Neti Muliati

Menulis sebagai bagian dari dakwah yang bernilai ibadah dan bermanfaat meski hanya lewat kata-kata tanpa makna...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tak Bisa Memilih

Tak bisa memilih untuk urusan akhir hidup. Dulu kita hanya bisa menentukan tanggal pernikahan. Banyak pertimbangan sebelum memastikan tanggal pernikahan. Begitu juga tanggal kapan seorang ibu melahirkan. Kita tidak bisa menentukan kapan mau melahirkan. Hanya menunggu tanda-tanda kelahiran, mulas, pembukaan, dst.

Kini bagi yang memiliki rezeki lebih bisa memilih kapan mau melahirkan. Bahkan bisa mencari tanggal cantik. Prosesnya pun bisa diatur dengan beberapa pertimbangan. Semua dibuat senyaman dan aman bagi ibu juga bayi.

Namun, urusan yang berikut ini jangan coba-coba mencari celah negosiasi. Meskipun dokter memvonis umur kita tinggal beberapa bulan lagi, tetap saja itu hanya prediksi yang bisa berubah lebih cepat atau malah lebih lama.

Kematian jadi misteri tiap makhluk yang bernyawa. Kita tak bisa memilih kapan, bagaimana caranya, dan di mana. Pengecualian berlaku bagi orang-orang sholeh pilihan Allah. Mereka bisa tahu kapan dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Masya Allah sungguh beruntung bila kita bisa mengetahui akhir masa. Bahwasanya kita hanya insan lemah penuh dosa, Allah Maha Tahu. Meski demikian, kita yakin bahwa Allah Maha Pengampun. Ampunan-Nya melebihi luas apapun di seluruh alam raya.

Tetaplah berdoa mohon husnul khotimah di ujung napas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post