N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayo Hidup Sehat

Ayo Hidup Sehat

Tantangan Menulis Hari Ke-180

Ayo Hidup Sehat

Sering mendengar selorohan tentang makan, untuk apakah kita makan? Makan untuk hidup atau hidup untuk makan? Kedua pernyataan itu ada benarnya, makan untuk hidup artinya kalau mau hidup kita harus makan sedangkan hidup untuk makan artinya untuk bisa makan yang kita harus hidup karena kalau sudah mati untuk apa makan dan tidak mungkin juga bisa makan.

Secara biologis makan itu dibutuhkan untuk menopang hidup sebagimana halnya dengan bernafas karena bernafas juga untuk menopang hidup kalau sudah tidak bisa bernafas berarti mati.

Sesungguhnya yang dibutuhkan oleh mahluk hidup adalah makanan lebih spesifiknya lagi adalah zat makanan. Zat makanan diperlukan oleh tubuh mahluk hidup untuk metabolisme yang akan menghasilkan energy, energy ini digunakan oleh mahluk hidup untuk beraktivitas.

Zat makanan atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh itu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Proses fisiologis tubuh diawali dengan pencernaan untuk dapat memanfaatkan makanan sebagai bahan baku metabolism.

Karbohidrat sebagai sumber energy yang langsung bisa dimanfaatkan beberapa menit sesudah makanan masuk dalam system pencernaan yang akan langsung dikonversikan menjadi energy. Pernah merasakan sesaat sesudah makan suhu tubuh kita menjadi naik bahklan berkeringat, itu menunjukkan bahwa di dalam tubuh sedang terjadi metabolisme yang menghasilkan energy.

Protein sebagai zat tumbuh diperlukan untuk proses pembangunan sel-sel, juga menghasilkan energy meskipun energinya tidak siap pakai seperti halnya karbohidrat.

Lemak merupakan zat makanan sebagai sumber energy tertinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan protein, sangat dibutuhkan untuk proses metabolism.

Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit tetapi jika tidak terpenuhi kebutuhannya maka tubuh akan mengalami defisiensi yang berdampak pada kesehatan tubuh.

Sudah sejak lama dicanangkan bahwa makan itu harus memenuhi kebutuhan tubuh dengan pola makan “empat sehat lima sempurna”. Awam memahaminya bahwa setiap kali kita makan harus memenuhi syarat tersebut padahal sesungguhnya empat sehat itu program dalam satu hari. Jadi kalau mau sehat setiap hari harus bisa mencukupi kebutuhan tubuh dengan 4 sumber kesehatan berupa zat makanan karbohidrat, protein, lemak serta vitamin, disempurnakan dengan berbagai mineral.

Jadi ketika kita makan bukan hanya untuk hidup tetapi makan harus untuk hidup yang sehat. Hidup sehat bisa diartikan sebagai hidup yang secara jasmani (fisik) maupun rohani (mental) tidak mengalami gangguan kesehatan sedikitpun. Hidup sehat sudah menjadi bagian dari gaya hidup karena agar dapat memiliki tubuh yang sehat harus dimulai dari hidup sehat dan bersih agar terbebas dari berbagai penyakit.

Menerapkan hidup sehat menjadi langkah awal untuk memulai hidup yang berkualitas. Pola hidup sehat ini harus diterapkan sedini mungkin didalam kehidupan berkeluarga agar terbangun keluarga yang sehat.

Hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan pola makan sehat, pola makan seimbang dan mengurangi hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. Jika kita sudah menjalankan pola hidup sehat maka selain meningkatkan kesehatan tubuh bisa juga:

1. Meningkatkan suasana hati, lebih bahagia. Menjalankan hidup sehat dengan pola makan sehat disertai dengan berolahraga mampu menstimulasi produksi hormon endorphin yang ada dalam tubuh. Hal ini yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

2. Meningkatkan energy tubuh. Menjalankan pola hidup sehat dengan pola makan sehat yaitu mengkonsumsi buah dan sayur, makanan yang tinggi protein bisa mencukupi kebutuhan energi tubuh.

3. Meminimalisir resiko penyakit. Menjalankan hidup sehat diharapkan dapat terhindar dari masalah penyakit. Menjalankan aktivitas fisik secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pola makan sehat dengan asupan karbohidrat, protein,lemak dan vitamin seimbang membuat kita terhidar dari berbagai penyakit.

Memulai gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan memperbaiki isi piring makan kita sehari-hari. Pola empat sehat lima sempurna itu harus dilengkapi dengan gizi yang seimbang dan pola hidup bersih seperti minum air putih yang cukup, aktivitas fisik, cek kesehatan secara rutin dan cuci tangan pakai sabun.

Sudahkah kita menjalankan pola hidup sehat dengan pola makan sehat? Ayo lakukan mulai dari diri sendiri dan mulai hari ini. Jangan ditunda lagi.

Pola hidup sehat, pola makan sehat

Depok, 12 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang sangat bermanfaat Selamat sore

13 Oct
Balas

terimaksih sudah mampir

13 Oct



search

New Post