketika pulang kampung tahun lalu. Palingan satu ons." Ujar istri pak Gio panjang lebar.

Pak Gio tetap tidak mau. " Mereka mengerti kok. Ga boleh kemana-mana, takut Corona. Nanti malah kita tidak diizinkan masuk. Banyak tetangga yang menulis pengumuman di depan rumahnya, kalau mereka tidak menerima tamu. ." Balas pak Gio.. Memang benar sih. Daerah ini adalah zona merah Covid-19. Siang itu istri pak Gio kembali mengajak silaturahmi lebaran ke tetangga depan rumah. Semua bawaan sudah dipersiapkan, mulai dari beberapa jenis kue, gula, teh, dan sirup. Memang kebiasaan membawa penganan seperti itu masih kental di kalangan suku Jawa di Sitiung. Akhirnya pak Gio dan istrinya berangkat. Anak kecil pak Gio yang masih berusia 2 tahun juga ikut serta. Ternyata rumah nya terbuka dan mau menerima tamu.

Nama tetangga itu adalah Mbah Teguh. Mbah Teguh tinggal sendirian di rumah itu karena suaminya telah meninggal 3 tahun yang lalu. Sehari-hari Mbah Teguh ditemani oleh cucunya yang masih kuliah di Undhari. Setelah sungkeman, makan kue dan minum, pak Gio pamit pulang. Sebelum pulang, Mbah teguh menyelipkan selembar kertas berwarna merah ke saku anak pak Gio. Sesampai di rumah, pak Gio kaget. Ternyata kertas yang diselipkan tadi adalah THR uang kertas 100 ribu rupiah. Biasanya dimana-mana hanya uang kertas baru 10 ribu. "Oh ya, siapa lagi yang kita kunjungi? Jika pergi silaturahmi seperti ini, bisa kaya kita nieh." Ucap pak Gio bernada sindiran.

Taman Sari, Sitiung 1. 14 Juni 2020

#Pentigraf 1

#Tantangan Menulis hari ke-2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MantapSukses selalu

03 Jul
Balas

Terimakasih

03 Jul

Keren... Ayo bun menulis lagi

29 Jun
Balas

Insyaallah Bun

29 Jun

Si merah telah memotivasi Pak Gio untuk bersilaturahmi.

15 Jun
Balas

Hehehe, semoga aslinya tidak begitu pak

16 Jun

Keren bu.. Terutama amanat yang terselip di dalamnya... Keren

01 Jul
Balas

Terimakasih pak.

01 Jul

Keren Bun..ci merah

15 Jun
Balas

Iya Bun.. mau..

16 Jun

Keren Bun..ci merah

15 Jun
Balas

Hihihi

16 Jun

Hahaha....gara2 si merah Pak Gio lupa corona ya Bu. Oya...sudah saya follow ya Bu

05 Jul
Balas

Terimakasih Bun, nanti saya follback ya Bun, kalau dah pakai laptop. Ini bukanya pake HP

09 Jul

Keren pentigrafnya, Bu. Sukses selalu...

07 Nov
Balas

Mantap bu pentigrafnya

05 Jul
Balas

Terimakasih Bun

09 Jul

Awalnya malas silaturahmi, gegara kertas merah langsung semangat.. Hehehe..

24 Jun
Balas

Hehehe, iya Bun

24 Jun

Hehehe, iya Bun

24 Jun

Hehehe, iya Bun

24 Jun

Hehehe, iya Bun

24 Jun

Wah niat pak gio perlu d ubah, nih nen. Jangan sampai kita kayak pak gio. Bersilatutahmi demi uang.. Hee.

16 Jun
Balas

Mudah-mudahan hanya cerita un. Hehehe

16 Jun

Memberi adalah sebuah kebaikan. ..

14 Jun
Balas

Emang bener Bun. Terimakasih Bun, setia mampir...

15 Jun

Mantap Bun.

13 Jul
Balas

Terimakasih Bun

14 Jul

Bagus bangeeet

17 Jun
Balas

Terimakasih ibu, semangat Bu, walau tidak ikut tantangan. Sudah berkali-kali terjun payung

17 Jun

Keren banget

22 Jun
Balas

Terimakasih Bun

23 Jun

Mbah Teguh sungguh dermawan.

25 Jun
Balas

Alhamdulillah Bun.

28 Jun

Panjang banget Bu Pentigraf-nya... Pak Tengsoe Tjahjono,i pentigraf bilang pentigraf paling panjang hanya 210 kata dan dalam satu paragrapnya hanya boleh ada SATU kalimat langsung. Gak boleh banyak-banyak. Kemudian masih banyak kesalahan penulisan huruf kapital, kata sapaan, dl.l. Itu saja krisan dari saya, Bu. Kurang dan lebihnya saya saya mohon maaf. Terima kasih.

30 Jun
Balas

Terimakasih krisannya pak. Ditunggu Krisan berikut nya

01 Jul

Silaturrahmi bikin panjang umur dan murah rezki, keren bu pentigrafnya, salam literasi.

25 Jun
Balas

Iya Bun, terimakasih. Salam literasi

28 Jun

Ternyata Pak Giyo bisa beda niat silaturahmi ke tatangga berikutnya..... ide cerita yang sangat keren...

15 Jun
Balas

Semangat gara gara si merah pak, lupa dengan Corona

16 Jun

Keren...

25 Jun
Balas

Terimakasih Pak

29 Jun

Waduuh..perlu diluruskan niatnya...

05 Jul
Balas

Iya Bun, terimakasih Bun

09 Jul

He..he..he niat berubah karena si merah. keren cerita bu...

15 Jun
Balas

Terimakasih pak

16 Jun

semoga berkah ssilaturahim nya

15 Jun
Balas

Aamii

16 Jun

Ups. Hahaha

15 Jun
Balas

Hahaha

15 Jun

Pak Gionya jadi suka yg merah2 Bun haha

14 Jun
Balas

Hahaha, tuman malah nanti Bun. Ga usah.. hehehe

15 Jun

Hahaha, tuman malah nanti Bun. Ga usah.. hehehe

15 Jun

Mantap buk

15 Jun
Balas

Terimakasih

17 Jun

Mantap buk

15 Jun
Balas

Mantap buk

15 Jun
Balas

Mantap buk

15 Jun
Balas

Mantap buk

15 Jun
Balas

Mantap buk

15 Jun
Balas

Hihihi

16 Jun

Mantap buk

16 Jun
Balas

Terimakasih

16 Jun

Mantap ni

26 Jun
Balas

Terimakasih Lina

29 Jun

Mantap ni

26 Jun
Balas

Hihihi

29 Jun



search

New Post