Ngudyo Rahayu

Saya seorang guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Saya selalu tertarik untuk menulis meskipun ilmu saya s...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ini Masalah

Ini Masalah

#Tantangan Gurusiana Hari Ke-2

Sore ini hatiku terasa berbeda. Tidak seperti sore-sore sebelumnya. Ada rasa kecewa, tapi tidak terlalu. Ada rasa menyesal, tapi tidak terlalu. Ada rasa sedih, tapi juga tidak terlalu. Ada rasa bingung, itupun tidak terlalu. Tetapi ketika rasa-rasa itu tercampur menjadi satu di hatiku, rasanya sungguh terlalu. Apa yang harus aku lakukan dengan suasana hatiku sore ini. Sebenarnya aku mempunyai ide untuk menormalkan suasana hati, tetapi aku tidak tahu apakah ideku itu jitu. Ya, aku mempunyai ide untuk pergi ke warung sebelah rumah, makan bakso mercon, pedas, beranak pula. Komplit.

Masalahnya aku tidak bisa menulis pentigraf. Aku kesulitan. Aku bahkan tidak tahu mulai dari mana. Aku tidak pintar berimajinasi dan menuangkannya dalam cerita pendek yang seru. Kenapa? Bukankah aku suka menulis. Bukankah aku ingin menulis. Bukankah aku ingin menghasilkan karya tulis. Ini masalah.

Aku bisa memastikan bahwa aku gagal mengajukan sertifikat pada Webinar V yang membahas tentang pentigraf bersama Sang Penggagas Pentigraf. Sebab hingga jam ini, aku belum mempunyai ide akan menulis cerita tentang apa dan bagaimana agar menjadi sebuah pentigraf. Padahal aku harus membuat satu pentigraf untuk melengkapi prasyarat mengajukan sertifikat Webinar V yang diselengarakan oleh Media Guru pada Sabtu lalu.

Sebenarnya, pada saat pelaksanaan Webinar V aku sudah bertemu masalah. Aku tidak bisa bergabung di webinar melalui aplikasi zoom. Entah karena signal atau karena kesalahan teknis yang lain. Akhirnya aku mengunjungi link di you tube dan mengikuti Webinar V secara live streaming. Itupun masih terputus-putus. Maklum, aku berdomisili di bagian paling tenggara wilayah kabupaten Malang yang berbatasan langsung dengan pantai selatan. Wilayahku tergolong terpencil. Signal selalu timbul tenggelam, dan sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Apabila hari hujan, meskipun tidak terlalu lebat, bisa dipastikan signal akan hilang. Tidak bisa mengakses apapun secara online. Karena itulah, aku tidak bisa mengikuti Webinar V secara keseluruhan. Dan mungkin karena itulah, aku tidak pantas berharap mendapatkan sertifikat. Biarlah.

Aku pernah beberapa kali menulis, tapi kategorinya bukan fiksi. Aku lebih merasa senang menulis hal-hal yang bersifat fakta. Bukan hanya senang, tapi menurutku menulis hal-hal yang fakta itu lebih mudah. Entahlah. Mungkin ini hanya sebuah alasan untuk membenarkan kelemahanku saja. Tapi aku merasa kesulitan jika harus membangun imajinasi dan menuangkan dalam cerita yang menarik. Aku bermasalah dengan konsistensi cerita dan alur. Aku sering mengubah cerita dan alur di tengah-tengah menulis. Dan aku merasa perlu melakukannya karena cerita yang aku buat sebelumnya terkesan sama sekali tidak menarik. Setelah itu, muncullah masalah. Bingung, mati ide, buntu, dan aku meninggalkan tulisanku sebelum aku menyelesaikannya. Itu buruk sekali. Sebab menurut para tutor di Gurusiana, tulisan yang bagus adalah tulisan yang diselesaikan. Tapi setelah ini, aku akan mencoba. Tunggu saja tanggal mainnya. Aku tidak pernah memilih untuk menyerah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat.. ayo menulis

23 Jun
Balas

Semangat.. ayo menulis

23 Jun
Balas

Siaaapppp..... Trimakasih ya, Bun.

23 Jun

Ini buktinya bunda bisa menulis... Idenya keren lagi... Ini bisa dibuat pentigraf lo bun...

22 Jun
Balas

Trimakasih koreksi dan kunjungannya, Bunda. saya mengakui harus banyak belajar.

22 Jun

Sabar bund, tulisan Bagus, tanpa sertifikat kita ttp menulis bun, slm literasi

22 Jun
Balas

Njih, Bund. Trimakasih kunjungannya.Salam kenal dan salam literasi

23 Jun

Mantap semangat yang tak pernah menyerah bu

22 Jun
Balas

Mantap semangat yang tak pernah menyerah bu

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bund. Mari terus belajar.Trimakasih, kunjungannya Bunda.Salam Literasi.

22 Jun

Sudah bagus Bund. Karya tulis yang baik itu yang sudah jadi. Sukses selalu Bund.

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda. Saya akan segera mengunjungi juga tulisan para gurusianer untuk belajar lagi.

22 Jun

Untuk mudah menulis.bacalah tulisan orang lain. Untuk ide, disekitar kita ada ide tinggal dikembangkan dwngan pikiran yang jernih. Biar mudah janagan lupa berdoa

22 Jun
Balas

Trimakasih atas asarannya, Pak. Saya siap belajar lagi.

22 Jun

Artikelnya keren gitu...lihat profilnya..sumbermanjing wetan..beberapa kali saya kesana jalannya sempit tapi mengasyikkan..kebetulan mbak saya ada dikepanjen..jadi kalau jalan2 pasti sekitaran pantai selatan...salam sukses bunda

23 Jun
Balas

Assalamualaikum Bpk. Senang bertemu dengan seorang penulis yang memahami daerah saya.Monggo pinarak ke Sumbermanjing Wetan, Sebuah wilayah dengan seribu pantai.SalamLiterasi, Bpk.

23 Jun

Setiap peemulaan akan terasa sulit.Tapi nanti akan lancar Bu

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda. saya akan terus berusaha. Mohon doanya.

22 Jun

Sudah tak kunjungi dan keren, Bu.

22 Jun
Balas

Trimakasih, pak. Dan saya juga akan segera mengunjungi tulisan dari teman-teman penulis yang hebat di Gurusiana ini.

22 Jun

Wahhh ibu gk bisa mnulis?? Tpi tulisannya berderai lksna air hujan. Bnyk bnget malah.kerenn bu

23 Jun
Balas

Hehehe... Memang selalu harus belajar lagi, Bun. Kita harus semangat.Trimakasih sudah berkunjung, Bund.

23 Jun

Keren, Bun...

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bu. Salam Literasi. Trimakasih kunjungannya.

22 Jun

Tak ide pun itu bisa jd tulisan. Mantap bu

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bun. saya akan banyak belajar lagi dari semua teman-teman di sini.

22 Jun

Semangat....keren...salam literasi

22 Jun
Balas

Eh Bunda Ilah. Trimakasih kunjungannya, Bun. Trimakasih bimbingannya selama ini.

22 Jun

Cumungut Bu

22 Jun
Balas

Oke, Bunda. Semangat.Trimakasih ya atas kunjungannya.

22 Jun

Ini bukan masalah buk.tapi tulisan yg bisa mengatasi masalah...keren buk.

23 Jun
Balas

Hehehe Trimakasih koreksi dan kunjungannya, Bun.Salam Literasi!

23 Jun

tuh,,,udah hebatt ...keren tulisannya

23 Jun
Balas

Trimakasih, Bund. Masih harus banyak belajar juga sih, Bund.Trimakasih njih kunjungan dan koreksinya.Salam Literasi!

23 Jun

Wow kereen buk

22 Jun
Balas

Trimakasih atas kunjungannya, Bun.Salam Literasi!

23 Jun

Ini luar biasa bu, lagi bingung cari ide, malah justru jadi tulisan yg panjang.Tetap semangat menulis

23 Jun
Balas

Semangaaaat, Bunda.Trimakasih kunjungannya njih, Bund.

23 Jun

Terus semangat bu, jgn pernah menyerah

22 Jun
Balas

Siap, Bun. Trimakasih atas kunjungannya ya Bun.

22 Jun

bunda dalam kabut aja bisa menulis, keren daaah, salam kenal bun, dan sukses selalu

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda. Senang atas perkenalan dan kunjungan Bunda. salam Literasi.

22 Jun

bunda dalam kabut aja bisa menulis, keren daaah, salam kenal bun, dan sukses selalu

22 Jun
Balas

bunda dalam kabut aja bisa menulis, keren daaah, salam kenal bun, dan sukses selalu

22 Jun
Balas

Keren bunda...semangat utk kita...sy pun blm pandai menulis pentigraf!!

24 Jun
Balas

Dalam.kebingungannya saja sudah tulisan, apalagi tidak bingung?Mantap bunda...

22 Jun
Balas

Trimakasih, Pak Syaiful. Ini juga karena saya sering tanya-tanya ke Pak syaiful juga pastinya. Trimakasih ya Pak!

22 Jun

masalah saja bisa jd materi tulisan... itu keren boooo.. !!!

22 Jun
Balas

Thanks, Sist. Selalu mendukungku.

22 Jun

masalah saja bisa jd materi tulisan... itu keren boooo.. !!!

22 Jun
Balas

masalah saja bisa jd materi tulisan... itu keren boooo.. !!!

22 Jun
Balas

masalah saja bisa jd materi tulisan... itu keren boooo.. !!!

22 Jun
Balas



search

New Post