N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Merawat Lebih Baik Daripada Mengobati

Merawat Lebih Baik Daripada Mengobati

Tantangan Menulis Hari Ke-177

Merawat Lebih Baik Daripada Mengobati

Sakit. Hampir tidak ada manusia yang tidak pernah sakit, semua orang pernah merasakan sakit. Dan, semua orang menginginkan hidup yang sehat. Hidup sehat adalah sebuah pilihan.

Jika kita sakit, pengobatan identic dengan pengeluaran, waktu yang berkejaran dan rusaknya tubuh. Tubuh yang sakit itu ibarat sebuah mesin yang rusak, jika sudah ada bagian dari mesin yang rusak harus segera diperbaiki sebelum kerusakan itu menjalar ke bagian-bagian yang lainnya. Jika satu organ manusia rusak maka akan mempengaruhi mekanisme kerja organ yang lainnya, tanpa penanganan yang intensif maka akan terjadi komplikasi di dalam tubuh. Oleh karena itu, merawat kesehatan menjadi sangatlah penting bagi seseorang.

Alam sekitar menyediakan sumber daya hayati berupa sayur dan buah-buahan yang mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat. Buah dan sayur banyak mengandung zat makanan, segala unsur mineral, vitamin dan zat antioksidan. Sayur dan buah-buahan jika dikonsumsi rutin dan bervariasi menjadi asuransi kesehatan yang baik. Namun masih banyak orang yang mencari alasan untuk tidak mengkonsumsinya, sesungguhnya kita bisa mengkonsumsi sayur apa saja yang tersedia baik di halaman rumah maupun yang dijual di pasar dengan harga yang relative murah.

Buah-buahan adalah makanan yang praktis untuk dikonsumsi, karena ada banyak jenis buah yang tidak harus diolah terlebih dahulu untuk mengkonsumsinya. Misalnya pisang, apel, jeruk, pir, anggur dan jambu biji. Praktis bukan? Tidak perlu mengolah cukup dicuci dengan bersih dan siap dilahap.

Sayur dan buah mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Serat yang dimiliki oleh buah dan sayur sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan, menjaga kadar gula darah, menjaga kadar lemak darah dan juga membuat rasa kenyang. Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah dan sayur dibutuhkan tubuh untuk mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi yang merusak DNA, protein dan juga lemak.

Oksidasi terjadi disekitar tubuh kita yang disebabkan oleh asap rokok, polusi bahkan metabolism tubuh sendiri. Proses oksidasi mampu menyebabkan penuaan dini, memicu tumbuhnya kanker dan juga penyakit jantung.

Secara umum mengkonsumsi buah-buahan dan sayur dapat memberikan perawatan terhadap tubuh kita dengan menyediakan semua unsur sehingga tercukupi segala kebutuhannya. Jika tubuh terlayani kebutuhannya maka dapat meminimalisir kerusakan organ tubuh yang mengakibatkan penyakit degenerative secara dini.

Berikut beberapa hal yang dapat diberikan oleh buah dan sayuran jika kita mengkonsuminya secara rutin.

1. Melindungi dari alergi

2. Menurunkan tekanan darah

3. Mencegah penyakit usia

4. Meningkatkan system kekebalan tubuh

5. Menurunkan kolesterol

6. Melancarkan pencernaan

Begitu banyak manfaatnya, tetapi apakah kita sudah membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai bentuk perawatan tubuh kita sebelum jatuh sakit? Mari konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh.

Tubuh yang terawat akan memberikan mekanisme kerja yang optimal, kesehatan tubuh menjadi prima. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mari rawat tubuh kita sebelum jatuh sakit. Tubuh kita sehat, ibadah nyaman dan hidup bahagia dengan penuh rasa syukur.

Mensyukuri Nikmat Sehat

Depok, 9 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post