Neti Muliati

Menulis sebagai bagian dari dakwah yang bernilai ibadah dan bermanfaat meski hanya lewat kata-kata tanpa makna...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sensasi Terjatuh

Awal ramadhan memerlukan adaptasi. Perubahan pola makan dan minum tentu membawa perubahan pada mekanisme tubuh. Badan mulai merasakan efeknya di jam-jam pertama dan seterusnya.

Hal ini bukan masalah. Itu artinya telah terjadi detoksifikasi dalam tubuh. Badan mulai menyesuaikan kondisi puasa dengan memanfaatkan energi yang ada dalam tubuh. Cadangan yang jarang dipakai mulai dimanfaatkan.

Saat kita tidak puasa, makan rutin pagi, siang, malam. Stok cadangan jadi berlebih di tubuh. Itu sebabnya hikmah puasa jadi sangat luar biasa. Bagi yang terbiasa puasa sunnah tidak jadi masalah.

Efek lemas, pusing, tidak bisa berpikir bukanlah hambatan untuk tetap produktif. Insya Allah justru di tengah rasa tidak berdaya kita merasakan satu kenikmatan tersendiri yang tidak bisa diungkapkan. Hanya diri kita sendiri yang bisa memahaminya.

Entah mengapa hari pertama kemarin biasa saja sebetulnya, tapi pikiran kurang fokus. Sempat ingat untuk mengirimkan tulisan setelah tarawih tapi kantuk tidak bisa ditahan. Sensasi terjatuh pun dialami tepat di hari ke-1022.

Saat terbangun jam menunjukkan setengah tiga pagi. Hari kemarin telah berlalu. Tidak ada penyesalan, semua sudah ada takdirnya. Jadi, mari kita tetap menulis lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post