Ngatini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Minat Baca pada P

Implementasi Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Minat Baca pada P

A. Tahap Perencanaan

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk mengupayakan peserta didik ke arah yang lebih baik melalui bimbingan, arahan, pelatihan dan pendidikan. Dengan demikian setelah ada bimbingan dan pendidikan diharapakan peserta didik berproses menjadi peserta didik yang berpribadi lebih baik, kreatif, dan dewasa. Akan tetapi masih ditemukan pendidik yang hanya menyampaikan materi berupa teori-teori saja tanpa ada kegiatan praktik yang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik kurang termotivasi dan akhirnya kurang paham dengan pembelajaran tersebut. Hal tersebut terjadi karena minimnya media pembelajaran sehingga mengakibatkan munculnya beberapa masalah diproses pembelajaran yaitu mengurangi minat atau motivasi belajar anak.

Pendidik sebagai fasilitator dan motivator untuk peserta didik maka pendidik dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan mengembangkan alat peraga pendidikan agar mampu memberikan pengajaran-pengajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada peserta didik. Karena peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang menggunakan media edukatif. Dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), peserta didik kelas 1 di sd al muslim materinya tentang membaca huruf hijaiyah. Motivasi belajar peserta didik pada kegiatan tersebut terlihat masih rendah teknik pengajaran yang digunakan adalah membaca di modul dan menulis dipapan tulis dengan menggunakan fasilitas apa adanya, minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan metode pengajarannya sehingga tidak dapat menciptakan belajar yang baik, efektif dan efesien. Adapun penulisan karya tulis ilmiah best practise ini bertujuan untuk memberikan solusi, motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan minat baca huruf hijiayah. sehingga peserta didik mudah dalam mempelajari huruf-huruf hijaiyah dan melalui sebuah media pembelajran edukatif yang bernama kartu Hijaiyah.

B. Tahap Pelaksanaan

Kegiatan ini dilakukan pada bulan Agustus 2022 di kelas 1 Utsman Bin Affan dengan pantauan guru. Peserta didik kelas 1 utsman berjumlah 21 yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara peserta didik dibagi ke dalam 5 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4 sampai 5 orang. Masing-masing kelompok akan mendapat kartu huruf hijaiyah yang berbeda-beda dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Setiap kelompok ditugaskan untuk berdiskusi dan menuliskan huruf hijaiyah tersebut di lembar kerja peserta didik (LKPD). Setelah mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD), setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas dan kelompok lain menganngapi.

C. Visual Hasil

Laporan peserta didik dilaporkan dalam bentuk tulis tangan.

Berikut dokumentasi laporan hasil pembelajaran menggunakan kartu huruf hijaiyah.

A. Tindak Lanjut

Kegiatan umpan balik yang dilakukan guru untuk mengapresiasi pembelajaran peserta didik yaitu:

1. Bagi Peserta didik yang semangat belajranya, presentasinya baik dan menjawab dengan benar di LKPD tersebut akan mendapat reward dari guru.

2. Kelompok yang mendapatkan hasil terbaik, berbagi pengalaman atau tip dan trik kepada kelompok yang lain.

3. Membangun kepercayaan diri peserta didik saat berperentasi karena setiap peserta didik memiliki keistimewaan yang dapat dikembangkan.

4. Guru memberikan umpan balik kepada siswa yang sudah mempresentasikan hasil diskuinya.

Media kartu hijaiyah dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya agar pembelajaran menarik, menyenangkan, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan dalam proses kegiatan belajar huruf hijaiyah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Best practice yang keren bun

30 Nov
Balas

Terima Kasih ibu

27 Dec
Balas



search

New Post