Netty Nirmala

Assalamualaikum Wr. Wb... Hallo teman-teman...Salam kenal yaa...Perkenalkan nama saya Netty Nirmala...Saya mengajar di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pemakaman Ataukah Persemayaman Pangeran Philips?

Mendengar berita meninggalnya Pangeran Philips beberapa hari lalu membuat saya menjadi penasaran. Karena sudah lama tidak mendengar kabar beliau. Saya mengetahu berita tersebut dari beranda (FYP/For Your Page) di Instagram. Terkejut ketika saya mengetahui usia beliau sudah mencapai usia 99 tahun. Luar biasa sekali beliau bisa mencapai umur seperti itu padahal tinggal 2 bulan lagi di bulan Juni beliau mencapai umur 1 abad atau 100 tahun. Tetapi Sang Pencipta berkehendak lain, beliau sudah dipanggil 2 bulan sebelum mencapai usia 100 tahun tepatnya pada tanggal 9 April 2021 baru-baru ini.

Pangeran Philip adalah suami dari Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris yang menemani selama 74 tahun lamanya pernikahan. Ratu Elizabeth merupakan salah seorang penguasa terlama di dunia saat ini. Ratu Elizabeth juga sudah berusia lanjut mencapai umur 94 tahun. Benar-benar pasangan yang abadi sampai ajal menjemput.

Tibalah saatnya upacara pemakaman beliau yang berlangsung pada hari Sabtu Tanggal 17 April 2021 Pukul 19.30 WIB yang disiarkan langsung di beberapa chanel dan berbagai media sosial termasuk Youtube Live Streaming. Upacara pemakaman sebelumnya sudah didahului dengan berbagai rangkaian acara-acara seremonial kenegaraan. Kali ini sangat unik upacaranya, disebabkan adanya pandemi covid-19, yang menyebabkan hanya dihadiri oleh 30 anggota kerajaan di dalam kapel Kastil Windsor yang sudah diswab terlebih dahulu dan selalu menjaga protokol kesehatan.

Upacara pemakaman diawali dengan berbarisnya pasukan tentara dan pengawal kerajaan menuju lapangan di dalam Kastil Windsor dengan menjaga jarak antar sesamanya dan tidak terlalu banyak pasukan yang hadir dengan berbagai parade termasuk pasukan musik untuk mengiringi langkah upacara pemakaman. Kemudian keluarlah beberapa anggota kerajaan dari salah satu ruangan menuju mobil yang telah disediakan menuju Chapel/Gereja dan terakhir istri beliau, Ratu Elizabeth II. Muncullah peti mati beliau yang ditandu oleh pasukan pengawal kerajaan yang telah dipilih untuk menuju mobil kesayangan beliau yaitu Land Rover yang telah dimodifikasi beliau ut persiapan pemakaman. Barulah mobil tersebut berjalan menuju Chapel Windsor yang diikuti oleh 4 anak beliau terdiri dari Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, diikuti 2 anak Pangeran Charles : Pangeran William dan Pangeran Harry, suami dari anak-anaknya Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, serta suami dari Putri Anne, dengan berjalan kaki mengiringi mobil peti jenasah.

Di dalam di Chapel Windsor, sudah menunggu anggota kerajaan yang telah duduk menunggu kedatangan peti jenasah beliau, termasuk Ratu Elizabeth II terlihat duduk sendiri di barisan bangku paling depan tanpa didampingi siapapun. Terlihat dari kejauhan wajah duka beliau yang akan melepas jenasah suami yang sudah lama mendampingi sehidup semati. Peti jenasah beliau yang telah ditandu kemudian diletakkan di bagian tengah-tengah Chapel untuk mengikuti upacara pemakaman secara Katolik Anglikan yang dipimpin Uskup Chapel Windsor dengan berbagai rangkaian upacara keagamaan termasuk diiringi oleh 4 anggota paduan suara dan 1 pemimpinnnya. Setelah mengikuti rangkain acara keagamaan, tibalah peti jenasah beliau ditandu kembali menuju ke suatu bilik kamar, yang nantinya akan dibawa menuju ke ruangan bawah tanah Chapel Windsor setelah acara selesai. #Dan saya baru mengetahuinya setelah saya mencari di Google atau searching karena saya sangat penasaran melihat upacara pemakaman beliau hanya menayangkan peletakan peti jenasah beliau hanya sampai di bilik kamar tersebut 😄🤭.

Barulah acara diakhiri dengan keluarnya Ratu Elizabeth terlebih dahulu dari Chapel Windsor menuju mobil beliau yang telah disediakan tidak jauh dari pintu keluar Chapel. Diikuti oleh anggota kerajaan lainnya dan yang unik lagi beberapa anggota kerajaan sebelum keluar dari ruangan Chapel, terlihat memberikan penghormatan terakhir dengan sedikit membungkukkan badan dan kepala ke arah peti jenasah beliau disemayamkan, termasuk Pangeran Charles, Pangeran William, dan Putri Kate Middleton.

Mobil Ratu Elizabeth pun keluar menuju pintu gerbang Kastil Windsor untuk kembali ke tempat semula. Dan anggota kerajaan yang lainnya berjalan kaki bersama-sama menuju ke lapangan utama di dalam Kastil Windsor tersebut, sedangkan mobil-mobil mereka kosong menuju ke pintu yang telah disediakan untuk kembali ke tempat semula. Karena tidak dijelaskan oleh reporter di dalam acara Live Streaming versi Youtube. Dengan demikian berakhir pula acara pemakaman Pangeran Philip yang bergelar Duke Of Edinburgh.

*Sumber tayangan : Chanell Skynews.Com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

19 Apr
Balas

Terimakasih banyak Bapak atas ucapannya membuat saya terharu krn saya msh belajar....Salam literasi jg

16 May
Balas



search

New Post